Tahun Depan, Fokus Benahi Embung Desa Sebagai Musdes

Senin, 7-Oktober-2019, 21:00


LAHAT ONLINE, GERMIDAR ILIR – Desa Germidar Ilir tahun ini telah mendapatkan bantuan dari Kemendes untuk di terapkan di pembenahan embung desa, Senin (7/10).

Kepala Desa (Kades) Germidar Ilir, Efranidi membenarkan hal tersebut. Menurutnya, embung desa yang bernama tebat dayang rindu tersebut merupakan tebat milik desa dan sudah di benahi sebelumnya dengan mengunakan dana desa.

“Sebelumnya kita mendatangkan alat berat, namun karena tekstur tanah terlalu lembek, saat ini kami tengah menambal pematang dengan tanah sebelum nanti di tahun depan kita bangun tembok penahan dengan menggunakan dana desa,” ujarnya.

Lebih lanjut, Efran menegaskan bahwa di tahun depan dirinya akan fokus membenahi embung desa sebagai Bumdes, terlebih pengurus Bumdes sudah terbentuk.

“Dengan adanya embung tersebut, pertama nanti akan di lepas bibit ikan dan dibuat pemancingan untuk umum yang dikelola oleh Bumdes sebagai PAD desa. Selain itu, embung tersebut bermanfaat bagi pemilik lahan sawah yang dapat teraliri sawah sawah yang kering,” tandasnya.

Sementara itu, Camat Pagar Gunung, Iskandar Jumaldi SE menyambut baik wacana tersebut, karena di Kecamatan Pagar Gunung belum ada Bumdes seperti itu.

“Tentu jika dikelola dengan baik, wacana Bumdes Desa Germidar Ilir ini sangat menjanjikan dan bisa menjadi PAD jangka panjang nantinya,” katanya. (Ir22)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

PAJAR BULAN - Selasa, 23-April-2024 - 09:10

Puskes Pajar Bulan, Gelar Re – Akreditasi 

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater