Jumlah Pengunjung

dgGEREg

Download Aplikasi

VIDEO

MUSDES GERAMAT SEPAKATI PRIORITAS RKPDES TAHUN 2021

Rabu, 30-Desember-2020, 23:55


GERAMAT – Bertempat di kantor kepala desa geramat kecamatan mulak ulu bersama bpd laksanakan musyawarah desa untuk membahas rencana kerja pembangunan desa tahun anggaran 2021. Turut hadir camat mulak ulu personel polsek dan babinsa perangkat desa anggota bpd pendamping lokal desa/pld serta masyarakat setempat. Rabu (30/12/2020).

Dalam sambutannya kepala desa geramat Sapuan mengatakan,”melalui forum musdes ini kita bersama bpd menerima aspirasi masyarakat langsung terkait pembangunan desa dengan mempertimbangkan azas prioritas berbasis manpaat dan kesejahteraan masyarakat. Kemudian usulan yang masuk kita tampung untuk di sepakati bersama, untuk di tuangkan kedalam rencana kerja pembangunan desa/rkpdes tahun 2021.

Masih menurut sapuan, Dampak dari bencana nasional dengan adanya pandemi covid19/virus corona ada beberapa kegiatan pembangunan infrastruktur desa yang belum dapat di realisasikan di tahun 2020. Seperti pembangunan tebat dan jalan usaha tani. Karena pemerintah pusat melalui kemendes mengeluarkan kebijakan berupa skema bansos yang kita sebut bantuan langsung tunai dana desa/blt dd. Sebagian anggaran di prioritaskan ke blt dana desa. inilah faktor mendasar paket pekerjaan bulum dapat di realisasikan”terangnya.

Salah satu warga peserta musdes surya mengatakan, “mengingat beberapa paket pekerjaan untuk tahun 2020 tidak dapat di realisasikan dampak pandemi covid, saya usul paket pekerjaan tersebut di lanjutkan pembangunannya di tahun 2021 mengingat ini termasuk skala prioritas dan telah di sepakati di forum musdes tahun sebelumnya.

Sementara Camat Mulak Ulu Elsye Hartuti s.stp.mm mengatakan, “musdes merupakan tugas pokok dan pungsi anggota bpd untuk menampung aspirasi masyarakat. Forum musdes untuk menentukan prioritas rencana pembangunan di desa/rkpdesa.

Setelah disepakati kepala desa bersama bpd menetapkan rencana kerja pembangunan desa/rkpdes untuk menjadi apbdes tahun 2021. di harapkan pembangunan desa benar-benar melihat azas kemanpaatan keberlanjutan yang berorientasi pada kesejahteraan warga desa. Seperti sektor pemberdayaan ekonomi produktif dan kelompok kepemudaan melalui skema bumdes.peningkatan ekonomi lokal yang di dukung infrastruktur dan tata kelola pemerintahan yang baik/good govermant. Perlu di ketahui juga, pemerintah pusat menambah waktu selama 12 bulan kedepan untuk penangan dampak pandemi covid19. namun skema dan petunjuk tekhnis masih menunggu yang di keluarkan pemerintah pusat”.

Lebih lanjut Elsye mengatakan, “sebagai bentuk pembinaan dan pengawasan diminta kepada pemerintah desa tertib dalam menyusun administrasi desa. Seperti penyusunan laporan realisasi anggaran dana desa. Bersenirgi dengan elemen yang ada serta bangun kordinasi yang,baik dengan demikian akan terbangun suasana yang pemerintahan dan kehidupan masyarakat yang kondusif.

Terpantau, musdes menyepakati beberapa paket pekerjaan seperti pembangunan tebat jalan usaha tani lapangan voly ball pembasmi hama kebun dan air bersih. Giat berjalan relatif normal dan dilanjutkan penutupan musdes oleh pimpinan rapat.

SAPLIN YUNIKO

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

Investigasi

Berita Sebelumnya

PanCe

Siape & Tuape

Jajak Pendapat

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater