PT MAS Selenggarakan Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Desa Lubuk Selo

Minggu, 26-Juni-2022, 18:51


Lahat – Dalam rangka memperingati perayaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2022 yang jatuh pada tanggal 5 Juni lalu, PT Muara Alam Sejahtera (MAS) menggelar berbagai kegiatan di Desa Lubuk Selo, Kecamatan Gumay Ulu, Kabupaten Lahat. Kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan lainnya PT MAS di Hari Lingkungan Hidup Sedunia sebagai kegiatan eksternal yang dipusatkan di Objek Wisata Curup Buluh Desa Lubuk Selo, pagi ini Minggu (26/06/2022).

Dalam kegiatan Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang mengangkat tema “Satu Bumi Untuk Masa Depan” ini, PT MAS turut berkolaborasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lahat, Gugus Depan Gerakan Pramuka se-Kecamatan Gumay Ulu, Pemdes Lubuk Selo, Pokdarwis KCH Desa Lubuk Selo, Karang Taruna Desa Lubuk Selo, Bolang Desa Lubuk Selo, PPL Dinas Perkebunan, dan Komunitas Gen Kalpataru.

Ada dua kegiatan yang ditonjolkan dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia di Desa Lubuk Selo, yakni penanaman pohon di bantaran Sungai Selangis dan pemberian bibit tanaman karet dan bibit pohon johar. Sebanyak 3000 bibit karet dan 2000 bibit pohon johar disalurkan pihak PT MAS ke Pemdes Lubuk Selo yang nantinya akan ditanam di lahan desa dan hasilnya sebagian diperuntukkan bagi desa.

Kegiatan penanaman pohon berlangsung semarak dengan melibatkan seluruh peserta yang hadir. Termasuk juga Gudep Pramuka Kecamatan Gumay Ulu, mulai dari Pramuka siaga, Penggalang, dan Penegak.

Heryanto Sujarwo, S.KM selaku Wakil KTT PT Muara Alam Sejahtera mengaku terkesan dengan kegiatan hari ini yang bernilai edukatif karena banyak melibatkan generasi muda.

“Jadi hari ini kita bersama-sama menanamkan kesadaran untuk peduli dan ramah terhadap lingkungan serta menyelamatkan bumi sebagaimana tema Hari Lingkungan Hidup tahun ini. Sehingga, kita dapat melestarikan alam, berbaur dengan alam, dan juga tercipta lingkungan hidup yang lebih baik lagi,” ujarnya.

Heryanto Sujarwo berharap, ke depan Desa Lubuk Selo akan semakin baik lingkungan hidupnya dengan keanekaragaman potensi yang ada di desa yang tergolong desa wisata tersebut. Terlebih dengan adanya bantuan bibit karet yang dapat mendongkrak sektor pertanian Desa Lubuk Selo.

“Semoga akan semakin baik lingkungan hidupnya, karena Desa Lubuk Selo memiliki Sungai Selangis dan Wisata Curup Buluh. Terkait bibit karet yang kita bagikan, semoga warga desa di sini dapat memanfaatkan dengan sebaiknya dan dapat menjadi bagian dari indikator perekonomian desa,” ungkapnya.

Semantara itu, Kepala Desa Lubuk Selo Ahmad Yaumal sangat mengapresiasi kegiatan yang dilangsungkan di desanya pada hari ini.

“Kami atas nama Pemerintah Desa Lubuk Selo, mengapresiasi dan berterima kasih kepada segenap pihak yang terlibat dalam kegiatan dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini. Kegiatan ini sangatlah bermanfaat bagi ekonomi desa dan juga sektor wisata. Karena ada bantuan PT MAS berupa pohon johar untuk penghijauan dan bibit karet untuk menunjang perekonomian,” kata Yaumal.

Ahmad Yaumal menjelaskan bahwa sebelumnya ia telah berkoordinasi dengan perangkat desa dan warga yang akan mengelola bibit karet bantuan tersebut.

“Kita bersepakat, hasil dari bibit karet dan johar ini nantinya kalau sudah menghasilkan, sebagian akan kita peruntukkan bagi desa. Misal untuk kegiatan sosial seperti membantu warga dhuafa di desa, untuk kegiatan desa, atau untuk disumbangkan ke masjid,” pungkasnya.

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

PAJAR BULAN - Selasa, 23-April-2024 - 09:10

Puskes Pajar Bulan, Gelar Re – Akreditasi 

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater