Satreskrim Polres Lahat, Begini Pelaku Sulap SIM C Menjadi SIM B2

Kamis, 23-September-2021, 16:15


LAHAT —Kecerdikan DN (28) warga Kelurahan Talang Jawa, Kecamatan Lahat, dalam memalsukan surat izin mengemudi (SIM) B2 akhirnya mengeruak.

Terungkapnya kasus pelaku yang menyulap SIM C menjadi SIM B2 ini, setelah berhasil dibekuk anggota Satreskrim Polres Lahat, DN mengakui perbuatanya memalsukan SIM dan meraup keuntungan dari pemalsuan itu, setidaknya mencapai 27 lembar SIM Aspal yang sudah dicetak.

Modus pemalsuan sendiri diawali DN meminta warga agar membuat SIM C cetakan terbaru ke Satlantas Polres Lahat. Warga yang disuruh DN tersebut diberikan biaya pembuatan SIM dan upah. Setelah SIM jadi, DN kemudian meminta SIM C, selanjutnya, DN menghapus identitas yang tertera pada bagian SIM C dengan cara digesek.

Lalu, DN mencetak kembali menggunakan mesin pencetak yang ia miliki. Sementara, identitas yang tertera bersama foto disesuaikan dengan pemesan. Sepintas, tak ada yang aneh dari tampilan SIM B2 yang dicetak ala Dendi, hanya sedikit kabur dan nomor kode SIM palsu. Lantaran hanya digunakan untuk sopir tertentu, 27 warga yang mencetak atau menjadi korban penipuan merupakan sopir perusahaan angkutan tambang.

“Awal terungkap banyak sopir perusahaan yang bertanya tanya kenapa sebagian sopir bisa mendapatkan SIM B2 yang diterbitkan oleh Satlantas Polres Lahat. Padahal kan diketahui Satlantas Polres Lahat tidak bisa menerbitkan SIM B2. Hanya sekedar menerima persyaratan pembuatan SIM B2 saja,” ungkap Kapolres Lahat, AKBP Achmad Gusti Hartono, SIK melalui Kasatreskrim Polres Lahat, AKP Kurniawi H Barmawi, SIK melalui Kanit Pidum IPDA Buddi Agus SE, pada Kamis (23/09/2021) kemarin.

Sementara, untuk mencetak SIM B2 pemesan atau warga harus datang sendiri ke Polres Muara Enim. “Jadi sopir tambang ini bingung kenapa sebagian sopir yang mencetak SIM dengan pelaku bisa mendapatkan SIM B2 dari Satlantas Polres Lahat padahal Satlantas Lahat tidak bisa mengeluarkan. Dari situlah dilakukan penyelidikan, “ujarnya.

Diungkapkannya, sopir yang menggunakan jasa Dendi dalam membuat SIM mengeluarkan biaya bervariasi dari Rp1.200.000 hingga Rp1.600.000. “Yang dirubah bagian depan saja. Yang bagian belakang masih tetap sama. Tapi kalau petugas paham hologramnya untuk SIM C, “ujarnya.

Dalam menjalankan aksinya, Dendi tidak sendiri. Dendi katanya memerintahkan diduga pelaku Rinto, untuk membuat SIM B II umum yang dipalsukan dan mendapat keuntungan sebesar Rp. 500 ribu. Sedangkan, Yunesko, berperan sebagai perantara dari orang yang memesan SIM B II yang dipalsukan dengan tersangka Riduan Efendi dan Damsari kemudian mengantarkan syarat pembuatan SIM B II yang dipalsukan kepada DN dan mendapat keuntungan sebesar Rp. 400 ribu.

“Riduan juga berperan sebagai perantara yang meminta syarat dan uang dari calon pengguna SIM B II umum yang dipalsukan dan mendapat keuntungan sebesar Rp. 150. sementara Rinto diduga berperan membuat SIM B II umum yang dipalsukan atas suruhan DN,” terangnya.

Kapolres Lahat, AKBP Achmad Gusti Hartono, SIK melalui Kasubsi Humas Polres Lahat, Aiptu Lispono, SH mengatakan terungkapnya pemalsuan yang dilakukan bermula saat Anggota Polres Lahat berhasil menemukan SIM palsu di percetakan DGP milik inisial DN (28) di Kelurahan Talang Jawa Utara, Kabupaten Lahat. Selanjutnya, anggota Satreskrim Polres Lahat langsung bergerak cepat dengan melakukan penangkapan terhadap Yunesko (35) warga Desa Lubuk Betung Kecamatan Merapi Selatan, Kabupaten Lahat, di kantor PT. BPAC depan SMA Negeri 2 Lahat.

“Awal pengembangan kita bekuk diduga pelaku Yunesko ini. Pada Selasa (21/9/2021),” tegas Liespono, pada Kamis (23/09/2021) kemarin.

Berikutnya, Polisi membekuk Damsari, warga Desa Tanjung Pinang Kecamatan Merapi barat Kabupaten Lahat dan Riduan Effendi (48) warga Desa Kota Raya, Kecamatan Lahat Kabupaten Lahat. Keduanya dibekuk di Desa Kota Raya. Dari ketiga diduga pelaku ini mengakui jika mencetak kartu SIM B II (Umum) ialah ( DN ) di percetakan Milik ( DN ) di Talang jawa Utara.

“Satu orang lagi diduga pelaku yakni Rinto (DPO ) masih dalam pengejaran petugas Reskrim Polres Lahat,” pungkas Liespono. (Din)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT - Senin, 06-Desember-2021 - 17:59

Polres Lahat Gelar Simulasi Sispam Kota

selengkapnya..

TANJUNG TEBAT - Senin, 06-Desember-2021 - 15:15

ADA APA, OSIS SMP NEGERI 2 MU KE TALANG GEREMBU

selengkapnya..

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater