JUMLAH PENDUDUK MENINGKAT, NAMUN MASIH BANYAK YANG BELUM MILIKI AKTA KELAHIRAN

Kamis, 9-Agustus-2018, 20:49


LAHAT – Berdasarkan data Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lahat, jumlah penduduk di Kabupaten Lahat hingga 2018 mengalami peningkatan. Ini terlihat dari meningkatnya jumlah permintaan untuk penerbitan kepengurusan akta kelahiran, yang hampir setiap hari masuk ke kantor Disdukcapil Lahat.

Disampaikan Kepala Didukcapil Lahat, Yohn Tito, didampingi Kasi Kelahiran dan Kematian, Maya Karyani SE menjelaskan, hanya saja, dari jumlah penduduk Kabupaten Lahat yang mencapai 446,257 jiwa, namun yang memiliki akta kelahiran baru sebanyak 158,372 jiwa. Sedangkan hampir dari setengah jumlah penduduk yaitu sebanyak 287,856 jiwa, tidak atau belum memiliki akta kelahiran.

” Hal ini berdasarkan hasil rekapitulasi per 26 Januari 2018. Dimana, yang sudah memiliki akta kelahiran untuk anak usia 0 -18 tahun, sebanyak 119,684 jiwa, sedangkan 21,629 jiwa lainnya belum melakukan pengurusan penerbitan akta kelahiran,” ujar Maya ditemui. Kamis (9/8)

Terpisah, Yohn Tito menambahkan, terhitung untuk satu hari saja, masyarakat yang melakukan pengurusan di kantor Disdukcapil ini, bisa mencapai ratusan orang. Pihaknya berharap, sebelum melakukan pengurusan baik itu E-KTP, Kartu Keluarga, ataupun Akta Kelahiran, masyarakat diharapkan dapat melengkapi dengan dokumen (syarat red), agar tidak terkendala dalam proses nya.

” Terkadang, banyak alasan yang beragam dari masyarakat, seperti karena lagi di kebun dan lain sebagainya, tentunya inilah yang dapat menghambat proses pengurusan. Terhitung selama tahun 2017 lalu, penerbitan akta-akta terkait pencatatan sipil terus mengalami peningkatan, kita juga berharap, kesadaran masyarakat dalam mengurus akta kelahiran dapat ikut meningkat, karena ini juga salah satu hal penting dan juga berguna untuk mereka.” tukasnya. (CEPY – LAHAT).

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

PAJAR BULAN - Selasa, 23-April-2024 - 09:10

Puskes Pajar Bulan, Gelar Re – Akreditasi 

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater