Jumlah Pengunjung

dgGEREg

Download Aplikasi

Menuju Lahat Ibukota Air Terjun Se-Dunia

Oleh : M. Yanuar Anoseputra SPdI (Founder KAJAH)

Rabu, 24-Juni-2020, 07:42


Lahat – Seperti berita sebelumnya, tentang peluang Kabupaten Lahat menjadi daerah pemilik airterjun terbanyak se dunia, hal ini tentunya memiliki kelebihan yang sangat potensial untuk Kabupaten Lahat. Namun untuk mencapai itu, banyak hal yang harus dibenahi terlebih dahulu.

Mungkin banyak yang bilang ini hanyalah omong kosong, namun apa yang ditulis ini merupakan sebuah hasil kesimpulan dari pengalaman dan diskusi yang dilakukan selama mengikuti perkembangan pariwisata di Kabupaten Lahat.

Hal pertama yang harus dibenahi untuk menjadi Ibukota Air Terjun Dunia adalah akses jalan menuju airterjun. Dari 170 airterjun yang terdata oleh tim Panoramic of Lahat, banyak yang aksesnya susah dilalui. Pengunjung harus tracking jauh, dan mengeluarkan tenaga lebih untuk bisa menuju lokasi. Akses jalan ini adalah hal pertama yang ditanyakan calon pengunjung untuk berwisata, dan menjadi bahan pertimbangan yang sangat penting dalam memutuskan untuk berwisata.

Cara untuk membangun jalan ini adalah dengan sebuah sistem yang saya sebut “pembangunan pariwisata terpimpin”. Mungkin banyak yang bilang mau menggunakan investor, namun selain itu ada satu celah yang bisa kita lakukan.

Dengan sistem ini, pemerintah Kabupaten cukup melakukan koordinasi kepada seluruh Desa pemilik airterjun, melibatkan dinas terkait yaitu dinas BPMDes, Dinas PU dan Dinas Pariwisata. Untuk kompak menganggarkan Dana Desa guna pembangunan akses jalan ke lokasi airterjun. Saya optimis, akses ke airterjun akan terbuka. Saya mengetahui ini, karena saya adalah Ketua Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Pseksu pada 2018-2019.

Kota Hamilton Ontario Kanada sebagai Ibukota Airterjun Dunia saat ini, mereka sudah memiliki fasilitas jalan menuju airterjun masing-masing, dan memiliki fasilitas tersendiri juga di masing-masing airterjun. Airterjun di sana juga secara debit air sama saja dengan di Lahat. Bahkan yang tinggi 3 meter saja juga mereka data untuk dijadikan destinasi wisata. Kelebihan Lahat dari airterjun di sana adala, airterjun di Lahat lebih asri Karena dikelilingi pepohonan dan rumput yang hijau. Sedangkan di Hamilton, ada beberapa airterjun nya yang gersang.

Dengan menjadi daerah pemilik airterjun terbanyak di dunia, maka Lahat akan menjadi pusat perhatian pencinta airterjun seluruh dunia. Selama ini, orang -orang itu tidak mengetahui jika Lahat memiliki banyak airterjun. Karena di Indonesia, banyak daerah lain memiliki airterjun yang secara kualitas (ketinggian) mungkin lebih baik dari yang Lahat punya. Namun, jika Lahat berhasil, maka semua mata akan tertuju ke Lahat yang menang secara kuantitas dan secara kualitas juga tidak kalah bersaing.

Saya pernah sharing kepada beberapa orang traveler airterjun internasional yang menjelajah airterjun di Indonesia. Saya tanya, apakah tau dengan Lahat ? Memiliki 170 airterjun. Mereka rata-rata menjawab belum tahu. Termasuk di Hamilton Ontario Kanada, mereka juga kaget ketika saya bilang Lahat memiliki airterjun yang banyak juga, Mereka langsung searching informasi itu di YouTube dan Instagram untuk mencari informasi tentang airterjun di Lahat.

Selain airterjun, Lahat memang memiliki banyak sekali potensi wisata seperti wisata megalitikum, wisata kreatif, wisata pemandangan bukit, wisata sejarah, Wisata budaya, bahkan Eko wisata (namun yang ini juga belum di kembangkan). Untuk itu, promosi wisata menjadi hal yang sangat penting dilakukan oleh pemerintah, dibantu oleh para penggiat medsos, YouTuber dan seluruh lapisan masyarakat untuk mempromosikannya. Apalagi nanti jika Lahat sudah menjadi “Ibukota Airterjun Se-Dunia”.

(YAN)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

PULAU PINANG - Rabu, 12-Agustus-2020 - 20:06

Pemerima BLT Dana Desa Kuba Bertambah 39 KK

selengkapnya..

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

GUMAY TALANG - Rabu, 12-Agustus-2020 - 10:47

Pemdes Muara Tandi Salurkan BLT-DD Tahap IV

selengkapnya..

LAHAT - Selasa, 11-Agustus-2020 - 19:08

TIM RELAWAN COVID 19 BATAI AKAN DI TARIK

selengkapnya..

Investigasi

Berita Sebelumnya

PanCe

Siape & Tuape

Jajak Pendapat

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater