Jumlah Pengunjung

dgGEREg

Download Aplikasi

VIDEO

SOSIALISASI PENCEGAHAN TINDAK KEKERASAN TERHADAP ANAK USIA DINI BERSAMA KPAI PUSAT

Jumat, 24-Januari-2020, 22:14


LAHAT – Ketua TP. PKK Lahat Lidyawati Cik Ujang, S.Hut membuka secara langsung kegiatan Sosialisasi Pencegahan Tindak Kekerasan terhadap Anak Usia Dini bertempat di Gedung PKK Kabupaten Lahat, Kamis 23/1. Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Ketua I TP PKK Lahat Hj. Sumiati Haryanto, S.Pd, Wakil Ketua II TP. PKK Lahat Fitri Kamilia, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Narasumber Sekretaris KPAI Pusat Erlinda, M.Pd, Anggota Pengurus TP. PKK Lahat serta Guru PAUD dan TK seKabupaten Lahat.

Maraknya pemberitaan mengenai banyaknya kasus pelecehan seksual terhadap perempuan dan anak – anak, selaku Ketua TP. PKK dan Bunda PAUD Kabupaten Lahat merasa sangat prihatin atas kejadian yang menimpa anak – anak yang tidak berdosa. Pada kesempatan tersebut, kepada ibu Erlinda, M.Pd selaku Sekretaris KPAI Pusat untuk dapat memberikan arahan serta solusi bagaimana cara pencegahan tindak kekerasan terhadap anak usia dini.

Karena banyaknya kejadian kekerasa dan pelecehan seksual yang menimpa anak – anak usia dini, maka pihaknya mengajak pendidik PAUD untuk dapat bekerja sama, baik dengan orang tua, lingkungan dan pemerintah dalam menjaga anak – anak agar terhindar dari kekerasan fisik maupun pelecehan seksual, karena anak merupakan aset bangsa yang harus dilindungi dan dijaga.

Bahkan ironinya secara internal telah runtuhnya moralitas keluarga yang mendorong terjadinya pelecehan seksual yang dilakukan oleh orang – orang terdekat.
Ketua TP. PKK Kabupaten Lahat Lidyawati Cik Ujang, S.Hut mengatakan bahwa, pihaknya mengajak guru PAUD dan Taman Kanak – kanak untuk hadir dalam kesempatan tersebut, karena mereka sering berinteraksi langsung dengan orang tua siswa, maka dengan itu sudah selayaknya kita semua mulai dari orang tua, keluarga, pihak sekolah dan seluruh komponen masyarakat dan pemerintah untuk menyatukan langkah, menyikapi kejadian – kejadian yang terus berulang dan meningkatnya tindak kekerasan dan pelecehan seksual terhadap anak.

Dengan itu, maka guru PAUD dan TK inilah kita menyatukan persepsi untuk mencegah tindak kekerasan terhadap anak, khususnya dilingkungan sekolah dan keluarga, sehingga hak – hak anak untuk dapat tumbuh dan berkembang serta mendapatkan perlindungan dari segala bentuk kekerasan, ekspolitasi dan deskriminasi.

Hari ini ada dari KPAI Pusat membantu kita, menjelaskan tentang pencegahan seksual dan kekerasan terhadap anak. Ini juga ada kaitannya untuk mendapatkan predikat Kabupaten Layak Anak, dengan ada banyak aturan – aturan yang harus dipenuhi. Dengan itu, pihaknya mohon bantuan dari semua bunda paud, agar anak – anak kita di sekolah di paudnya itu ada tempat – tempat yang memang untuk anak dan terawasi. Jangan sampai seperti di daerah lain, ada anak yang menjadi korban pelecehan seksual disekolahnya yang dilakukan oleh satpamnya didalam wc. Pihaknya juga meminta selalu untuk tenaga kerja yang ada di sekolah, baik laki – laki maupun perempuan untuk selalu dibimbing melakukan hal – hal yang baik terhadap anak – anak,”tuturnya.

“Alhamdulillah, dengan kedatangan ibu Erlinda KPAI Pusat, ibu Nurlela Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, tadi kita berbicara KPAI kita di daerah di tutup, nanti rencananya dengan ibu Nurlela akan kita laporkan kepada Bupati Lahat bagaimana caranya agar kita punya lagi, karena ada beberapa kasus yang terjadi di daerah kita seperti pelecehan terhadap anak dapat kita cegah jangan sampai ada lagi korban di daerah kita, sebelumnya ada kasus yang terjadi alhamdulillah sudah selesai,”tuturnya

Dilanjutkan dengan tips dan trik mencegah dan menghadapi tindak kekerasan serta pelecehan seksual terhadap anak yang diberikan oleh narasumber dari KPAI Pusat yaitu ibu Erlinda, M.Pd serta Tanya jawab kepada peserta sosialisasi.

Kominfo Lahat

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

PAGAR ALAM Rabu, 21-Oktober-2020 - 23:21

SRI MELIYANA BANTU PAGARALAM THERMOGUN

selengkapnya..

TANJUNG SAKTI PUMI - Rabu, 21-Oktober-2020 - 16:26

ARIEF DAN EDI, WARGA MASAM BULAI KREATIF BONSAI KELAPA

selengkapnya..

Investigasi

Berita Sebelumnya

PanCe

Siape & Tuape

Jajak Pendapat

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater