Tugu Perjuang Simpang Tiga Pumi segudang Peristiwa Lintas Generasi

Sabtu, 13-Agustus-2022, 16:38



Pajar Bulan, PUMI -Tanjung Sakti adalah daerah dataran tinggi yang terletak di lembah selatan Gunung Dempo . Secara administratif Tanjung Sakti di bawah Pemerintahan Kabupaten Lahat Sumatera Selatan. Tapi jika di lihat dari kesukuan dan adat istiadat tanjung sakti termasuk daerah suku Besemah.

M Tedi Bahttiar pemuda setempat memaparkan, di Tanjung Sakti Pumi ini juga berdiri sebuah monumen yaitu tugu perjuangan.

“Pada tugu inilah tertulis nama pahlawan-pahlawan Tanjung Sakti yang punya ghirah perjuangan dalam memperjuangkan kemerdekaan terkhusus di daerah Tanjung Sakti,”paparnya

Dan di monumen Tugu Perjuangan inilah juga di letakkan bom yang tidak meledak pada saat dijatuhkan oleh tentara Belanda dengan menggunakan pesawat tempur milik mereka.

“Bisa kita bayangkan bagaimana jika boom ini meledak,”terangnya

Menurutnya, Tugu perjuangan ini di resmikan pada bulan Juni 1973 oleh Gubernur Sumatera Selatan H.Asnawi Mangku Alam.

“Tujuan di didirikan tugu perjuangan ini tidak lain untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme kepada masyarakat Tanjung Sakti dan mengingat betapa pentingnya belajar sejarah agar kita dapat menjadikan peristiwa masa lampau yang harus di ambil dari segala macam bentuk perjuangan kemudian bagaimana kita menandai peristiwa sekarang secara riil agar mampu menyikapi peristiwa yang terjadi sekarang, sehingga timbul kesimpulan bahwa masyarakat tanjung sakti secara kongkrit mampu bergerak cepat dalam kehidupan baru di masa depan.

“Dulu Tugu perjuangan ini menjadi icon penting di Tanjung Sakti, sebagaimana orang mengenal Tanjung Sakti adalah dengan adanya tugu perjuangan ini,”terangnya

Tidak heran jika di gunakan juga menjadi icon dalam sebuah organisasi kedaerahan, famflet, promosi yang di selipkan sebuah gambar tugu perjuangan ini. Agar ciri khas tanjung sakti itu melekat adanya.

“Di era sekarang tugu perjuangan ini seakan-akan kehilangan marwanya bahkan pemuda pemudi Tanjung Sakti sudah mulai apastis akan mempelajari tentang sejarah tugu perjuangan ini apalagi untuk merawatnya. Tugu perjuangan ini yang harus nya di rawat baik oleh seluruh elemen masyarakat Tanjung Sakti Pumi tapi malah berbanding terbalik. Ketika di tanya siapa yang bertanggung jawab maka lempar tangan sembunyi batu lah yang berbeda ketika tugu perjuangan ini menjadi bagus semua elemen ini ingin mengklaim. Bahkan tak lagi kita lihat tugu perjuangan ini menjadi ikon dalam sebuah promosi daerah.

Yang paling penting dalam hal ini ialah bagaimana kita dapat memadukan antara kemajuan teknologi tapi tidak melunturkan adat istiadat kedaerahan sehingga dapat menformulasikan kemajuan daerah terkhusus Tanjung Sakti serta mengembalikan tugu perjuangan ini sebagai lambang pemersatuan,” Tutup Tedi Battiar. (Ind)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

PAJAR BULAN - Selasa, 23-April-2024 - 09:10

Puskes Pajar Bulan, Gelar Re – Akreditasi 

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater