Objek Wisata Ribang Kemambang Dulu, Kini dan Akan Datang

Catatan, Amirah Khairunnisya

Selasa, 27-Oktober-2020, 17:19


Taman rekreasi ribang kemambang ini dahulu dikenal dengan kawasan hutan lindung dan dikembangkan pada tahun 1991 menjadi kebun binatang. Taman rekreasi ribang kemambang memiliki potensi wisata berupa, lokasi yang strategis dan luas, kolam retensi yang cukup besar, kebun binatang, duplikasi batu megalith, duplikasi humah baghi dan arena bermain yang didukung dengan banyak pepohonan sehingga menambah suasana asri. 

Keberadaan taman rekreasi ribang kemambang saat ini tak terlihat seperti lokasi berwisata. Pasalnya selain tak terawat, sarana pendukung wisata banyak yang rusak. Seperti pada bagian pintu masuk, tulisan “Taman Rekreasi Ribang Kemambang” itu sudah berlumut.  Tak hanya itu, di beberapa sudut sudah ditumbuhi semak dan sampah. Seperti pada wc umumnya dan tempat duduk. 

Padahal wisata kota yang menjadi icon warga di Bumi Seganti Setungguan ini menjadi salah satu lokasi strategis untuk bertamasya. Taman rekreasi ribang kemambang ini juga sangat cocok untuk dijadikan lokasi outbound. Tidak saja lokasinya yang dekat dengan kota, banyak pepohonan menjadi daya tarik warga untuk bersantai dan berlibur di kawasan wisata tersebut. Jika dikelola dengan baik, taman rekreasi yang juga dijadikan pusat paru-paru kota tersebut akan menarik warga dan juga wisatawan. 

Salah satu rumah satwa yang ada di lokasi kini sudah tidak terawat lagi dan juga ada yang hancur termakan usia. Pantauan di lapangan bahwasannya atap pelindung rumah satwa terlihat banyak ditumbuhi rumput belukar. Taman rekreasi ribang kemambang sebenarnya banyak menyimpan potensi wisata. Sebab di tempat ini terdapat wahana kebun binatang, bahkan sebelumnya di tempat tersebut banyak satwa asli dari Kabupaten Lahat yang dipelihara dengan baik.

Namun, kini di lokasi hanya tersisa beberapa jenis hewan saja. Seperti siamang, unggas, buaya dan ular. Bangunan di taman rekreasi ribang kemambang memang tidak semuanya rusak. Pada bangunan ini, ada beberapa bangunan yang masih layak. Seperti gedung teater. Namun, tetap saja secara keseluruhan taman rekreasi ribang kemambang ini tetap butuh perhatian dari masyarakat dan pemerintah. 

Cara pengembangan untuk taman rekreasi ribang kemambang ini yaitu dengan menggencarkan promosi seperti melalui brosur. Bisa juga melalui sosial media dengan meng-update tempat wisata ribang kemambang secara berkala serta menampilkan banyak foto dan video mengenai taman rekreasi ribang kemambang. Kita  juga dapat menyediakan web khusus untuk mengakses atau mencari informasi mengenai taman rekreasi ribang kemambang.

Agar calon pengunjung atau wisatawan dapat dengan mudah melihat taman rekreasi ribang kemambang. Sehingga nantinya diharapkan dapat menimbulkan ketertarikan dari pembaca web untuk berkunjung ke lokasi taman rekreasi ribang kemambang. Kemudian melibatkan peran serta masyarakat sekitar. Pertama, kita bisa mengenalkan pada masyarakat tentang manfaat pengembangan wisata dengan cara diadakannya sosialisasi. Agar sosialisasi ini dapat diterima dengan baik oleh masyarakat maka sebaiknya penyuluh menggunakan bahasa yang sederhana sehingga mudah dimengerti.

Kita juga bisa mengajak masyarakat sekitar untuk dapat menghasilkan sebuah produk atau oleh-oleh yang menjadi ciri khas ribang kemambang dan Kabupaten Lahat. Seperti menjual gantungan kunci, makanan khas Lahat, dan juga menyediakan stand-stand makanan untuk para pengunung. Dan yang terakhir melakukan pengelolaan atau manjemen oleh orang-orang yang memahami atau sadar akan kebutuhan wisata. 

Dalam menjalankan suatu rencana pengembangan tentunya tidak akan dapat dilaksanakan jika hanya satu elemen yang bergerak. Maka sangat dibutuhkan kolaborasi dan partisipasi aktif antara pemerintah dan masyarakat. Yang dalam hal ini, Pemerintah Kabupaten Lahat dan masyarakat sekitar lokasi taman rekreasi ribang kemambang. Kerjasama antara pemerintah dan masyarakat berguna untuk mencapai tujuan dari pengembangan tersebut. 

Manfaat dari pengembangan objek wisata ribang kemambang ini diantaranya, dapat menjadi objek wisata unggulan bagi Kabupaten Lahat. Serta dapat menjadi alternatif pemasukan bagi Pemerintah Kabupaten Lahat. Tak hanya itu, jika lokasinya menarik hingga mengundang banyak wisatawan dari luar maka akan menjadi potensi pemberdayaan masyarakat. Dari adanya pemberdayaan terhadap masyarakat sekitar tadi, maka secara otomatis hal tersebut juga akan mengurangi jumlah pengangguran yang ada di Kabupaten Lahat ***

Amirah Khairunnisya Mahasiswa Universitas Sriwijaya, Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan program studi pendidikan masyarakat, semester 3

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

PAJAR BULAN - Selasa, 23-April-2024 - 09:10

Puskes Pajar Bulan, Gelar Re – Akreditasi 

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater