KEMBALI, BUPATI LAHAT BANTU TANGGAP DARURAT BENCANA DI DUA DESA MERAPI DAN KUBA

Minggu, 6-Juni-2021, 23:10


Kuba – satu bulan lalu tepatnya Ramadhan tanggal 05-05-2021 si Jago merah membakar rumah warga di Lahat Tengah, dan hari ini tanggal 06-06-2021, kembali si jago merah menyerang rumah warga di dua tempat, Desa Merapi Kecamatan Merapi Jum’at (04-06-2021) dan Desa Kuba Minggu (06-06-2021)

Warga Kampung Kuba Kecamatan Pulau Pinang Kabupaten Lahat, “berhamburan” keluar rumah dan dihebohkan dengan kejadian kebakaran rumah seorang guru olahrga Sarwono (55).

Dari informasi yang berhasil dihimpun, kebakaran tersebut terjadi pada pukul 13.30 wib akibat korsleting listrik “arus pendek” menghanguskan satu rumah permanen, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun perabot rumah tangga, 4 (empat) unit Laptop milik dinas dan pribadi, HP, kendaraan motor roda dua Honda “Beat” serta surat surat atau dokumen penting seperti Surat Tanah, KTP, KK, BPKB, BPJS, ijzah S1 Retno dan S2 rizki Anak kandung Sarwono lainnya ikut hangus terbakar.

Dalam kejadian tersebut, “Spontan warga sekitar tempat kejadian keluar rumah berupaya untuk memadamkan api, namun upaya pemadaman itu, api pun semakin membesar,” kata Budi salah satu warga pemilik warung diseberang rumah tempat kejadian kebakaran. Namun selang beberapa saat kejadian, mobil pemadam kebakaran (DAMKAR) berhasil memadamkan Si-jagomerah dengan dibantu oleh Kendaraan BPBD Pemkab Lahat. Setelah api berhasil dipadamkan sekira pukul 14.10 WIB, kemudian petugas Pemadam Kebakaran, BPBD dan Tagana Dinas Sosial dibantu oleh Polsek Pulau Pinang juga warga sekitar di lokasi melakukan evakuasi terhadap bencana kebakaran tersebut didapat Sarwono dan Rizki agustina Prastiwi mengalami luka bakar dan langsung dilarikan ke Rumah Sakit Umum Lahat menggunakan kendaraan Ambulance Puskesmas Pulau Pinang.

“Penyebab dari musibah kebakaran ini, diduga akibat hubungan arus pendek listrik, dan penyebab pasti lainya akan dilakukan penyelidikan. Untuk kerugian akibat peristiwa inipun belum dapat ditaksir,” pungkasnya#.

Sebelumnya terjadi juga musibah kebakaran di Desa Merapi Kecamatan Merapi Barat pada Jum’at malam, tanggal 04-06-2021, pukul 18.30 rumah Subandi PJS. Kades Merapi. Kejadian tersebut sangat singkat karena Api dapat dijinakkan petugas pemadam kebakaran dari PT.Bukit Tunjuk dan PT.MIP Batubara dibantu oleh warga setempat bahu membahu, peristiwa itu hanya membakar Kamar dan ruang tamu depan milik subandi pada bagian dinding, langit langit sedang atap rumah terbuat “gentimg” berhamburan saat penyemprotan DAMKAR. Kerugian belum dapat ditaksir namun kerugian material dan Uang yang ikut terbakar ditaksir Rp.25 juta.

Gerak Cepat, Paska kejadian pada Minggu (06-06-2021) pkl. 15.30 wib, Bupati Lahat menyalurkan bantuan korban darurat bencana di dua titik kejadian yaitu Desa Merapi Kecamatan Merapi barat dan Desa Kuba Kecamatan Pulau Pinang, melalui Dinas Sosial Kabupaten Lahat, berupa Alat kelengkapan dapur berupa panci, kuali periuk, pakaian baju, Pakaian dalam pria wanita, baju, selimut, kain, Beras untuk 3 (tiga) hari, serta Mie instan. Selanjutnya untuk bantuan dana ahli musibah dimintakan mengajukan permohonan kepada bupati lahat melalui Kades diketahui Camat dan membawa surat keterangan musibah dari Polsek setempat.
Kontributor : Rds-666

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT - Sabtu, 27-November-2021 - 23:34

UPDATE C-19, LAHAT TAK ADA KASUS

selengkapnya..

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

MERAPI BARAT - Kamis, 25-November-2021 - 20:05

HGN, SMAN 1 Merapi Barat Gelar Berbagai Kegiatan

selengkapnya..

LAHAT SELATAN - Kamis, 25-November-2021 - 16:17

Hari Guru, SD 01 Tanjung Payang Potong Tumpeng

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater