KEMARAU, DAUN KOPI DI DESA INI MENGUNING

Minggu, 17-November-2019, 21:16


LAHAT ONLINE, TALANGPADANG TINGGI – Musim kemarau yang tidak berkesudahan, menyebabkan daun kopi di Desa Talangpadang Tinggi Kecamatan Pajarbulan kuning dan menggulung.

Seperti diungkapkan David Amral, salah seorang petani di desa tersebut, kondisi daun kopi tidak segar, akibat terlalu banyak terkena sinar matahari.

“Kondisinya memprihatinkan, karena terlalu banyak terpapar sinar matahari. Apalagi cuaca di desa ini cukup panas,” kata dia, Minggu (17/11).

Lanjut dia, sebagian besar kondisi kebun kopi di desa tersebut sama. Hal itu juga diperparah dengan jarangnya turun hujan.

“Terakhir hujan beberapa pekan yang lalu, namun tidak terlalu lebat. Tanah di sini ikut kering, dan berdebu. Itu juga yang membuat pohon kopi jadi tidak bagus,” ujarnya.

Sementara itu, Yongki petani lainnya menuturkan, hal lainnya yang menyebabkan pohon kopi memburuk yakni musim angin kencang, yang merobohkan pohon pelindung.

“Pohon pelindung banyak mati, akibatnya roboh. Kebun disini tanpa pelindung, maka matahari akan langsung mengenai daun kopi, jadinya kuning,” pungkasnya. (rpw).

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

PAJAR BULAN - Selasa, 23-April-2024 - 09:10

Puskes Pajar Bulan, Gelar Re – Akreditasi 

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater