Jumlah Pengunjung

dgGEREg

Download Aplikasi

VIDEO

PT LDP Bantah Belum Bayar Uang Nyapu Jalan Emak Emak Merapi Area

Tunggu Petunjuk Management Siap Laporkan Pelopor Aksi

Minggu, 24-Januari-2021, 21:04



 

LAHAT —-Perwakilan dari PT LDP secara tegas membantah kalau perusahaannya yang bergerak dibidang Batubara belum membayar atas uang gaji yang dituntut emak emak, dalam aksi demo penutupan akses jalan yang dilakukan pada Jum’at (22/01/2021) kemarin malam oleh ibu ibu perwakilan 19 Desa di Desa Gedung Agung Kecamatan Merapi Barat, Kabupaten Lahat.

Humas PT LDP Dimas dikonfirmasi membantah bahwasannya dari perusahaannya belum membayar gaji penyapuan jalan yang dilakukan oleh emak emak di Desa Gedung Agung, Kecamatan Merapi Timur Kabupaten Lahat, atas aksi damai pada Jum’at malam lalu.

“Tidak benar itu, kami dari perusahaan PT LDP telah membayar sesuai dengan Permintakan Asosiasi AAPL Merapi. Namun, sebelumnya, kita ikut rapat koordinasi dikantor Kecamatan Merapi Barat,” ujar Dimas PT LDA, kemarin.

Dalam rapat koordinasi dikantor Kecamatan Merapi Barat itu, sambung Dinas, dihadiri oleh Camat Merapi Barat, Kapolsek Merapi Barat, Danramil 405-02 Merapi, Ketua AAPL Merapi, dan perwakilan dari tujuh perusahaan yang ada di Desa Gedung Agung Kecamatan Merapi Timur, Kabupaten Lahat.

“Dalam AD ART Asosiasi, yang saya tau hanya IUP tidak ada tentang emak emak. Akan tetapi, kita selaku transportir pemilik stok file saya sampaikan dengan Ketua AAPL bahwasannya PT LDP siap bantu sebesar Rp.5 juta perbulan,” tambahnya.

Uang tersebut, dikatakan Dimas, uda diberikan setelah rapat koordinasi dikantor Kecamatan Merapi Barat, jauh sebelum emak emak menggelar aksi demo. Tapi, pihaknya mintak dari AAPL agar dapat mengajukan surat permohonan Permintakan dana, diterima oleh pak PANDI dan ditanda tangan oleh mereka,” urainya.

Lantas sambung Dimas, ditanggal 11 Januari dirinya langsung mengirim uang itu, kenomor rekening pak PANDI sebesar Rp.3 juta rupiah. Selanjutnya, ditanggal 12 Januari 2021 Dimas mengirim lagi ke Rek Ketua AAPL sebesar Rp.2 juta rupiah.

“Nah, berselang tidak lama dari uang yang saya transper kerekening pak PANDI langsung, emak emak mengumpulkan masa dan menggelar aksi demo penutupan akses jalan menuju stok file milik PT LDP. Demo yang dilakukan oleh emak emak pada Jum’at malam itu, merupakan aksi yang kedua. Untuk aksi yang pertama kebetulan saya tidak berada ditempat kebetulan saya lagi cuti,” ucap Dimas.

Lanjut, diungkapkannya, pada Selasa lalu, atau Senin PT LDP ada perembukan bersama emak emak dan diikuti Danramil 405-02 Merapi, Kapolsek Merapi, dipusatkan dikantor Kecamatan Merapi Timur Kabupaten Lahat, guna membahas persoalan yang ada.

“Disitu yang kita bahas, ada perusahaan Bomba, BMS, BME, dan perusahaan FORTUNE, namun, semestinya, perusahaan FORTUNE tidak ikut campur, karena dibelakang perusahaan FORTUNE adalah PT LDP.

“Untuk perusahaan FORTUNE seharusnya tidak tahu menahu, sebab, perusahaan itu dibelakangnya milik PT LDP, akan tetapi emak emak tidak mau tau. Sehingga, kita bayar sudah selesai dan cleer. Eh, enggak tau sorenya emak emak melakukan aksi demo dengan melakukan penutupan jalan menuju stok file,” terang Dimas dengan nada berapi api.

Namun, untuk pihak perusahaan lainnya, diakui Dimas, memintak waktu selama tujuh hari kedepan. Tapi, sore nya emak emak langsung menggelar aksi demo dengan cara penutup akses jalan menuju stok file milik PT LDP.

“Terus terang saya engak tahu itu. Eh, tiba tiba emak emak demo dan menutup akses jalan menuju stok file milik PT LDP. Padahal PT LDP sudah membayar, alasan emak emak belum terima, saya sampaikan sudah silaksan tanyakan dengan Ketua AAPL langsung,” saran Diman.

Akibat penutupan akses jalan menuju stok file milik perusahaannya, dijelaskan Dimas, menyebabkan PT LDP merugi hingga ratusan juta rupiah, dari aksi yang digelar oleh emak emak tersebut. Karena, semua kendaraan lumpuh total.

“Saya sendiripun tidak bisa keluar. Akibat aksi emak emak itu. Dan, PT LDP menggalami kerugian ratusan juta rupiah,” tutup Dimas, seraya menambahkan, saat ini dirinya tinggal menunggu hasil petunjuk dari Management apakah harus melaporkan kerugian yang dialami PT LDP. Semua itu, dirinya masih menunggu petunjuk dari Management.

“Apabila turun surat nanti, saya dimintak Laporkan ke Polisi, saya selaku bawahan siap siap saja, untuk membuat LP dari aksi demo yang dilakukan emak emak,” pungkas Dimas.

Tujuh perusahaan yang berada di Desa Gedung Agung Kecamatan Merapi Timur, Kabupaten Lahat diantaranya, PT Tritama Bersama (TMD), PT LDP, PT ADARA, PT SMS, PT RUBS, PT BMS, PT PORTUNE, PT MME.

Sementara, Kartini salah satu warga Desa Gedung Agung Kecanatan Merapi Timur, Kabupaten Lahat dikonfirmasi mengatakan, aksi yang dilakukan oleh emak emak ini perwakilan dari 19 Desa Kecamatan Merapi Area, merupakan bentuk protes terhadap 7 perusahaan yang ada di Desa Gedung Agung.

“Sudah 2 bulan gaji emak emak yang menyapu jalanan belum dibayar oleh tujuh perusahaan yang bergerak dibidang Pertambangan Batubara berlokasi di Desa Gedung Agung Kecamatan Merapi Timur, Kabupaten Lahat,” ucap Kartini.

Ia menjelaskan, perjanjian dalam satu bulannya masing masing perusahaan yang ada di Desa Gedung Agung Kecamatan Merapi Timur, Kabupaten Lahat, akan memberikan kompensasi untuk emak emak perbulannya sebesar Rp.7,5 juta, kali 2 bulan, jadi masing masing perusahaan wajib membayar Rp.15 juta rupiah.

“Awalnya dijanjikan akan dibayar pada tanggal 11 Januari lalu, namun, meleset alias belum dibayar. Rapat kembali dikantor Kecamatan Merapi Timur, dan ketujuh perusahaan yang ada, akan membayar pada Jum’at. Tapi, setelah ditunggu tunggu oleh emak emak tak kunjung juga dibayar, hingga, akhirnya emak emak di 19 Desa Kecamatan Merapi melakukan Aksi Protes dengan menutup jalan masuk kendaraan yang ada,”

Terpancing ya emak emak sampai berujung melakukan aksi demo, diungkapkan Kartini, setelah mendengar penyataan dari salah satu perwakilan perusahaan PT PORTUNE. “Silakan saja, apa yang mau dilakukan oleh emak emak,” ucapnya menirukan kata kata Doni dari PT PORTUNE. (Din)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

Investigasi

Berita Sebelumnya

PanCe

Siape & Tuape

Jajak Pendapat

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater