27 Adegan Rekonstruksi Pembunuhan Solihin

Jumat, 24-September-2021, 19:07


LAHAT SRIWIJAYA ONLINE—– Sebanyak 27 Adegan dalam Reka Ulang (Rekuntrsi) yang dilaksanakan oleh unit Reskrim Polres Lahat, terhadap tersangka Ari Anggara (26) warga Giri Mulya Kecamatan Lahat, sebelum menghabiskan nyawa korban Ahmad Solihin (26) warga Blok C Jl Damai Kelurahan Bandar Jaya, Kecamatan Lahat Kabupaten Lahat.

Bahkan, terungkap dalam Rekuntrsi sebelum membunuh korban Ahmad Solihin, tersangka mempersembahkan segelah kopi, sebagai persembahan terakhir Ari Anggara.

Kegiatan reka ulang tersebut, berlangsung sekitar satu jam, dan terungkap 27 Adegan tersangka Ari Anggara saat hendak membunuh korban Ahmad Solihin dengan TKP di Curup Ganya Kelurahan Kota Baru Kecamatan Lahat, digelar pada Kamis kemarin, diruang Kanit Pidum Polres Lahat.

Setelah itu, si Pelaku dengan sadis membunuh Ahmad Solihin memakai senjata tajam jenis parang. Kasus pembunuhan tersebut, terjadi pada tanggal 1 Desember 2020 di Jl Curup Ganya, Kelurahan Kota Baru Kecamatan Lahat, Kabupaten Lahat.

“Benar, reka ulang yang baru sekarang kita lakukan ini, merupakan atas kasus pembunuhan Desember 2020 lalu, terhadap korban Ahmad Solihin oleh pelaku Ari Anggara dengan TKP di Jl Curup Ganya Kelurahan Kota Baru Lahat,” terang Kapolres Lahat AKBP Achmad Gusti Hartono S.Ik melalui Kasat Reskrim Polres Lahat AKP Kurniawi H Barmawi S.Ik disampaikan Kanit Pidum Polres Lahat IPDA Buddi Agus SE.

Menurut mantan Kanit Reskrim Polsekta Lahat ini, sebelum peristiwa pembunuhan terjadi, korban mendatangi rumah tersangka. Setibanya di rumah, keduanya lantas duduk di sofa rumah sambil bermain Handphone.

Ngobrol keduanya pun terus berlanjut, dan si Tersangka sempat menanyakan sepeda motor miliknya. Namun, korban Ahmad Solihin menjawab sudah digadaikan dan belum ditebus. Saat itulah, si Pelaku naik vital, keduanya kemudian masuk kerumah Pelaku dan kembali duduk di Sofa.

“Tak lama kemudian, korban berpindah kekasur kamar dan kemudian tertidur. Sedangkan, si Pelaku juga tertidur di Sofa kamar,” ujarnya.

Lantas beberapa saat kemudian, dijelaskan Buddi Agus, korban dibangunkan oleh Neneknya Wana. Pelaku kemudian bangun dan juga membangunkan Ahmad Solihin. Sambil membangunkan, tersangka kemudian menawarkan kepada korban “ingin kopi hitam atau kopi susu”.

“Dari tawaran si Pelaku, dijawab korban ingin kopi hitam saja, lalu, Pelaku membuatkannya dan meletakkan kopi dimeja disamping korban tidur. Sadisnya, melihat korban masih berbaring dikasur sementara pelaku duduk di sofa. Entah setan apa yang telah merasuki TSK tiba tiba melihat Sajam jenis pisau, kemudian diambil dan tanpa basa basi lagi, Pelaku langsung mengibaskan Sajam tersebut, pada tubuh korban,” tambah Buddi Agus.

Namun, tebasan Sajam dari Pelaku sempat diketahui dan korban berdiri serta berusaha mengelak dari serangan pelaku. Tapi, usaha korban sia sia karena si Pelaku terus menghujani korban dengan Sajam sehingga, menggenainya, korban pun tersungkur.

“Intinya, si Pelaku sakit hati dan naik vital, karena motor yang digadaikan Ahmad Solihin tak kunjung ditebus lagi,” urainya lugas.

Disampaikan Buddi Agus, tersangka Ari Anggara (26) ditangkap anggota Satreskrim Polres Lahat, di Desa Mangku Negara Kecamatan Penukal Abab, Kabupaten Pali, Sumatera Selatan Anggota Satreskrim Polres Lahat, membekuk di dalam sebuah pondok yang menjadi tempat persembunyiannya selama ini.

Selanjutnya tersangka dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis dan setelah itu dibawa Ke Polres Lahat untuk Di proses sesuai dengan hukum yang berlaku.

“Tersangka ini, merupakan aktor utama dalam kasus pembunuhan Ahmad Solihin (26) warga Blok C Jl Damai Kelurahan Bandar Jaya Kecamatan Lahat, Kabupaten Lahat, yang terjadi pada Desember 2020 lalu, di Jl Curub Ganya Kelurahan Kota Baru Lahat,” kata Kapolres Lahat, AKBP Achmad Gusti Hartono, SIK melalui Kasubsi Humas Polres Lahat, AIPTU Lispono, SH.

Liespono menceritakan, pada Selasa tanggal 01 Desember 2020 lalu, sekitar jam 11.30 WIB di Jl Curup Ganya Kota Baru Lahat tepatnya di Rumah Asmi. Korban yang sedang terlelap tidur, dibangunkan oleh pelaku dan seketika menggunakan senjata tajam jenis parang bergagang plastik putih diduga pelaku membacok korban hingga mengalami luka bacok di bagian kepala depan, luka bacok pada bagian hidung sebelah kiri, luka bacok pada bagian bibir sampai telinga sebelah kiri, luka bacok pada bagian alis sampai telinga sebelah kiri, luka bacok pada bagian lengan sebelah kanan, luka bacok pada bagian jari tangan kanan dan kiri hingga meninggal dunia.

“Kalau motifnya diduga tersangka ini sakit hati karena sepeda motor miliknya digadaikan oleh korban dan tidak ditebus atau dikembalikan oleh korban,” pungkas Liespono.

Lalu, setelah menghabisi nyawa korban diduga pelaku menguasai barang -barang milik korban berupa satu unit sepeda motor honda beat warna hitam, satu buah handphone merk OPPO, dan uang sebanyak Rp.1.050.000. “Kemudian melarikan diri ke Kabupaten Pali hingga berhasil ditangkat Satreskrim Polres Lahat dilokasi persembunyiannya. (Din)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

TANJUNG TEBAT - Rabu, 01-Desember-2021 - 12:53

7 Rumah di Tanjung Kurung Ilir Hangus Dilalap Api

selengkapnya..

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

KOTA AGUNG - Selasa, 30-November-2021 - 11:36

SUPRANSYAH KEMBALI SALURKAN BLT KEPADA 39 KPM

selengkapnya..

LAHAT - Sabtu, 27-November-2021 - 23:34

UPDATE C-19, LAHAT TAK ADA KASUS

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater