Lagi-Lagi, Kendala Server Ganggu Gladi bersih ANBK SD di Lahat

Senin, 25-Oktober-2021, 17:42


ULAK PANDAN -Sejumlah sekolah dasar (SD) di kecamatan Merapi  dipusingkan dengan gangguan server pusat dalam Gladi bersih Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) pada Senin-Selasa (25-28/10/2021).

Akibatnya, para siswa terkendala dalam mengakses soal di Pusat Asesmen dan Pembelajaran (Pusmenjar) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikud Ristek).

Gangguan tersebut terjadi pada SD yang menerapkan ANBK dengan sistem full online atau terhubung langsung dengan server pusat. Sebagai informasi, mayoritas SD memakai ANBK full online dalam simulasi yang rencananya digelar sampai Kamis (2/10/2021).

Ada sekitar 40-an SD/sederajat di kecamatan merapi area yang mengikuti Galdi bersih ANBK. Kepala sekolah SDN 3 Merapi Barat , Yuliana, mengakui kendala server pusat kembali berulang dalam Gladi bersih ANBK SD.

Sebelumnya, SDN 3 Merapi Barat sebagiai sekolah penyelenggara dan yang ditumpangi   sempat direpotkan dengan gangguan server pusat dalam pelaksanaan simulasi  awal Oktober lalu. Asesmen di sejumlah  karena siswa kehabisan waktu saat menggarap soal.
“Betul, ada kendala server lagi saat Gladi bersih  ANBK SD   sesi pertama tadi . Mungkin karena banyak akses bersamaan ke Pusmenjar, jumla,” ujar Yuliana  kepada media, Senen (25/10/2021).

Informasi yang dihimpun lahatonline.com, siswa sudah mengalami kendala saat ingin masuk (log in) layanan Pusmenjar. Akses mereka selalu mental meski token (kode) yang dimasukkan sudah valid.
Hal ini membuat siswa harus berpindah-pindah laptop sehingga menghabiskan waktu pengerjaan soal. Yuliana mengaku sudah melaporkan masalah tersebut agar segera dapat diatasi.

Pihaknya berharap problem serupa tak berulang di Pelaksanaan  ANBK pada pelaksanaan ANBK pertengahan November. “Masih ada waktu untuk perbaikan.”

(DAUS)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT - Sabtu, 27-November-2021 - 23:34

UPDATE C-19, LAHAT TAK ADA KASUS

selengkapnya..

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

MERAPI BARAT - Kamis, 25-November-2021 - 20:05

HGN, SMAN 1 Merapi Barat Gelar Berbagai Kegiatan

selengkapnya..

LAHAT SELATAN - Kamis, 25-November-2021 - 16:17

Hari Guru, SD 01 Tanjung Payang Potong Tumpeng

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater