Jumlah Pengunjung

dgGEREg

Download Aplikasi

Pakar Hukum & Akademisi Apresiasi Sidang Online PN Lahat

Selasa, 31-Maret-2020, 17:36


P

LAHAT – Sidang Perkara -perkara pidana di pengadilan negri Lahat mulai digelar jarak jauh semetra waktu guna mengantisipasi wabah pandemi virus corona covid-19. Persidangan berlangsung pada hari, selasa, (31 Maret 2020).

Itu dilaksanakan di ruang sidang utama PN Lahat dengan menyediakan 22 berkas perkara yang berasal dari ke jaksaan negri Lahat dengan rincian 14 berkas pembacaan dakwaan dan pemeriksaan saksi-saksi, tuntutan 5. Pembelaan terdakwa 1 dan putusan 2.

Juru bicara Pengadilan Negri Lahat Dicky Syarifudin SH MH, menjelaskan bahwa palaksaan sidang jarak jauh ini juga manesfitasi dan pelaksanaan surat edaran Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2020 (SEMA) tentang jam kerja dan pelayanan Mahkamah Agung dan badan peradilan di bawahnya.

“Sebenarnya sidang jarak jauh atau telekonfensi dengan menggunakan aplikasi Zoom Meeting itu sudah kita laksanakan sejak hari Kamis 26 Maret Minggu lalu. Di mana pada perkara- perkara yang berasal dari wilayah hukum Zittingplaalts Kabupaten Empat Lawang kita sidangkan secara bergantian dengan posisi para terdakwa yang berjumlah 15 orang itu tetap berada di Lembaga pemasyarakatan Empat Lawang, sementara penuntut umum, Majelis Hakim dan panitera penggantinya berada di ruang sidang yang terbuka untuk umum di gedung Pengadilan Negri Lahat” Urai Dicky.

Dicky menambahkan, proses persidangan jarak jauh ini bisa terleksana berkat kordinasi dan kerjasama yang baik, antara pimpinan lembaga, yakni Ketua PN Lahat, Kepala Kejaksaan Negri Lahar, Kepala Kejaksaan Negri Empat Lawang, Kalapas Lahat dan Kalapas Empat Lawang.

“Juga tentu berķat komonikasi teman-teman jaksa, kasi pidum, dan hakim-hakim serta para putas lapas yang berada di lapangan yang berhadapan langsung dengan keterbatasan kendala sarana dan prasarana yang ada, tetap bisa melaksanakan proses persidangan dengan baik,” papar hakim muda yang enerjik ini.

Sementara itu, Kepala seksi tindak pidana umum Kasi Pidum kejaksaan Negri Empat Lawang, Andrianto Budiman, SH meyampaikan ucapan terima kasih, kepada semua pihak untuk pelaksanaan sidang jarak jauh untuk perkara-perkara dari Kabupaten Empat Lawang.

Dihubungi terpisah, pakar hukum sekaligus akademisi UIN Raden Fatah Palembang Dr, Muhammad Sadi Is. SH, MH, menyamapaikan, apresiasi atas pelaksanaan sidang jarak jauh atau online di PN Lahat.

“Hal tersebut telah sesuai dengan atas peradilan cepat, sederhana dan berbiaya ringan. Sebelumnya KUHAP juga membuka ruang untuk itu, yakni dengan adanya peradilan in absentia. Dan sekarang Mahkamah Agung juga sebenarnya kan telah menertibkan aturan e Court dengan perma Nomor 3 Tahun 2018,” Ujar akademisi yang rajin menulis ini.

Sadi menambahkan, ia sangat mendukug langkah Mahkamah Agung dan pengadilan Negri Lahat, untuk melaksanakan sidang online karena era 4.0. ini merupakan momentum dan langkah awal yang tepat, karena selain praktis juga sidang online ini melindungi para hakim dan jaksa apabila ada pihak-pihak yang marah dan tidak menerima dengan putusan pengadilan.

Pendapat senada disampaikan Ari Bakti Windi Aji, juga akademisi UIN Raden Fatah, yang juga mendukung penuh pelaksanaan sidang online. Menurutnya hal ini merupakan terobosan baru yang baik, responsif dan juga inovatif. Program tersebut memang sudah sesuai regulasi dengan dasar Parma No 1 Tahun 2020.

“Sidang online tersebut sangat menguntungkan masyarakat pencari keadilan, karena bila pelayanan publik atau lembaga peradilan ditutup, masyarakat akan kebingungan ke mana akan mencari keadilan. Bukankah keadilan harus tetap ditegakkan meskipun langit akan runtuh? Maka untuk itu melindungi kepentingan semua pihak dalam mencari keadilan, saat ini sidang online adalah hal yang tepat,” Pungkas Aji dengan semangat dan berapi-api.

(TAHRIM)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

KIKIM BARAT - Kamis, 04-Juni-2020 - 23:50

DPRD LAHAT DAVIL V ADAKAN RESES DI PT SMS

selengkapnya..

GUMAY TALANG - Kamis, 04-Juni-2020 - 22:03

Kades Tanah Pilih Tak Lakukan Nepotisme BLT

selengkapnya..

KIKIM BARAT - Kamis, 04-Juni-2020 - 19:01

MEKAR JAYA SALURKAN BANTUAN BLT DD

selengkapnya..

GUMAY TALANG - Kamis, 04-Juni-2020 - 19:00

Sugih Waras Salurkan BLT Tahap Kedua 38 KK

selengkapnya..

GUMAY TALANG - Kamis, 04-Juni-2020 - 18:05

Pemdes Muara Tandi Salurkan BLT Tahap Ke Dua

selengkapnya..

Investigasi

Berita Sebelumnya

PanCe

Siape & Tuape

Jajak Pendapat

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater