Bencana Kebakaran Terpa Warga Lahat Tengah

Telan 2 Korban, 1 Petugas Damkar dan 1 Warga Sekitar

Rabu, 5-Mei-2021, 22:02



LAHAT – Peristiwa kebakaran kembali melanda Kabupaten Lahat, kali ini, bencana tersebut, dirasakan oleh warga yang bermukim di Kelurahan Lahat Tengah, Kecamatan Lahat Kabupaten Lahat.

Kejadian itu, pada Rabu (05/05/2021) kemarin sekitar pukul 18.50 WIB, akibat dari amukan sijago merah ini, membuat satu bangunan rumah panggung berbentuk L milik korban bernama Rizki bersama keluarga berjumlah 10 jiwa warga Lahat Tengah (Lateng) ludes terbakar.

Akibat dari peristiwa kebakaran ini, membuat warga disekitar lokasi kejadian dan lainnya tumpah ruah kejalan, histeris melihat kobaran api yang begitu besar, serta berusaha memberikan pertolongan dengan memadamkan kobaran api yang ada. Dari kejadian yang ada, membuat pihak PLN Rayon II Lembayung Lahat memadamkan Listrik kurang lebih satu jam.

Kasat Pol-PP, Linmas, dan Damkar Pemkab Lahat Fauzan Khoiri Denin AP MM dikonfirmasi menjelaskan, berdasarkan keterangan dari korban Rizki diketahui dan diperkirakan api berasal dari Arus Pendek Listrik, sekira jam 18.50 WIB, tiba tiba keluar percikan api dan langsung menghanguskan seisi rumah korban.

Dari peristiwa yang ada, kata Fauzan, selain menghanguskan satu buah bangunan rumah panggung yang berbentuk L milik korban Rizki di Kelurahan Lahat Tengah Kecamatan Lahat ini, juga menelan dua korban lainnya, saat membantu memadamkan kobaran api saat itu.

“Dua orang yang menjadi korban dari tragedi kebakaran Lahat Tengah itu yakni, bernama Suhardi seorang petugas pemadam kebakaran (Damkar) Lahat karena tertimpa kayu dibagian bibir dan bahu mengalami luka luka. Sedangkan, korban lainnya, bernama Martin warga sekitar yang tertimpa genteng pada bagian kepala, sehingga, dilakukan tindakan medis 8 jahitan,” tegas Fauzan lagi.

Agar cepat dilakukan penanggulangan, dijelaskannya, Sat Damkar Pemkab Lahat dengan melibatkan dua (2) unit Armada dan menerjunkan sebanyak 30 personil. Untuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) 1 unit Armada Tengku suplai dengan enam (6) personil dari Polres mobil Water Canon.

Selanjutnya, 1 unit mobil tangki suplai dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH), 1 armada Tengku milik pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Lahat, dan dibantu TNI – Polri serta masyarakat sekitar secara manual.

“Alhamdulillah, api bisa kita jinakkan lebih kurang sekitar jam 19.30 WIB dan dilakukan pendinginan sampai dengan pukul 20.30 WIB. Untuk kerugian sendiri dugaan sementara ditafsir mencapai ratusan juta rupiah, kini korban akan menumpang kerumah sanak familinya sementara waktu,” pungkas Kasat Pol-PP Pemkab Lahat. (Din)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

PAJAR BULAN - Selasa, 23-April-2024 - 09:10

Puskes Pajar Bulan, Gelar Re – Akreditasi 

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater