KETUA LINGKAR HIJAU PRIHATIN DAN AJAK MASYARAKAT PEDULI LINGKUNGAN HIDUP

Minggu, 6-Mei-2018, 09:22


LAHAT – Lingkungan merupakan penyokong kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya. Lingkungan yang bersih dan asri menjadi dambaan setiap makhluk hidup khususnya manusia. Rimbunnya pepohonan hijau menjadi kebutuhan masyarakat seiring mulai masuknya era global warming (pemanasan global) karena oksigen yang sejuk bisa dihasilkan dari pepohonan. (Minggu, 06 Mei 2018)

Di Kabupaten Lahat sendiri terdapat organisasi yang menjadi penggiat lingkungan hidup yaitu Lingkar Hijau (LH). Lingkar Hijau merupakan suatu organisasi masyarakat yang konsen dalam kegiatan lingkungan hidup. Lingkar Hijau berdiri pada September 2017 lalu dan lahir karena dorongan rasa kepedulian yang tinggi akan nasib lingkungan hidup sekitar.

Banyaknya lahan yang dijadikan lahan pertambangan di Kabupaten Lahat menjadi keprihatinan bagi Lingkar Hijau. Kurangnya reboisasi setelah penggalian menjadi keluhan masyarakat Kabupaten Lahat yang menikmati debu dan suhu panas yang tinggi.

Saat dikonfirmasi Lahat Online, Ketua Lingkar Hijau, Heryandi Alfian, SH. mengatakan “Kondisi lingkungan hidup di Kabupaten Lahat sudah sangat memprihatinkan dikarenakan penambangan dan penebangan pohon tanpa memperhatikan keadaan. Tanpa memperhatikan dampak yang akan timbul pasca kegiatan tersebut. Lingkar Hijau lahir sebagai salah satu lembaga yang berkomitmen untuk membantu menyelamatkan keadaan lingkungan hidup demi kepentingan anak cucu kita dimasa depan. Program kegiatan andalan adalah sedekah oksigen dan menjadi motivator masyarakat mandiri di setiap kecamatan Se-Kabupaten Lahat” ujarnya.

Masih menurut Heryandi Alfian, SH. “Lingkar Hijau berharap sekaligus mengajak setiap individu dari masyarakat Kabupaten Lahat untuk peduli dan ikut menanam bibit pohon di tempat lokasi yang masih perlu kita hijaukan. Lingkar Hijau siap bekerja sama dengan semua elemen masyarakat termasuk pemerintah daerah. Masalah lingkungan menjadi tugas dan tanggup jawab kita semua tanpa melihat pangkat ataupun jabatan” jelasnya.

Sebagai wujud keseriusannya dalam menghijaukan Lahat, pada bulan laku Lingkar Hijau di mengadakan kegiatan penanaman bibit pohon di SP6 Lahat bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup, Komunitas Mabed, Cabang Lingkar Hijau Kelurahan Saribungamas dan cabang Lingkar Hijau Merapi Area. Untuk ke depan Lingkar Hijau akan membentuk cabang di Kikim Area, Mulak Sebingkai dan Gumay Ulu.

(Masdoel LO)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

KIKIM TIMUR - Sabtu, 10-Desember-2022 - 13:37

PEMDES CEMPAKA SAKTI REHAP KANTOR DESA 

selengkapnya..

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG

TANJUNG SAKTI PUMI - Jumat, 09-Desember-2022 - 20:16

Polsek Tanjung Sakti, Gerebek Diduga Judi Sabung Ayam

selengkapnya..

GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater