Jalan Rusak, Masyarakat Tuntut Perusahaan Buat Jalan Sendiri

Minggu, 24-November-2019, 23:13


LAHAT ONLINE, SUKA MAKMUR – Pasca hujan yang mulai mengguyur Kabupaten Lahat akhir akhir ini, mengakibatkan beberapa akses menuju desa sulit untuk di lintasi. Salah satunya jalan menuju Desa Suka Makmur SP 3 Palembaja.

Tekstur jalan yang masih tanah, mengakibatkan jalan layaknya kubangan kerbau, lumpur lumpur yang ada di jalan tersebut jelas menyulitkan para pengguna jalan. Kendati di sekitar desa tersebut terdapat perusahaan besar, namun sangat minim kontribusi untuk jalan tersebut.

“Jalan ini jalan umum, tapi menjadi lintas pengangkut hasil alam PT Lonsum. Kami tak masalah di lintasi oleh angkutan PT Lonsum, tapi harusnya mereka perbaiki jalan ini, biar sama sama enak. Kalau cuma mobil mobil kecil yang lewat, tentu tak akan rusak seperti ini,” ujar salah satu masyarakat sekitar, Syarif.

Karena itu, dirinya berharap agar Pemerintah Daerah, mendesak pihak perusahaan yang melintasi jalan ini untuk memperbaikinya, karena warga pengguna jalan yang menjadi korban rusaknya jalan tersebut.

“Kami juga berharap, ada kepastian hukum atas jalan ini. Apakah ini jalan umum, atau jalan khusus perusahaan sawit. Karena setau kami ini jalan umum, sebab lebih dahulu ada jalan ini ketimbang perusahaan sawit,” tandasnya.

Sementara itu, masyarakat lainnya, Suwandi berpendapat dengan adanya pemerintah desa dan BPD, harusnya merekalah yang punya kewajiban untuk menyampaikan ke pihak terkait, karena kita sdh memilih mereka untuk mewakili masyarakat jika ada permasalahan.

“Kalau jalan transmigrasi adalah jalan kabupaten, tidak ada hubungannya dengan PT, dan seharusnya PT buat jalan sendiri untuk keperluannya. Apalagi sudah lebih 20 tahun mereka beroprasi di jalan kabupaten. Kita tidak perlu meminta pihak PT untuk peduli, lebih baik mereka tidak mengunakan jalan transmigrasi, urusan jalan adalah tanggung jawab Pemda Lahat,” katanya. (Ar3/22)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

PAJAR BULAN - Selasa, 23-April-2024 - 09:10

Puskes Pajar Bulan, Gelar Re – Akreditasi 

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater