Jumlah Pengunjung

dgGEREg

Download Aplikasi

GRPK Ingatkan Pemkab Lahat Untuk Tegas Terhadap Usaha Sarang Walet Ilegal

Selasa, 7-April-2020, 23:55


Lahat – Dugaan kuat usaha sarang burung walet tanpa izin di Kabupaten Lahat, membuat LSM Gerakan Rakyat Peduli Keadilan (GRPK) berang dan meminta agar Satpol PP Lahat terjun langsung memeriksa.

Diungkapkan Ketua GRPK Lahat, Saryono Anwar, dirinya berkeyakina penangkaran burung walet di Kota Lahat banyak yang ilegal dalam hal perizinan. Baik izin usaha maupun izin limbah dari kotorannya.

“Kami dari Gerakan Rakyat Peduli Keadilan (GRPK) dengan adanya penangkaran sarang Burung Walet di Kota Lahat, kami meminta dengan keras kepada Pemkab Lahat, dalam hal ini Satuan Polisi Pamong Praja untuk mengecek langsung ke tempat penangkar di Kota Lahat ini khususnya. Karena kami menduga tidak ada surat izin sama sekali, termasuk izin sarang burung walet dan izin limbah burung walet,” ujar Saryono Anwar. Selasa (07/04/2020).

Lebih lanjut Saryono Anwar menambahkan, jika memang ada ditemukan penangkaran tidak memiliki izin, maka lebih baik ditutup saja usahanya.

“Maka dengan demikian, kami selaku kontrol sosial, meminta kepada Satuan Pol PP untuk sesegera mungkin untuk menindaklanjuti apa yang kami sampaikan ini. Karena kami duga sama sekali tidak ada ijin. Bahkan sebagai penegak atau pengontrol peraturan daerah Kabupaten Lahat, Sat Pol PP segera menutup penangkaran sarang burung walet yang tidak ada izin sama sekali,” lanjutnya.

Saryono juga mengatakan, beberapa instansi juga harus berperan dalam menangani perihal penangkaran walet. Baik dari Dinas Perizinan, Dinas Lingkungan Hidup, dan Juga Dinas Kesehatan.

“Dulu saya pernah juga menjadi Ketua Pansus penangkaran burung walet. Jadi pada saat itu tidak ada kejelasan hasil penangkaran, apalagi harganya. Yang kita khawatirkan juga dampak lingkungan dari kotoran burung walet. Baik limbah dari kotorannya dan efek kesehatan yang ditimbulkannya,” tegas Saryono Anwar.

Sementara itu, Kasat Pol PP Lahat, Pauzan Khoiri, AP, MM berujar bahwa dalam waktu dekat akan mengajak duduk bersama dengan pengusaha sarang walet di Kota Lahat.

“Insyaallah dalam waktu dekat kami akan adakan pertemuan dengan dinas terkait dan pengurus asosiasi walet dan para pengusahanya. Kita akan ajak diskusi mencari solusi,” ucap Pauzan Khoiri saat dikonfirmasi.

(Aan LO)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

KIKIM BARAT - Kamis, 04-Juni-2020 - 23:50

DPRD LAHAT DAVIL V ADAKAN RESES DI PT SMS

selengkapnya..

GUMAY TALANG - Kamis, 04-Juni-2020 - 22:03

Kades Tanah Pilih Tak Lakukan Nepotisme BLT

selengkapnya..

KIKIM BARAT - Kamis, 04-Juni-2020 - 19:01

MEKAR JAYA SALURKAN BANTUAN BLT DD

selengkapnya..

GUMAY TALANG - Kamis, 04-Juni-2020 - 19:00

Sugih Waras Salurkan BLT Tahap Kedua 38 KK

selengkapnya..

GUMAY TALANG - Kamis, 04-Juni-2020 - 18:05

Pemdes Muara Tandi Salurkan BLT Tahap Ke Dua

selengkapnya..

Investigasi

Berita Sebelumnya

PanCe

Siape & Tuape

Jajak Pendapat

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater