PKK DESA SIDOMAKMUR BENTUK KELOMPOK DESA WISMA

Minggu, 12-Januari-2020, 18:51


LAHATONLINE, sidomakmur – Berbagai program kreatif, inovatif serta positif yang akan di laksanakan didesa sidomakmur kecamatan kikim barat, maka PKK desa sidomakmur mebentuk program Salah satunya adalah program pembentukan kelompok dasa wisma.

“Dengan kita bergabung dalam kelompok dasa wisma ini banyak sekali manfaatnya, dari pada kita ibu ibu hanya ngerumpi,” kata kepala desa sidomakmur ahmadi,Minggu (12/1)

Diungkapkannya, dasa wisma sendiri adalah kelompok yang terdiri dari 10 -20 Kepala keluarga didalam satu RT, diketuai oleh salah seorang ketua kelompok yang dipilih diantara 10-20 Kepala keluarga tersebut. Kegiatannya diarahkan pada peningkatan kesehatan keluarga. Bentuk kegiatannya seperti arisan PKK, pembuatan jamban, sumur, pengembangan dana sehat (pengobatan ringan, membangun sarana sampah dan kotoran).

“ Dasa wisma ini merupakan miniaturnya (unit terkecil) PKK” jelasnya.

Ditambahkannya, kelompok dasa wisma ini dibentuk di lingkungan tempat tinggal penduduk didalam satu wilayah RT. Pembentukan dan pengangkatan pengurusnya ditetapkan dengan SK Ketua TP. PKK Desa/ Kelurahan atas usul ketua Kelompok PKK RT melalui ketua kelompok RW yang bersangkutan dengan persetujuan Pembina ( Kades) setempat.

“Dasa wisma merupakan ujung tombak pelaksanaan 10 Program Pokok PKK dengan pemerintah sebagai mitranya” pungkasnya

Sementara itu, Camat Plt camat kikim Barat Dsrwis Salim SE MM mengakui besarnya manfaat bagi masyarakat setempat dengan dibentuknya kelompok dasa wisma di lingkungan RT.

“Dengan adanya kelompok dasa wisma dapat membantu pemerintah dalam pendataan keluarga diantaranya pendataan jumlah ibu hamil, jumlah bayi yang baru lahir maupun balita dan anak-anak yang menderita kekurangan gizi” ungkapnya

Menurutnya, selain hal tersebut masih banyak lagi manfaat yang dapat dipetik dengan keberadaan dari dasa wisma tersebut. Pangkasnha (Ar3)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

PAJAR BULAN - Selasa, 23-April-2024 - 09:10

Puskes Pajar Bulan, Gelar Re – Akreditasi 

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater