Cughup Batu Beladung Destinasi Wisata Baru di Desa Tanjung Payang 

Kamis, 29-Desember-2022, 18:25


Lahatonline.com, Tanjung Payang – Di akhir tahun 2022 kabupaten Lahat mencatatkan diri penambahan destinasi wisata baru yaitu Cughup Batu Beladung yang berlokasi di Desa Tanjung Payang Kecamatan Lahat Selatan.

Lokasi destinasi wisata ini baru saja dirintis seminggu yang lalu oleh pemilik lahan bernama Darmadi seorang warga Tanjung Payang bersama kerabatnya.

Untuk menuju lokasi Air Terjun atau dalam bahasa Lahat di sebut Cughup Batu Beladung sangat mudah dari pusat Kota Lahat atau Simpang 4 Pasar Lematang menuju ke arah barat atau arah ke Pagar Alam setelah melintasi lapangan PJKA ada simpang 4, belok ke kiri terus lurus menyeberangi jembatan sungai Lematang yang baru saja di cat dengan warna yang biru menarik sehingga terlihat lebih indah.

Dari jembatan Lematang terus lurus mengikuti jalan Harunata sejauh 5 km dengan kondisi jalan aspal yang bagus dengan bahu jalan berbeton sehingga jalan ini sangat aman untuk dilalui, selanjut belok ke kiri dan masuk jalan cor beton sejauh 100 meter dan kendaraan dapat parkir dilokasi ini. Berikutnya jalan kaki sejauh 100 meter dengan meniti anak tangga dan dilanjutkan menelusuri puluhan bebatuan yang tersebar di lokasi ini dan suara air gemericik menyambut kedatangan wisatawan.

Air jernih berwarna putih mengalir dari atas dan jatuh mengalir di atas bebatuan yang menumpuk sehingga cughup ini terlihat lebih indah. Walaupun di musim hujan dan sungai lematang berwarna keruh tetapi cughup ini tetap berair jernih.

Banyaknya bebatuan yang tersebar dan bertumpuk-tumpuk di lokasi air terjun ini sehingga lokasi ini disebut Batu Beladung ( batu bertumpuk-tumpuk) seperti dituturkan Kepala Desa Tanjung Payang Sapri.

Bupati Lahat Cik Ujang, SH melalui TBUPP Bidang Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mario Andramartik yang berkunjung langsung ke lokasi bersama Kepala Desa Tanjung Payang Sapri dan Kepala Dusun Dian.

Pemkab Lahat sangat mendukung dengan dibukanya daya tarik wisata ini menjadi destinasi wisata apa lagi lokasinya sangat dekat dengan ibukota kabupaten, jalan menuju lokasi mudah untuk semua kalangan, aman dan nyaman, ayo wisata ke cughup Batu Beladung, ayo wisata ke Lahat sambung Mario.

Saat ini lokasi cughup masih dalam pembenahan tetapi bila tahun baru ini ada wisatawan yang datang kami tetap melayani tutur Darmadi sang empu lahan ini.

Dias/ Mario Andramatik

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

PAJAR BULAN - Selasa, 23-April-2024 - 09:10

Puskes Pajar Bulan, Gelar Re – Akreditasi 

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater