Program Pemberdayaan Kelompok Tani Serelo Indah

Oleh : Amirah Khairunnisya

Kamis, 25-Februari-2021, 19:46



Kecamatan Merapi Barat Kabupaten Lahat
Kelompok tani serelo indah adalah organisasi kemasyarakatan yang bersifat non partisan, independen dan nirlaba. Dimana keanggotaannya terdiri dari komunitas masyarakat petani di Desa Ulak Pandan Kecamatan Merapi Barat Kabupaten Lahat yang mempunyai kesamaan kepentingan, kesamaan kondisi lingkungan sosial, ekonomi dan sumberdaya, kesamaan komoditas yang diusahakan dan keakraban untuk meningkatkan dan mengembangkan usaha anggota, dengan jumlah anggotanya terus berubah dari waktu ke waktu.

Dalam hal ini, Konsep pendekatan kelompok sangat diperlukan agar masyarakat dapat saling berbagi dalam upaya memahami dan menjalani. Selain itu, kemitraan usaha antara kelompok tersebut dengan kelompok yang lebih maju harus terus-menerus dibina dan dipelihara secara saling menguntungkan dan memajukan.

Anggota kelompok tani serelo indah pada umumnya adalah petani yang sama-sama bergerak dibidang pertanian (Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan dan Peternakan), Kehutanan dan Perikanan, dengan kepemilikan lahan rata-rata 0,3 Ha yang lahan tersebut merupakan lahan pertanian berupa lahan tegal dan sebagian kecil lahan sawah. Wilayah Kelompok tani serelo indah berada di lereng Bukit Serelo di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut (mdpl), komoditas andalan/utama adalah tanaman padi dimana pengelolaan lahan maupun cara bertaninya masih secara tradisional belum diolah secara moderen.

Oleh karenanya kelompok tani serelo indah bertujuan untuk menggali potensi yang ada pada anggota kelompok untuk bisa berdaya guna dengan memanfaatkan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang ada agar lebih mandiri sehingga memberi dampak positif pada Masyarakat. Kelompok Tani ini didirikan dan dikendalikan oleh anggota kelompok untuk menjadi wahana kerjasama, kelas belajar dan unit produksi dalam rangka memperkuat kemandirian sesama anggota sesuai dengan Visi dan Misi juga Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Kelompok Tani Serelo Indah.

Adapun beberapa kegiatan yang dilakukan dalam program pemberdayaan kelompok tani ini diantaranya seperti:

  1. Pelatihan/penyuluhan, diskusi, dan saling bertukar ilmu. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan para petani/ peternak agar dapat membantu meningkatkan hasil usaha tani mereka.
  2. Pengadaan saprodi (benih, pupuk, obat-obatan dll.) dilakukan secara berkelompok
  3. Pengendalian hama dan penyakit secara berkelompok
  4. Penjualan hasil pertanian dilakukan secara berkelompok
  5. Memperoleh kredit/modal usaha.
    Selain itu beberapa waktu yang lalu pemerintah memberikan penyerahan bantuan benih, padi dan kopi serta Alsinta (Alat Mesin Pertanian)
    Jagung dan gergaji mesin kepada Kelompok Tani di kabupaten lahat oleh dinas Pertanian Kabupaten Lahat. Serta penyerahan bantuan pupuk organik cair (POC) kepada kelompok tani oleh bupati Lahat.
    Pemerintah saat ini baik pusat maupun provinsi khususnya Pemerintah Kabupaten Lahat sangat memikirkan dan peduli di bidang pertanian untuk Kesejahteraan para petani di kabupaten Lahat sesuai dengan tema petani sejateratera petani berwibawa dan Lahat bercahaya. Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan tersebut pemerintah kabupaten Lahat memberikan pupuk cair (POC) sebanyak 23. 000 liter kepada kelompok tani di 24 kecamatan di Kabupaten Lahat, untuk membiasakan para petani senang menggunakan pupuk organik untuk menghasilkan yang lebih baik dan mengurangi dampak pupuk kimia yang berpengaruh pada kesehatan fisik kita .
    Bantuan pupuk organik cair diberikan untuk mendorong para petani di Kabupaten Lahat agar terbiasa memggunakan pupuk organik yang mempunyai pengaruh terhadap kesehatan dari zat-zat kimia, disamping itu melalui bantuan ini akan dapat membantu para petani yang terkena dampak penurunan pendapatan dan daya beli petani akibat pandemi Covid-19.

Penyerahan bantuan pupuk organik cair (POC) kepada kelompok tani oleh bupati Lahat.

Dampak dari Program Kelompok Tani Serelo Indah
Program kelompok tani serelo indah ini mempunyai pengaruh atau dampak, diantaranya :

  1. Semakin eratnya interaksi dalam kelompok dan semakin terbinanya kepemimpinan dalam kelompok
  2. Semakin terarahnya peningkatan secara cepat tentang jiwa kerjasama antar petani
  3. Semakin cepatnya proses perembesan (difusi) penerapan inovasi (teknologi) baru dalam kelompok
  4. Semakin naiknya kemampuan rata-rata pengembalian pinjaman petani
  5. Semakin meningkatnya orientasi pasar, baik yang berlkaitan dengan masukan (input) maupun produk yang dihasilkan kelompok tani
  6. Semakin dapat membantu efisiensi pembagian air irigasi serta pengawasannya oleh petani sendiri.

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

PULAU PINANG - Rabu, 14-April-2021 - 20:00

Lemang Khas Lahat, Kuliner Takjil Yang Mantap

selengkapnya..

GUMAY TALANG - Senin, 12-April-2021 - 16:55

Kades Muara Tandi Jonizar Berbagi Rezeki

selengkapnya..

Investigasi

Berita Sebelumnya

PanCe

Siape & Tuape

Jajak Pendapat

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater