SDN 13 KEBAN JAYA, TEBENGKALAI DAN KOTOR PGK PRIHATIN

Minim siswa

Rabu, 17-Juni-2020, 13:53


LAHATONLINE, KEBAN JAYA- Sarana dan prasarana yang ada di sekolah, meliputi gedung sekolah dan seluruh kelengkapan yang menunjang kegiatan belajar dan mengajar. Fasilitas yang ada di sekolah menjadi salah faktor yang menunjang mutu pendidikan, jika di suatu sekolah belum memenuhi standar fasilitas yang sudah ditetapkan oleh peraturan maka secara tidak langsung tenaga pendidik akan kesulitan dalam mengmbangkan pola pembelajaran dan kegiatan-kegiatan yang memerlukan fasilitas memadai dalam pelaksanaanya.

Kondisi itu berbanding terbalik dengan salah satu sekolah dasar yang terletak di desa keban jaya kecamatan kikim selatan Kabupaten Lahat. selain lokasi Jauh dari wilayah kecamatan, Sekolah SD Negeri 13 Kikim selatan ini begitu miris melihat insfaktuktur serta faselitas penujang Lainya. serta tempat ruang belajar siswa yang Tak layak dengan jumlah murid hanya 20 siswa.

untuk itu Perkumpulan gerakan pemuda (PGK) dari terketuk hati dan terjun langsung ke lokasi untuk mengecek langsung kondisi sekolah serta tempat belajar siswa. Rabu (17/6)

Harda Billy perwakilan Perkumpulan gerakan pemuda (PGK) mengatakan mengapa hati ini tidak miris melihat kondisi pendidikan yang ada di. kabupaten lahat khusunya wilayah kikim selatan, bagaimana kualitas pendidikan mau maju apabila sarna dan faselitas sekolah sudah banyak rusak maupun tak layak untuk dipergunakan lagi.

” Ketika saya mengecek langsung kondisi gedung sekolah dan tempat belajar siswa mengapa hati ini tidak tersentuh dan sedih melihat ruangan yang banyak tak terpakai dan banyak ditemukan kotoran hewan yang berserkan serta lingkungam sekolah penuh dengan semak rumput serta kotor sampah begitu juga tempat wc umum sekolah sudah terbengkalai serta tak berfungsi lagi” paparnya.

Tambahnya Walupun muridnya sedikit tapi alangkah Baiknya jika adik adik tetap kita berikan tempat yang nyaman ketika mereka belajar dengan Fasilitas yang Baik. Bangunan Sekolah yang sepertinya tidak terurus dengan tampak dari luar rumput yang sudah sangat tinggi.

“Namun dalam hal ini , semoga pemerintah Kabupaten Lahat dapat mencarikan solusi yg baik, agar sekolah ini dapat terurus berjalan agar kedepan orang tua merasa tenang ketika menyekolahkan anaknya disini , begitupun dengan anak anak agar mereka merasa bersemangat mencari ilmu untk belajar jika memiliki ruang kelas yang bersih dan nyaman.

Sementara itu salah siswa Hendro mengatakan dikelas tiga ini hanya bertiga dan dengan kondisi rungan yang kotor dan penuh sampah membuat tidaklah yaman apa lagi atapnya bocor ketika hujan.

” kami berharap sekolah kami diperbaiki, buatlah kami yaman untuk belajar dan untuk buag air kecil dan besar kami ke sungai dikarnakan wc kami sudah rusak dan tak layak lagi,” pangkasnya

Selain itu salah seorang guru Supariyem mengatakan kondisi rumput yang sudah tinggi ini karna sudah lama tidak masuk sekolah, untuk itu kelihatan tidak terurus,dan kalau jumlah siswa hanya 20 siswa untuk itu anggaran yang di kucurkan ke sekolah lumayan kecil karna SD Negeri 13 Kecamatan kikim selatan mempunyai siswa yang sedikit dan hanya anak yang dari desa keban jaya saja yang bersekolah di sini.

” iya beginilah kondisi sekolah kami, gedung yang banyak tak terpakai dan rusak karna minim siswa, kalau kami sebagai guru hanya meberikan pelajaran kepada siswa dan memeberikan semangat kepada siswa agar tetap mau sekolah meskipun keadaannya begini” terangnya (Ar3)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

PAJAR BULAN - Selasa, 23-April-2024 - 09:10

Puskes Pajar Bulan, Gelar Re – Akreditasi 

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater