Lomba Desa, Pagar Ruyung Wakil Kecamatan Kota Agung

Rabu, 19-Februari-2020, 16:01


Pagar Ruyung, Lahatonline.com – Dikomandoi Agus Santoso, SH MM yang juga Sekretaris Dinas PMD Kabupaten Lahat, bersama tim penilai lomba desa tingkat kabupaten tahun 2020 menyambagi desa Pagar Ruyung kecamatan Kota Agung.

Tim Penilaian Lomba Desa hadir dalam rangka melakukan untuk penilaian lomba desa, sekaligus dilakukan klarifikasi secara langsung di lapangan.

Agus Santoso dalam sambutan pembukaan menyampaikan bahwa kehadiran rombongam tim untuk melakukan tahapan penilaian lomba desa.

“Klarifikasi lapangan bertujuan untuk melakukan kroscek data dan kelengkapan administrasinya. Dengan begitu, nantinya akan terlihat tolak ukur indikator keberhasilannya selama pembangunan. Seorang Kepala desa itu harus memahami permasalahan di desa, dan solusi apa dari permasalahannya,” sampainya, Rabu (19/1).

Dia juga menyampaikan permohanan maaf atas ketidakhadiran Bupati Dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), mereka tak bisa hadir karena tugaa lain yang tak bisa diwakilkan.

“Bersama tim penilai kami akan melakukan penilaian lomba desa Tahun 2020,  jadi kalau pun sudah disambut tentu sebuaj kebanggan. Hanya jangan diartikan bahwa hal ini akan berpengaruh pada penilaian,” kata Agus.

Usai pembukaan semua tim langsung melakukan penilaian masing-masing. Dalam prlaksanaanya penilaian mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 81 tahun 2015 tentang Evaluasi Desa dan Kelurahan serta perlombaan desa dan kelurahan.

Indikator penilaiannya sendiri terdiri dari tiga variabel utama, yakni di bidang pemerintahan, kewilayahan dan bidang kemasyarakatan.

Sedangkan Camat Kota Agung Marsi SE MM menjelaskan penilaian untuk aspek bidang Pemerintahan meliputi kependudukan, administrasi Pemerintah Desa (Pemdes), keamanan dan ketertiban, tata kelola keuangan, pendidikan, kesehatan, inovasi dalam mengembangkan potensi desanya.

“Sedangkan aspek kewilayahan, diantaranya pemetaan rawan bencana dan konflik, luas dan batas-batas wilayah, adapun asfek dibidang kemasyarakatan mencakup keaktifan PKK, kegiatan keagamaan atau peran serta masyarakat dalam pembagunan di desa dan peran BUMdes dalam meningkatkan pendapatan APBdes,” jelasnya.

Kegiatan ini juga menjadi saranan dalam mengevaluasi agar diketahui desa masuk kriteria apa desa tersebut, apakah desa terbelakang, sedang berkembang atau desa maju yang mana akan diperlakukan berbeda sesuai kriteria tersebut.

Jika masuk zona desa terbelakang maka akan dilakukan pemdampingan atau pembinaan agar jadi lebih baik, dan jika masuk kategori desa maju maka akan diberikan reward dan didorong untuk diikutkan dalam setiap lomba baik tingkat provinsi maupun nasional.

Selain itu lanjutnya, juga untuk mengetahui kinerja Pemdes selama kurun waktu dua tahun dalam membangun dan mensejahterahkan warga desanya.

Sementara itu Atra Muliadi, Kepala Desa Pagar Ruyung menguraikan apakah disiapkan sudah sesuai dengan program kerja yang telah dirumuskan.

“Kalau pun berhasil tentu sebuah kebanggaan, bila belum tentu menjadi motivasi untuk lebih baik lagi. Berharap jadi juara tentu saja, hanya kita bisa lihat hasil penilaiannya nanti,” urainya

Atra berharap dengan adanya lomba desa ini, masyarakat dan aparat desa lebih bersinergi dan bersama-sama menyukseskan kegiatan kegiatan dan program desa yang ada,” urainya.

Penulis : Indi Sirani | Editor : Indi

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

PAJAR BULAN - Selasa, 23-April-2024 - 09:10

Puskes Pajar Bulan, Gelar Re – Akreditasi 

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater