KEJAR TARGET PROGRAM UNGGUL, AL KAUTSAR LAKUKAN RAPAT KERJA

Jumat, 27-Juli-2018, 16:23


TANJUNGPAYANG – Dalam upaya kejar prestasi sebagai konsekwensi sekolah unggulan, maka pesanteren Al Kautsat Lahat melakukan rapat kerja (Raker) yang juga sebagai Landasan dalam mengembangkan Misi lembaga sebagai Pesantren dengan keunggulan husus, yaitu, Program Tahfidz Qu’ran.(27/7).

Rapat Kerja tersebut bertempat di Gedung pesanyren Al kautsar dan hadiri langsung oleh Sekretaris yayasan Swarnadina Era Moza, Pusat. Ir. H. Sulaiaman Efendi, Direktur Pendidikan, H. Hayyin Muhdzor. LC dan Ir. Ishandawi sebagai Direktur Pengembangan dan Enterpreunur.

Dan yang tidak kalah penting kesempatan ini juga sekaligus memperkenalkan pengurus Cabang Yayasan Swarna dina Era Moza Cabang Lahat. dengan ketuanya Zainul abidin Al Azriyyah, SH.

Rapat kerja ini tidak ada lain untuk menghadapi tantangan global yang makin sengit, maka tepat jika #Alkautsar Islamic Boarding School memilih jalur khusus dengan pendidikan berciri modern dengan orientasi kepada Al Qur’an, Akhlak karimah, Mandiri, dengan menggabungkan system Pesantren sebagai fondasinya.

Diharapkan AlKautsar akan lebih baik, sebab upaya ini sebagai sebuah pembaruan lembaga sebagai implementasi visi dan misi Al kautsar Islamic Boarding School yang akan dicapai dari sebuah gerakan total menuju ‘SEPEREMBAD ABAD’ #ALKAUTSAR

Sebagai Implementasi menuju SEPERAMPAT ABAD #ALKAUTSAR, ada tiga hal pokok yang akan di kembangkan;
1. Tahfidz Qur’an
2. Green School
3. Pesantren mandiri/ Enterpreunur

1. TAHFIDZ QUR”AN

Model pembelajaran berbasis hafalan adalah tulang punggung dari program yang kita canangkan setidaknya lima tahun mendatang. Dengan tolak ukurnya adalah kemampuan siswa dalam mengenal sifat huruf hijaiyah, Makhorijul huruf , tahsin dan metode menghafal.

Dalam pelaksanaannya target dan kemampuan akan disesuaikan dengan jenjang level pendidikan masing-masing tingkatan.

Sedangkan priorotas menghafal alqur’an akan diberikan secara penuh mulai jenjang SMP dan kelas satu SMA, dengan target hafalan adalah 10 Juz ( 29.30,1,2,3,4,5,7,8), dengan penekanan dalam jenjang SMA adalah penambahan disiplin ilmu yang berkaitan dengan Al Qur,an, seperti Ulumul Qur’an, Ulumul Hadits dan Lughoh.

Pencapaian program ini adalah adanya program yang simultan dari sekolah tingkat bawah hingga level SMA/jenjang tertinggi di AlKautsar Islamic Boarding School Lahat. Sehingga sekolah di bawahnya adalah sebagai Feeder bagi sekolah di jenjang berikutnya. Sehingga secara ratio, jumlah siswa Alkautsar Islamic Boarding School Lahat akan selalu terjaga dan meningkat sesuai kapasitas ruang.

2. GREEN SCHOOL.
Terdengar aneh karena sekolah yang berada di Pulau Sumatra masih membicarakan isu tentang sekolah berbasis lingkungan alam dan hutan?
Sumatra sebagai salah satu pulau paru-paru dunia, hari ini mendapat sorotan dunia karena de- forestasi dan kerusakan lingkungan yang massif.

Alkautsar Islamic Boarding School Lahat sebagai lembaga pendidikan, social harus ikut tampil sebagai pioneer dalam memberikan edukasi kepada para siswa dan masyarakat betapa menjaga lingkungan adalah luar biasa penting.

Disamping kepedulian terhadap kerusakan lingkungan kita juga bisa mendapatkan keuntungan dalam proses hutan produktif seperti perkebunan kopi dan lainnya.

Sebagai langkah awal, tahun ajaran baru nanti, setiap siswa diminta membawa satu bibit kopi unggul atau dikonversi dengan uang untuk dibelikan secara kolektif dan di tanam secara serempak di area Al Kautsar Islamic Boarding School.

3. PESANTREN MANDIRI.
Program ini adalah kelanjutan dari cita-cita dan visi Pendiri Al Kautsar, dimana anak didik yang keluar (alumni) AlKautsar Isalamic Boarding School adalah insan-insan yang memililki kemampuan unggul, setidaknya memiliki bekal untuk dirinya terjun di masyarakat baik sebagai wirausahwan maupun pekerja di sektor formal lainya.

Dalam implementasi program dalam jangka waktu yang pendek, akan menitik beratkan kepada kemandirian Pesantren dalam mencukupi kebutuhannya secara mandiri melalui peternakan, perikanan dan perkebunan kopi dengan memanfaatkan lahan yang tersedia di Alkautsar Islamic Boarding School.( BARDI/02).

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

KIKIM TIMUR - Sabtu, 10-Desember-2022 - 13:37

PEMDES CEMPAKA SAKTI REHAP KANTOR DESA 

selengkapnya..

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG

TANJUNG SAKTI PUMI - Jumat, 09-Desember-2022 - 20:16

Polsek Tanjung Sakti, Gerebek Diduga Judi Sabung Ayam

selengkapnya..

GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater