F-DAS LAHAT, IKUTI SOSIALISASI PENGELOLAAN DAERAH ALIRAN SUNGAI

Selasa, 27-November-2018, 12:12


PALEMBANG – Pada acara sosialisasi Pengelolaan (DAS) Provinsi sumtera selatan, Yang di adakan oleh Dinas Kehutanan Provinsin Sum Sel, Dan di laksanakan di Hotel AZZA Palembang selama 2 (Dua) hari di Palembang, pada tanggal 26-27 Nop 2018.

Sosialisasi di hadiri oleh seluruh perwakilan F-DAS dari Lima Kabupaten/Kota, Lahat, Pagar Alam, Palembang, Lubuk Linggau dan Musi Rawas.

Dalam acara tersebut di fokuskan kepada pengelolaan DAS ,termasuk daerah resapan air serta yang semakin hari semakin berkurang, yang banyak diakibatankan oleh berbagai aspek.

Dan dari pembagiannya lebih banyak berasal dari sektor Usaha perkebunan serta pertambangan, juga dari sektor manusia yang kurang sadar akan dampak lingkungan serta akibat yang di timbulkan.

Dalam hal ini disikapi Oleh Ketua F-DAS Kab Lahat Abu Kasim Uning, melalui Sekretaris F-DAS Kab Lahat Ujang Meriansyah, mengatakan guna menjaga kelestarian alam dan ekosistemnya,Hendaknya Pihak pemerintah Baik Pusat Dan Daerah harus berperan aktif dalam menanggulagi masalah F-DAS ini.

Sementra Ketua F-DAS Sum Sel, Dr. Safrul Yunardy. S hut, ME. Mengatakan “agar Forum DAS ini dapat berjalan dengan harus di dukung oleh berbagai pihak, dan hendaknya dapat bersinergi dengan Pihak Pemerintahan, serta juga dapat merangkul para Pelaku usaha guna membantu setiap kegiatan F-DAS di tingkat Kabupaten/kota”.

“Dan dalam Konteks kerjasama F-DAS Kabupaten/Kota juga harus bersinergi dengan LSM serta pihak Media Cetak serta Elektonik dalam setiap kegiatan guna memperkenalkan F-DAS, dan mempublikasikan setiap kegiatan F-DAS agar di ketahui oleh masyarakat, Dengan Harapan kesadaran masyarakat akan pentingnya kelestarian Alam terutama Daerah Aliran Sungai, Dimana air merupakan Sumber Kehidupan yang sangat penting” ujarnya.

Dalam acara ini juga di lakukan pembahasan tentang masalah DAS di tiap tiap Kabupaten/Kota, Serta apa langkah langkah yang harus di ambil guna menyelesaikan masalah tersebut, Serta sangsi Hukum Apa yang harus di terapkan bagi para pelaku usaha nakal, seperti salah satunya di kemukakan Oleh Saudara Hasrul ( KABID Konservasi Lingkungan F-DAS Lahat ) Adanya beberapa Perusahaan Pertambangan yang diduga telah melakukan pengalih Fungsian Aliran sungai dan bahkan diduga Melakukan Penutupan Aliran Sungai serta pemindahan aliran sungai.

Juga di harapkan Dengan adanya F-DAS di tiap Kabupaten/Kota dapat juga meningkatkan perekonomian masyarakat Melaui Program Program yang telah di rencanakan.
(UMR)

Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

KIKIM TENGAH - Sabtu, 22-Februari-2020 - 17:21

Lomba Desa, Sungai Laru Wakili Kikim Tengah

selengkapnya..

LAHAT DALAM POTRET

MERAPI BARAT - Jumat, 21-Februari-2020 - 22:05

Satres Narkoba Polres Lahat Ciduk Dopi Pemuja Shabu

selengkapnya..

KIKIM BARAT - Jumat, 21-Februari-2020 - 18:52

SINGAPURE RUTIN LAKSANAKAN POSYANDU

selengkapnya..

LAHAT - Jumat, 21-Februari-2020 - 16:07

PH Tersangka PT BUMA Angkat Bicara

selengkapnya..

KIKIM SELATAN - Kamis, 20-Februari-2020 - 18:14

Camat kikim selatan lantik pjs kades Pulau beringin

selengkapnya..

LAHAT SELATAN - Rabu, 19-Februari-2020 - 21:17

Bapenda Serahkan SPPT PBB dan DHKP ke Lahat Selatan

selengkapnya..

KIKIM BARAT - Rabu, 19-Februari-2020 - 19:17

Camat Kikim Barat lantik Pjs Kades Jajaran Lama

selengkapnya..

LAHAT - Rabu, 19-Februari-2020 - 18:50

Wabup Lahat Buka Pelatihan Membatik

selengkapnya..

Jumlah Pengunjung

dgGEREg

Investigasi

Berita Sebelumnya

PanCe

Siape & Tuape

Jajak Pendapat

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater