Sandiaga Uno, Objek Wisata Potensi Ekonomi 

Rabu, 14-September-2022, 16:10


Tanjung Sakti PUMI – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, Rabu (14/9) berkunjung ke Agrowisata Sindang Panjang Tanjung Sakti, Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan, setelah berkunjung ke Kota Pagar Alam. Dalam kunjunganya, Sandiaga Uno melihat keindahan objek wisata yang tersaji seperti air terjun mini, taman bunga, kolam cinta, serta serta perkebunan. Sandiaga juga takjub dengan panorama alam dan kesejukan udara di lokasi tersebut.


“Luar biasa kreatif ide dari warga Lahat dalam hal ini Bapak Harnojoyo, selaku pemilik membangun objek wisata dengan didukung panorama alam,”ujar Sandiaga Uno, saat berada di lokasi sembari menyapa para Kades, Emak – Emak, Masayarakat Sadar Wisata Kabupaten Lahat dan Para Melinial Tanjung Sakti Pumi Iapun kemudian mengajak warga untuk tidak ragu lagi memanfaatkan alam menjadi objek wisata.

Menurutnya, saat ini objek wisata merupakan potensi ekonomi dan ketenagakerjaan yang luar biasa. Apalagi, Indonesia saat ini sudah sangat dikenal karena objek wisata yang dimiliki.
“Buktinya objek Tanjung Sakti. Kalau dahulu mungkin jarang didatangi kini selalu ramai. Ekonomi warga juga mulai hidup dengan banyak yang berdagang. Begitu juga yang bekerja. Artinya, kalau ada kemauan yakinlah objek wisata bisa menghasilkan, “sampainya.


Sandiaga kemudian mengajak Pemda Lahat dan masyarakat agar terus membangkitkan objek wisata terlebih di Lahat potensi wisata cukup banyak. “Sudah keren. Tinggal bagaimana kedepan agar banyak event digelar disini. Melalui objek wisata ini juga bisa menggali kearifan lokal, “sampainya. Sementara, Harnojoyo, pemilik objek wisata yang juga Wali Kota Palembang mengungkapkan gagasan membangun objek wisata tersebut tidak lepas dari kecintaanya terhadap kampung halamanya.

Menurutnya, melihat potensi yang ada, dengan dibangun objek wisata warga di desa dan sekitarnya bisa maju salah satunya dengan berdagang. Tak hanya itu, banyak tenaga kerja lokal yang termanfaatkan. “Kalau daerah lain bisa kenapa kita tidak. Sementara potensinya ada. Dan alhamdulillah saat ini objek wisata kian maju. Ribuan wisatawan berkunjung kesini. Bahkan saat akhir pekan dan libur Nasional pengunjung selalu membludak. Yang pastinya dalam membangun objek wisata ini yang harus diperhatikan kebersihan, keindahan, sambutan warga atas kehadiran para wisatawan,”ujarnya.


Sekda Lahat, Chandra, SH dihadapan Menteri Sandiaga Uno, mengungkapkan ada banyak objek wisata di Lahat. Selain objek wisata kreatif yang dikelola warga ada juga ribuan situs megalit bahkan sudah masuk Rekor Muri. Ratusan air terjun, panorama alam serta diperkaya budaya dan kearifan lokal lainnya.


“Bahkan saat ini dua objek wisata di Lahat yakni Sindang Panjang dan objek wisata Ayik Pacar masuk nominasi Anugrah Pesona Indonesia. Kami berharap kedepan Lahat akan menjadi salah satu daerah prioritas pembangunan wisata dan kunjungan wisata melalui progran kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,”sampai Chandra. (Ind)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

PAJAR BULAN - Selasa, 23-April-2024 - 09:10

Puskes Pajar Bulan, Gelar Re – Akreditasi 

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater