FANTASTIS KOTORAN AYAM TINGKATAN HASIL PANEN KOPI

Rabu, 9-Juni-2021, 23:43


BABATAN –  Hari ini (Rabu, 09/06/21) bertempat di desa Babatan Kecamatan Mulak ulu Kabupaten Lahat. Willy Hardiansyah, salah seorang petani kopi yang ada di kecamatan mulak ulu dibantu oleh beberapa orang pekerja harian lepas melaksanakan kegiatan panen buah kopi di kebun kopi miliknya.

Berdasarkan informasi yang di peroleh awak media di lapangan bahwa Willy yang juga merupakan seorang mantan kades Desa Datar Balam di kecamatan Mulak ulu adalah salah satu petani kopi yang hasil (buah) tanaman kopinya tahun ini mengalami peningkatan yang sangat drastis dibanding tahun tahun sebelumnya.

Betapa tidak, dari sekitar dua ribu batang kopi yang ia tanam, tahun ini kebun kopinya menghasilkan sekitar 3000kg buah kopi. Dimana ditahun tahun sebelumnya hanya menghasilkan 500kg sampai 1000kg buah kopi saja.

Saat ditemui awak media di lapangan, Willy Hardiansyah bersedia berbagi “resep rahasia” dari meningkatnya hasil kebun kopinya tahun ini adalah karena penggunaan pupuk “kotoran ayam” yang ia dapatkan dari kandang ternak ayam pedaging miliknya yang letaknya tidak jauh dari lahan tempat ia menanam kopi tersebut.

Masih Menurut Willy, penggunaan pupuk kandang (kotoran ayam) ini penting karena tekstur tanah di kecamatan Mulak ulu yang berdasar fakta telah digunakan sebagai lahan perkebunan sejak puluhan bahkan ratusan tahun yang lalu , kandungan “nutrisi” atau Humos nya telah sangat banyak berkurang.

Selain sebagai alternatif untuk mengurangi penggunaan pupuk kimia.Adapun cara penerapan pupuk kandang ini adalah cukup dengan meletakkah setiap satu karung (50 kg) pupuk kotoran ayam ini di selah – selah/antara tiap tanaman kopi. Atau untuk hasil yang lebih maksimal, dapat juga dengan memasukkah 1/2 kg kotoran ayam ini disetiap lubang tanam, sekitar satu bulan sebelum bibit kopi dipindahkan ke lubang tanam untuk lahan kebun  kopi yang baru dibuka. Terang Willy

Juga disampaikan Kepala Desa Babatan Rosidi harto dirinya berharap penggunaan pupuk kotoran ayam ini dapat menjadi solusi dalam peningkatan kesejahteraan ekonomi petani kopi di kecamatan Mulak Ulu dan sekitarnya dan kabupaten Lahat pada umumnya , harap sang Kades singkat

Penulis : Miril herpika, Spd
Editor : HERN4N/LO

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

PAJAR BULAN - Selasa, 23-April-2024 - 09:10

Puskes Pajar Bulan, Gelar Re – Akreditasi 

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater