NCW Endus Dugaan Korupsi 22 Paket Proyek Jalan dan Irigasi di PUPR Lahat

Jumat, 13-September-2019, 18:54


LAHAT – Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) National Corruption Wacth (NCW) Lahat mengancam melaporkan dugaan tindak pidana korupsi dan persekongkolan 18 paket proyek Jalan dan 4 paket proyek di Dinas Pekerjaan Umum, dan Tata Ruang, Kabupaten Lahat tahun 2019 senilai Rp 66 miliar lebih , ke Kejaksaan dan Kepolisian.
“Ini adalah bentuk tanggung jawab kami. Dan, jika memang di situ ada pelanggaran pidana korupsinya, tugas kami melaporkan ke pihak yang berwajib,” ujar Ketua NCW Lahat , Dodo Arman , Jumat 13/09/2019.

Dodo mengatakan, kasus dugaan penyimpangan dan 18 paket proyek Jalan dan 4 paket proyek Irigasi di Dinas Pekerjaan Umum, dan Tata Ruang, Kabupaten Lahat ini terdapat indikasi tindak pidana korupsinya sehingga sangat layak dilaporkan ke aparat hukum, . “Kasus ini ada indikasi kerugian negaranya, sehingga sangatlah wajar bila kasus ini dibawa ke ranah Tipikor,” tegas dia.

Apalagi kata Dodo , dalam proses lelang 18 paket proyek Jalan dan 4 paket proyek Irigasi tersebut diduga kuat ada rekayasa yang dilakukan oleh oknum Kepala Unit Layanan Pengadaan (ULP) dan Pokja Lelang Proyek Kontruksi pada Dinas Pekerjaan Umum, dan Tata Ruang, Kabupaten Lahat tahun 2019.

Dodo menyebutkan, pihaknya akan segera menyerahkan dokumen serta laporannya tersebut ke Kejaksaan dan Kepolisian secara resmi dan tertulis. ‘’Kita akan kawal kasus ini, begitu laporan telah diserahkan Penegak hukum, 2 Paket Jalan sudah kita laporkan Minggu Lalu tinggal menunggu proses selanjutnya,’’ tegasnya.

Lebih lanjut, Dodo mengatakan dalam proses pelaksanaan pekerjaan terkesan kuat adanya dugaan pekerjaan tidak sesuai dengan spesifikasi teknis dan dukumen kontrak serta dikerjakan asal asalan, dimulai dari matrial atau agregat yang digunakan tak sesuai Rencana Anggran Biaya (RAB) yang tercantum dalam kontrak hingga ada nya dugaan pengurangan mutu bahan, mengurangi volume pekerjaan dll.

‘’Hasil pengamatan di lapangan kami, dari seluruh paket yang kami laporkan kontraktor atau pelaksana proyek dalam pelaksanaan pekerjaan tidak sesuai gambar dan RAB, dimulai dari matrial tidak sesuai peruntukan, pengurangan volume besi, sampai ke pengurangan volume bahan dan pekerjaan “ Ungkapnya.

Bahwa dari hasil Investigasi dan temuan terhadap 18 paket proyek Jalan dan 4 paket proyek Irigasi Diduga kuat telah terjadi indikasi/dugaan penyimpangan pada Pelaksanaan Pekerjaan, Pengelolaan, Pertanggungjawaban Pekerjaan, Penyalahgunaan Wewenang dan Manipulasi Data . Sehingga adanya unsur perbuatan melawan hukum serta mengakibatkan kerugian negara.

‘’Hal ini mengindikasikan pekerjaan18 paket proyek Jalan dan 4 paket proyek Irigasi tersebut sudah ada unsur merugikan keuangan negara dan layak kita laporkan” Tandas Dodo Lagi..

Ketika dikonfirmasi infoaktual.co.id 2 kali pagi dan soreh via telepon selularnya hari Jumat 13/09/2019 ahirnya Kepala Dinas PUPR Lahat, Ir. Mirza Ashari,MM soreh berhasil dihubungi dan mengatakan PUPR Lahat tetap melakukan pengawasan dan menagmbil tindakan terkait konfirmasi dan laporan NCW Lahat.

“Saya Sebagai kepala Dinas PUPR Lahat tetap melaksanakan pengawasan terkait konfirmasi dan laporan LSM NCW, saya sudah perintahkan PPTK dan pengawas untuk menindak lanjuti setiap laporan yang masuk dan cek kelapangan, kalau terbukti ada temuan segera dibenahi” jawab Kepala dinas yang dikenal tegas dan konsiten terhadap pekerjaan dan bawahan ini.

Editor : Edo

Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT - Senin, 14-Oktober-2019 - 12:14

Zubhan Awali Lantik PJS Desa Manggul

selengkapnya..

KIKIM TIMUR - Senin, 14-Oktober-2019 - 11:57

SMA NEGERI 1 KIMTIM LAKSANAKAN UTS

selengkapnya..

PAGAR GUNUNG - Minggu, 13-Oktober-2019 - 23:33

Monev Hari Ketiga di Empat Desa Berjalan Lancar

selengkapnya..

KIKIM TIMUR - Minggu, 13-Oktober-2019 - 22:32

Tiap Sore, Ayek Kikim di Serbu Masyarakat

selengkapnya..

KIKIM BARAT - Minggu, 13-Oktober-2019 - 22:23

Sawit, Salah Satu Komoditi Utama di Kikim Barat

selengkapnya..

KIKIM BARAT - Minggu, 13-Oktober-2019 - 22:22

Kepala SMA Negeri 1 Kikim Barat Jarang ke Sekolah

selengkapnya..

KIKIM TIMUR - Minggu, 13-Oktober-2019 - 22:19

Kencana Sari Adakan PRLB Metode Ke III

selengkapnya..

PAJAR BULAN - Minggu, 13-Oktober-2019 - 20:52

PKM PAJARBULAN SOSIALISASI KESEHATAN DI SMAN 1

selengkapnya..

KIKIM SELATAN - Minggu, 13-Oktober-2019 - 20:35

KARANG CAHAYA PAGARDIN KIMSEL BUTUH JEMBATAN GANTUNG

selengkapnya..

PAGAR GUNUNG - Sabtu, 12-Oktober-2019 - 23:56

M Teguh, Bocah 11 Bulan Kena Katarak

selengkapnya..

KIKIM TIMUR - Sabtu, 12-Oktober-2019 - 23:26

Kencana Sari Adakan PRLB Metode ke II

selengkapnya..

PULAU PINANG - Sabtu, 12-Oktober-2019 - 23:13

NASIR AHMAT LANTIK 75 SISWA

selengkapnya..

KIKIM TIMUR - Sabtu, 12-Oktober-2019 - 23:11

TK TRINANDA CIPTAKAN MURID BERKARATER

selengkapnya..

KIKIM TIMUR - Sabtu, 12-Oktober-2019 - 22:09

JERITAN NASIB PILU GURU HONORER

selengkapnya..

Jumlah Pengunjung

dgGEREg

Investigasi

Berita Sebelumnya

PanCe

Siape & Tuape

Jajak Pendapat

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater