Jumlah Pengunjung

dgGEREg

Download Aplikasi

VIDEO

PT Energi Era Mandiri Buka Jalan Kebun Warga Terbis

Jumat, 18-September-2020, 16:03


Lahat Sumsel – Pembukaan jalan tambang yang di duga dilakukan PT EEM (Energi Era Mandiri) didesa Lubuk Pedaro kecamatan Kikim Selatan membuat lahan perkebunan warga yang berada tidak jauh dai lokasi menjadi terbis. Ironisnya, hingga saat ini belum ada komunikasi dan itikad baik dari pihak perusahaan untuk melakukan tindakan ataupun ganti rugi.

Daud (50), warga Desa Lubuk Pedaro, Merapi Selatan mengatakan, dimana sebagian areal atau kawasan kebun karet miliknya, yang sudah selama ini diurus dan diusahakannya mesti rusak sekejap mata.

“2005 aku bekebun disini, katek masalah. Sejak perusahaan masuk tahun 2013, kebun kami jadi rusak dan jelas kami dirugikan,” ungkap Daud, saat dibincangi dan diwawancarai disekitar kebunnya Jum’at (18/9).

Adapun perusahaan dimaksud, yaitu PT Era Energi Mandiri (EEM), dimana akibat aktifitas pembukaan kawasan jalan tambangnya, menyebabkan sedikitnya sekitar 96 M2 bidang kebun karet Daud menjadi rusak, lengkap dengan puluhan pohon karetnya yang ikut rusak.

“Kondisi ini bukan dibuat buat, kondisi faktanya seperti dilapangan, dan kondisinya jelas akibat aktifitas pembukaan akses jalan tambang,” beber Daud lagi.

Kamil (29), masih saudara Daud menegaskan. Pihaknya sebenarnya pernah mengadukan hal ini ke perwakilan perusahaan, malah justru tanggapan dingin didapati, mulai dari harga ganti rugi rendah, hingga kondisi dilapangannya yang sampai saat ini hanya terkesan didiamkan saja.

“Kami ini tidak mau menjual lahan kami, hanya nak nuntut hak akibat kerugian yang ada dan ini jelas akibat ulah perusahaan,” pungkas Kamil menambahkan.

Sampai berita ini diturunkan, pihak ataupun perwakilan perusahaan sama sekali belum ada yang bisa dihubungi pasti, sesuai kebijakan dan fungsional kerjaan dan jabatannya.

“Kami hanya petugas jaga akses jalan pak, jadi dak biso komentar lebih jauh. Itu murni kebijakan pimpinan kantor pak,” pungkas BJ, seorang petugas perusahaan, yang minta namanya diinisialkan saat dijumpai dilapangan, kemarin. (Mam/tim)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT

LAHAT - Jumat, 30-Oktober-2020 - 18:50

SMP Negeri 7 Desa Ulak Mas Terbakar

selengkapnya..

MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

LAHAT - Kamis, 29-Oktober-2020 - 14:55

HMI LAHAT BAKSOS KE PANTI ASUHAN HIKMAH

selengkapnya..

Investigasi

Berita Sebelumnya

PanCe

Siape & Tuape

Jajak Pendapat

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater