Tingkatkan Penyerapan Anggaran Daerah, Kejari Lahat Gelar Paparan

Rabu, 4-Agustus-2021, 18:15


Lahat — Kepala Kejaksaan Negeri Lahat Fithrah SH melaksanakan paparan terkait penyerapan anggaran kabupaten Lahat tahun 2021. Rabu (04/8/2021) Bertempat di ruang Opsroom Setda pemkab Lahat.

Tampak dalam Bupati Lahat Cik Ujang SH, Kejari Lahat Fithrah SH, Kasiintel Kejari Faisyal Basni SH, Kasi Datun dan OPD di lingkup Pemkab Lahat .

Kepala Kejaksaan Negeri Lahat Fithrah SH menyampaikan terkait persoalan di kabupaten Lahat paparan ini dengan tujuan agar apa yang digambarkan saat ini bisa di ketahui semua pihak, namun jangan anggap ini kritikan. tetapi ini adalah sinergitas kejaksaan dengan pemerintah daerah dimana kami bisa memberikan kontribusi lebih dari hanya penegakan hukum saja namun juga menganalisis setiap persoalan persoalan daerah, sehingga pimpinan pemerintah daerah dapat mengetahui dari sudut pandang kami dan sudut pandang pemerintah itu sendiri.

Disampaikanya, berdasarkan pidato Presiden RI Joko Widodo,di bulan Mei, Realisasi belanja pemerintah masih rendah sekitar kurang lebih 15 % untuk APBN dan 17 % untuk APBD.

Dan arahan bapak jaksa agung kepada kami di daerah untuk membantu dan mendorong pemerintah daerah agar melakukan percepatan dalam realisasi anggaran guna meningkatkan penyerapan anggaran daerah.

Adapun resiko penyerapan anggaran yang lambat diantara yaitu Lambatnya penanganan Covid-19 di kabupaten Lahat, rendahnya penyerapan tenaga kerja, lambatnya perputaran ekonomi , terhambatnya program program pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dalam satu tahun, potensi penyelewengan anggaran yang di laksanakan pada akhir tahun, akan menimbulkan inflasi terhadap barang kontruksi, berdampak buruk terhadap kinerja pimpinan daerah .

Dalam menekan resiko, solusinya agar pemerintah kabupaten Lahat segera melakuan deteksi secara dini terhadap hambatan hambatan SKPD dalam penyelesaian anggaran. agar Pemda Lahat menunjuk satuan kerja yang bertugas memberikan layanan konsultasi terkait pelayanan refocusing, adanya pendampingan hukum, Mendorong SKPD untuk mecairkan uang muka atau yang belum di cairkan untuk membuat surat pernyataan, Untuk menghilangkan keraguan dan ketakutan akan di kriminalisasi agar SKPD memintakan pendampingan hukum .

“Penyerapan anggaran harus di laksanakan secara maksimal sebagai upaya mewujudkan visi dan misi pemerintah kabupaten Lahat , Kejaksaan Negeri Lahat menjamin tidak akan melakukan kriminalisasi terhadap aparatur pemerintahan sepanjang tidak terdapat oknum oknum yang melakukan perbuatan tercela,” kata Kepala Kejaksaan Negeri Lahat

Kejaksaan Negeri Lahat senantiasa mendukung pembangunan di kabupaten Lahat sebagai upaya peningkatan kesejahteraan, perekonomian dan pembangunan bagi masyakarat kabupaten Lahat dengan program pendampingan hukum untuk menghilangkan keragu raguan dari SKPD dalam menghadapi persoalan hukum yang tidak terpecahkan .

Sementara Bupati Lahat Cik Ujang SH mengatakan pertemuan ini untuk pelaksanaan percepatan pembangunan di kabupaten Lahat supaya pembangunan jangan sampai terhambat, penyerapannya sedikit atau terbentur dengan waktu , atau semua proyek berbarengan sehingga pekerjaan kurang maksimal .

“Atas nama pemkab Lahat kami sangat apresiasi dengan adanya paparan ini, terimakasih dengan adanya paparan ini kami sangat senang karena sudah di ingatkan untuk jangan menyalahi aturan,” kata Bupati Lahat.

Saya senang dengan Pak Fithrah Kepala Kejaksaan Negri Lahat yang terus terang dan transparan, semoga kerjasama ini terus, bersinergi saling bantu membantu dan mendukung untuk pembangunan kabupaten Lahat .

Disampaikannya , kami sependapat dengan Kejari Lahat untuk jangan takut, selagi memang di kerjakan dengan sebaik baiknyanya dan di jalankan sesuai aturan.

“Mari kita bersatu kompak dalam mendukung pembangunan dan kalau kita bersatu kompak insyaallah kabupaten Lahat akan bercahaya ,” pungkasnya . (EY)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

PAJAR BULAN - Selasa, 23-April-2024 - 09:10

Puskes Pajar Bulan, Gelar Re – Akreditasi 

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater