Jumlah Pengunjung

dgGEREg

Download Aplikasi

VIDEO

Warga Desa Gunung Kembang Sempat Pindahkan Barang Lihat Air Sungai Hampir Menyentuh Jalan Raya

Kamis, 18-Februari-2021, 21:03


LAHAT ONLINE, GUNUNG KEMBANG – Unsur Tripika Kecamatan Kikim Timur menetapkan Desa Gunung Kembang menjadi siaga 1 banjir, hal tersebut terjadi karena beberapa hari lalu air sudah hampir menyentuh ke badan jalan, Kamis (18/02). 

Menurut Dirsan Hadi S Pd Penjabat Kepala Desa Gunung Kembang, beberapa hari lalu warga desa sudah mengangkut barang barang keluar desa, lantara khawatir air masuk ke jalan dan rumah. 

“Alhamdulillah tidak terjadi hal itu, karena air segera surut. Namun air sudah hampir menyentuh jalan raya. Saat ini status desa kami siaga 1, karena hujan terjadi hampir setiap hari,” kata dia. 

Dikatakan Dirsan, pihaknya sudah mengusulkan bantuan 3 perahu karet, lantaran perahu yang ada di desa tersebut sudah rusak dan jebol bagian alasnya. Selain itu, pihaknya juga sudah mengusulkan pembangunan tembok penahan sepanjang seribu meter kepada Kementerian PU di Jakarta. 

“Kepada pihak yang berwenang, kami mohon ditindaklanjuti usulan kami. Desa Gunung Kembang ini sangat rawan banjir. Awal tahun lalu, pernah banjir besar, rumah hanyut, air sampai ke atap rumah, itu akibat air di Sungai Kikim meluap. Kalau ada tembok penahan yang kami usulkan setinggi 9 meter, dan panjang seribu meter, kami rasa cukup untuk menampung air agar tidak masuk desa,” ujarnya. 

Sementara itu, Camat Kikim Timur Pukatul Hadi mengungkapkan, pihaknya juga mengajak masyarakat tanggap banjir, dengan cara membuat kentongan untuk alarm tanggap bencana. 

“Kami sudah mendirikan 3 posko tanggap banjir, ada petugas yang berjaga di posko. Apabila memang melihat air sudah naik, segera bunyikan kentongan, agar warga dapat segera di evakuasi. Kita tentunya berharap, kejadian tahun lalu tidak terjadi lagi tahun ini,” ungkapnya. (nb). 

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

SUKA MERINDU - Minggu, 28-Februari-2021 - 20:21

Catin Bisa Manfaatkan Daftar Nikah Via Online

selengkapnya..

LAHAT - Minggu, 28-Februari-2021 - 08:25

Tindak Pidana Politik Uang dalam Pilkades

selengkapnya..

Investigasi

Berita Sebelumnya

PanCe

Siape & Tuape

Jajak Pendapat

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater