Hefra, Perawi Inspirasi Kepahlawanan

Sabtu, 13-Agustus-2022, 07:05


Tumpahan besar muara kepahlawanan berikutnya tentu saja diciptakan dari semua energi besar kita yang terkuras habis mempersiapkannya.

Kita tidak pernah tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan mempersiapkan pondasi peradaban ini, atau berapa lama kita bertahan dalam proses panjang persiapan.

Dalam proses regenerasi kepahlawanan idealnya kita sudah melakukan pekerjaan-pekerjaan pahlawan. Tetapi, bisa jadi kita hanya sebatas perawi inspirasi dari mereka yang telah menciptakan momen kepahlawanan bagi kemerdekaan bangsanya.

Tidak ada salahnya menjadi perawi inspirasi tersebut. Bisa jadi hal tersebut sebagai pengingat bahwa kita belum pernah sama sekali melakukan tindakan kepahlawan. Atau sebagai instrumen pemantik kecurigaan dalam jiwa kita bahwa setiap sekecil apapun karya kepahlawanan kita muatannya adalah keridha’an Allah swt semata.

Kita tidak ingin hanya menjadi bagian penikmat dari hasil karya-karya kepahlawanan mereka yang terbaring pada hari ini kita ziarahi makamnya. Kenikmatan dari karya itu harus menginspirasi.

Sehingga semangat inspirasi itu menghadirkan putra-putra terbaik nanti pada zamannya pada patahan peradaban yang pondasinya telah lama diciptakan..

Air mata, tentu saja hal yang pertama keluar mengalir mengenang jasa dan karya para pahlawan. Dari aliran air mata itu terbit inspirasi didalam jiwa kita sebagaimana Chairil Anwar bertitah “Kaulah lagi yang tentukan nilai tulang-tulang yang berserakan itu”

Didepan makam para pahlawan-pahlawan ini kita gagap tersadar bahwa telah dibangun dan diciptakan pondasi dan benteng perjuangan bagi generasi berikutnya. Setelah kemerdekaan yang mereka perjuangkan mereka justru tidak memberikan kepada kita janji-janji bagaimana membangun kemerdekaan ini. Bahkan isyarat pendiri bangsa ini yang mesti menjadi inspirasi “Kami berjuang jelas musuhnya adalah bangsa asing, sedangkan kalian nanti akan lebih sulit lagi karena akan melawan bangsa kalian sendiri”

Tidak mengapa tuan pahlawan.. engkau telah memberi kami banyak inspirasi bagaimana mengubah tantangan menjadi peluang, mengubah ketakutan menjadi keberanian, mengubah kegagalan menjadi ketekunan dan mengubah krisis berkepanjangan ini menjadi berkah. Izin kami mendeklarasi “Pulih lebih cepat, Bangkit lebih kuat”

Krisis dan tantangan boleh jadi syarat kelangkaan peran kepahlawanan. Tetapi, isyarat dari perawi inspirasi kepahlawanan membuka jalan harapan walau tidak mudah dan instan. Penuh liku dan luka tumpahan muara kepahlawanan itu akan hadir menyapa.

Maka, hari ini kita berziarah dihadapan mereka para pahlawan. Barisan orang-orang biasa yang mempunyai inspirasi luar biasa bagi Agama, Bangsa dan Negara.

Ziarah dan tabur bunga
Jum’at, 12 Agustus 2022

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

MERAPI BARAT - Minggu, 25-September-2022 - 21:33

Mekanic Subkon PT MAS Tewas Dilindas Dozer

selengkapnya..

TANJUNG SAKTI PUMU - Minggu, 25-September-2022 - 19:24

Herma Warga Tanjung Alam Bunuh Diri Minum Gromoxon

selengkapnya..

PAGAR GUNUNG - Minggu, 25-September-2022 - 18:00

MIN 4 LAHAT GO TO PENILAIAN ADIWIYATA

selengkapnya..

TANJUNG SAKTI PUMI - Jumat, 23-September-2022 - 16:27

SDN 6 Tasti Pumi, Laksanakan Program Jum’at Mengaji

selengkapnya..

KIKIM TIMUR - Jumat, 23-September-2022 - 14:44

SDN 18 KIKIM TIMUR SUKOHARJO BANGUN GEDUNG UKS 

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater