Jumlah Pengunjung

dgGEREg

Download Aplikasi

VIDEO

TERKAIT CORONA, POLRES LAHAT SOSIALISASI HIMBAUAN KAPOLRI

Senin, 23-Maret-2020, 18:59


LAHAT – Hari ini Kepolisian Resort Lahat, memasang dan menyebarkan pamlet Himbauan antisipasi penyebaran Virus Corona di tempat tempat Strategis dan di pusat Keramaian, Senin (23/3/2020)

Kapolres Lahat AKBP. Irwansyah, SH., CLA., melalui Kasubbag Humas Polres Lahat Iptu Hidayat, mengatakan “Kapolri Jenderal Pol Idham Azis sudah mengeluarkan maklumat agar personelnya mulai melakukan penertiban bagi orang yang masih berkumpul atau mengadakan acara di tengah wabah virus corona COVID-19. Pelanggarnya terancam penjara 1 tahun”

Kasubbag Humas Polres Lahat Iptu Hidayat, menjelaskan bahwa polri berhak menindak setiap orang yang melanggar dengan dasar 3 pasal sekaligus dengan ancaman penjara maksimal satu tahun.

“Akan diproses hukum dengan Pasal 212 KUHP, barangsiapa yang tidak mengindahkan petugas yang berwenang yang melaksanakan tugas bisa untuk kepentingan bangsa dan negara, dipidana.

Berikut bunyi 3 pasal yang digunakan polisi dalam menjerat warga bandel yang melawan saat dibubarkan tersebut:

Pasal 212 KUHP yakni barang siapa dengan kekerasan atau ancaman kekerasan melawan seorang pejabat yang sedang menjalankan tugas yang sah, atau orang yang menurut kewajiban undang-undang atau atas permintaan pejabat memberi pertolongan kepadanya, diancam karena melawan pejabat, dengan pidana penjara paling lama 1 tahun empat bulan atau pidana denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah.

Terpisah Ketua Lembaga Bantuan Hukum Lahat (LBH LAHAT), selain pasal 212 KUHP, bisa ditambahkan dengan pasal 216 dan pasal 218 KUHP, katanya

TERKAIT ANTISIPASI SEBARAN VIRUS CORONA, STRONGKENG CAFE : “KAMI TAAT”

Pasal 216 ayat (1) yakni Barang siapa dengan sengaja tidak menuruti perintah atau permintaan yang dilakukan menurut undang-undang oleh pejabat yang tugasnya mengawasi sesuatu, atau oleh pejabat berdasarkan tugasnya, demikian pula yang diberi kuasa untuk mengusut atau memeriksa tindak pidana; demikian pula barang siapa dengan sengaja mencegah, menghalang-halangi atau menggagalkan tindakan guna menjalankan ketentuan undang-undang yang dilakukan oleh salah seorang pejabat tersebut, diancam dengan pidana penjara paling lama empat bulan dua minggu atau pidana denda paling banyak sembilan ribu rupiah.

Pasal 218 KUHP yakni Barang siapa pada waktu rakyat datang berkerumun dengan sengaja tidak segera pergi setelah diperintah tiga kali oleh atau atas nama penguasa yang berwenang, diancam karena ikut serta perkelompokan dengan pidana penjara paling lama 4 bulan dua minggu atau pidana denda paling banyak sembilan ribu rupiah.

Diketahui dalam maklumat Kapolri itu, secara rinci dijelaskan beberapa kegiatan yang dilarang selama virus corona masih mewabah di Indonesia di antaranya; pertemuan sosial, budaya, keagamaan dan aliran kepercayaan dalam bentuk seminar, lokakarya, sarasehan dan kegiatan lain yang sejenis.

(TAHRIM)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

PULAU PINANG - Jumat, 18-September-2020 - 19:12

Desa Jati Bagikan BLT Dana Desa Tahap V dan VI

selengkapnya..

PULAU PINANG - Jumat, 18-September-2020 - 19:12

Lubuk Sepang Bagikan BLT Dana Desa Tahap Akhir

selengkapnya..

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI

MULAK SEBINGKAI - Jumat, 18-September-2020 - 17:47

Camat Mulak Sebingkai Lantik Pegawai Eslon IV

selengkapnya..

TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG

MULAK SEBINGKAI - Jumat, 18-September-2020 - 17:29

Desa Talang Berangin Lakukan Titik Nol

selengkapnya..

MULAK SEBINGKAI - Jumat, 18-September-2020 - 16:49

Pemdes Talang Berangin, Bagikan BLT-DD & 1000 Masker

selengkapnya..

GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

MERAPI SELATAN - Jumat, 18-September-2020 - 16:03

PT Energi Era Mandiri Buka Jalan Kebun Warga Terbis

selengkapnya..

LAHAT - Kamis, 17-September-2020 - 20:42

PASIEN COVID-19 DI LAHAT TERUS MELONJAK

selengkapnya..

Investigasi

Berita Sebelumnya

PanCe

Siape & Tuape

Jajak Pendapat

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater