Koramil 405-12 Lahat Peduli Sesama

Sabtu, 27-Februari-2021, 17:11


TANJUNG PAYANG – Dalam rangka menyikapi laporan dari masyarakat dan hasil temuan saat kegiatan Babinsa Koramil 405-12 Lahat di Kecamatan Lahat Selatan SERTU Syawal dan SERTU Nasir, terkait ditemukannya salah satu warga dusun V Desa Tanjung Payang Lahat.

Dandim 0405 Lahat Letkol Kav Shawah Al-Amien SE.M.Si melalui Danramil 405-12 Lahat Kapten Kav Dwi Satriyo menyampaikan, dari laporan masyarakat ini, langsung ditindak lanjuti dan benar kondisinya kurang mampu dan beruntung terutama disegi Ekonomi.

“Dari laporan masyarakat ini, dan diperkuat oleh anggota Babinsa Koramil 405-12 Lahat, dan benar kondisinya kurang beruntung dari masyarakat lainnya terutama disegi Ekonomi, apalagi dimasa Pandemi membuat semakin sulit,” ungkap Danramil 405-12 Lahat Kapten Kav Dwi Satriyo, pada Sabtu (27/02/2021).

Sehingga, kata Dwi, membuat dirinya terpanggil setelah melihat kondisi pria yang biasa disapa Yoyo (90) warga di Lematang Sakti desa Tanjung Payang Kecamatan Lahat Selatan, Kabupaten Lahat.

“Setelah melihat kondisi pria yang kesehariannya disapa Mbak Yoyo ini, membuat kami terpanggil dan memberikan bantuan berupa sembako. Intinya, Koramil 405-12 Lahat peduli sesama,” ujar Dwi Satriyo.

Mirisnya lagi, sambung Danramil 405-12 Lahat, saat digali informasi lebih dalam pria yang telah berumur 90 tahun ini, hidup sebatangkara dan tidak memiliki sanak saudara di Kabupaten Lahat.

“Yang membuat kami salut, mbah Yoyo walaupun hidup sendirian bisa bertahan, dan ketika ditanya keberadaan keluarganya Mbah Yoyo mengaku, sudah tidak ingat lagi,” paparnya.

Ternyata, dijelaskan Dwi, diketahui melalui warga lainnya bernama Iskandar Sakri seorang petani yang membantu kehidupan Mbah Yoyo sehari harinya, bahwa Mbah Yoyo ini merupakan orang warga dari Provinsi Jawa Timur, dan telah menetap di Lematang Sakti Desa Tanjung Payang Kecamatan Lahat Selatan, Kabupaten Lahat.

Awalnya, diceritakan Dwi, seorang warga bernama Iskandar Sakri ini bertemu dengan Mbah Yoyo, karena kasihan melihatnya terkatung katung tidur di Jalan Kota Lahat, lantas dibawanya ke Lematang Sakti Desa Tanjung Payang Kecamatan Lahat Selatan.

“Lantas, dari sinilah Mbah Yoyo diajak mengelola kebun orang. Sekaligus sebagai tempatnya berteduh, Mbah Yoyo dibuatkan rumah gubuk sederhana,” urai Danramil 405-12 Lahat.

Untuk mengimplementasikan Santi Aji 8 wajib TNI yaitu, ‘menjadi contoh dan mempelopori usaha usaha untuk mengatasi kesulitan Rakyat disekelilingnya, membuat Kapten Dwi Satriyo terpanggil bersama Babinsa 405-12 Lahat turun kelapangan, guna melihat kondisi dari Mbah Yoyo yang tinggal di gubuk sederhana yang tempat tidurnya menyatu dengan dapur.

Setiba dilokasi, diucapkan Dwi Satriyo, terlihat rasa bahagia terpancar dari raut wajah Mbah Yoyo, walaupun setitik air mata perlahan menetes dari ujung matanya saat menyambut kedatangan rombongan Babinsa SERTU Syawal dari Koramil 405-12 Lahat.

“Kita langsung menyapa, dan membuka komunikasi yang cukup akrab dan kekeluargaan. Setelah itu, kami langsung memberikan bantuan berupa Sembako dan bantuan dana untuk belanja Mbah Yoyo,” tegasnya.

Terakhir, usai memberikan bantuan dan ngobrol bersama masyarakat dusun V Desa Tanjung Payang Kecamatan Lahat Selatan Kabupaten Lahat, Kapten Dwi Satriyo dengan anggota Babinsa 405-12 Lahat berpamitan dan ditutup dengan berdoa bersama sama semoga Mbah Yoyo senantiasa diberikan kekuatan, kesehatan, serta rezeki yang melimpah YRA.

“Kami tidak menyangka saja, kehidupan Mbah Yoyo ini, nyaris lepas dari pandangan kami. Terima kasih Yaa Allah SWT, kami dari Koramil 405-12 Lahat masih bisa berbagi, walaupun tidak seberapa, tapi, kami Ikhlas membantu pria yang telah berumur 90 tahun tesebut,” pungkas Danramil 405-12 Lahat dibincangi dengan linangan air mata. (Din)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

PULAU PINANG - Rabu, 14-April-2021 - 20:00

Lemang Khas Lahat, Kuliner Takjil Yang Mantap

selengkapnya..

GUMAY TALANG - Senin, 12-April-2021 - 16:55

Kades Muara Tandi Jonizar Berbagi Rezeki

selengkapnya..

Investigasi

Berita Sebelumnya

PanCe

Siape & Tuape

Jajak Pendapat

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater