Jumlah Pengunjung

dgGEREg

Download Aplikasi

VIDEO

DPD Apkasindo Lahat Siapkan Program Untuk Kesejahteraan Petani Sawit

Rabu, 14-Oktober-2020, 16:26


SARIBUNGAMAS – Silaturahmi pertemuan Kepengurusan  Dewan Pimpinan Daerah Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Cabang Lahat bertempat di Desa Sari Bungamas SP6 Lahat, (14/10).

Hadir dalam giat ini Dewan Pakar DPD Apkasindo lahat H. Nasrun Aswari,  SE,  MM, Ketua DPD Apkasindo Lahat Suwandi,  dan Sekretaris Parjito serta pengurus lainya antara lain Suparjo, Muslih, Achmadi dan anggota DPD Apkasindo Lahat.

DPD Apkasindo Lahat yang sebelumnya diketuai oleh Setyo Sumanto, S.Pd, M. si (Alm)  saat ini masih tetap eksis dilanjutkan kepengerusanya yang dkketuai oleh Suwandi SP3 Sukamakmur Kecamatan Gumai Talang Kabupaten Lahat.

Ketua DPD Apkasindo Lahat mengatakan bahwa adanya Apksindo ini merupakan wadah organisasi yang terdiri dari petani Kebun Sawit menuju kesejahteraan kedepannya.
“Sebagai penerus dari Ketua Apkasindo Lahat saya selaku ketua definitif akan melanjutkan kepengurusan ini dengan sebaik-baiknya sesuai AD/ART sebab keanggotaan Asosiasi ini sangat banyak dan programnyapun tidak sebatas sekitar Kelapa Sawit tetapi ada program lainya, “ujar Suwandi.

Sementara Dewan Pakar DPD Apkasindo Lahat H. Nasrun Aswari mengatakan bahwa dirinya sangat bersyukur dan apresiasi atas terbentuknya pengurus inti DPD Akasindo Lahat ini.

“Apkasindo merupakan organisasi besar yang terdiri dari para petani Kelapa Sawit,  rasa bangga saya ungkapkan disini terutama  kepada Ketua Definitif yang siap melanjutkan kiprah langkah-langkah yang telah dilakukan Ketua lama, sebab keberadaan Apkasindo merupakan organisasi resmi dan ada disetiap daerah,”ujar Mantan Sekda Lahat ini.

Dengan Semboyan

“Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh”

Semboyan itu selalu dibunyikan oleh para pejuang kita terdahulu dalam rangka meraih kemerdekaan Indonesia. Persatuan itu terjadi di dalam kemajemukan bangsa ini dengan beragam suku, agama dan ras.
Semangat itu lah yang melatarbelakangi berdirinya ASOSIASI PETANI KELAPA SAWIT INDONESIA (APKASINDO).

Pada tahun 2000, di Palembang, melalui inisiatif dan fasilitasi Kementerian Pertanian, Cq Direktorat Jenderal Perkebunan, dibentuklah suatu wadah pemersatu seluruh petani kelapa sawit indonesia, wadah untuk seluruh petani, tidak membedakan suku, agama dan ras, tidak membedakan kelompok dan koperasi, dan juga tidak membedakan petani sawit pola plasma dan petani pola swadaya, wadah ini bernama ASOSIASI PETANI KELAPA SAWIT INDONESIA (APKASINDO).

Pembentukan APKASINDO ini dihadiri oleh perwakilan petani sawit dari provinsi-provinsi penghasil sawit di indonesia, mereka menetapkan satu visi yang besar yaitu Menghantar Indonesia sebagai penghasil kelapa sawit terkemuka di dunia melalui pemberdayaan sumber daya, teknologi dan industri secara berkesinambungan yang berwawasan lingkungan.

Kepengurusan APKASINDO sudah tersebar di 22 provinsi dan 144 Kabupaten penghasil sawit di indonesia, mulai dari ujung barat Provinsi Aceh sampai ke ujung timur Provinsi Papua dan ke ujung utara provinsi Kalimantan Utara, dan tentu juga provinsi Banten sebagai wakil dari Pulau Jawa.

APKASINDO merupakan organisasi profesi petani sawit yang disahkan oleh Kementerian Dalam Negeri cq Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum dan berbadan hukum SK  Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor AHU-0010450.AH.01.07.TAHUN 2019. APKASINDO merupakan pendiri Dewan Minyak Sawit Indonesia (DMSI) dan Gabungan Asosiasi Petani Perkebunan Indonesia (GAPPERINDO).

Tujuan
Mempersatukan masyarakat petani kelapa sawit di seluruh indonesia menjadi salah satu kekuatan ekonomi yang dapat meningkatkan kesejahteraan yang merata bagi petani. Membangun ekonomi kerakyatan di pedesaan dengan menumbuh kembangkan usaha petani kelpa sawit yang berwawasan lingkungan dan
bermanfaat bagi seluruh komponen bangsa untuk mencapai masyarakat adil dan makmur.Meningkatkan dan memberdayakan SDM petani kelapa sawit agar menguasai ilmu dan teknologi (IPTEK) pertanian modern.
Visi
Menghantar Indonesia sebagai penghasil kelapa sawit terkemuka di dunia melalui pemberdayaan sumber daya, teknologi dan industri secara berkesinambungan yang berwawasan lingkungan.
Misi
Meningkatkan kualitas sumber daya petani dalam upaya penerapan paket teknologi baru kelapa sawit sehingga lebih efisien dan berdaya guna.Mendorong para pelaku usaha produksi kelapa sawit sehingga terciptanya suatu sinergi yang terintegrasi dalam sistem agribisnis.Membantu mewujudkan hak-hak para petani di sekitar perusahaan perkebunan untuk mendapatkan pembangunan kebun sawit masyarakat minimal 20% dari total luas areal yang diusahakan perusahaan perkebunan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani sawit secara nyata.Memberikan perlindungan Advokasi hukum kepada petani kelapa sawit di seluruh wilayah Republik Indonesia.

DEWAN PIMPINAN DAERAH
Sekretariat
JI. Trans Palembaja KM 17
ASOSIASI PETANI KELAPA SAWIT INDONESIA
Desa Suka Makmur Kab. Lahat Provinsi Sumatera
(APKASINDO)
Selatan Kode Pos 31419
Hp. 0853 7778 9889/0812 7902 5009
KABUPATEN LAHAT
Email: Lahatapkasindo@gmail.com

Lip. AdE

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

PAGAR ALAM Rabu, 21-Oktober-2020 - 23:21

SRI MELIYANA BANTU PAGARALAM THERMOGUN

selengkapnya..

TANJUNG SAKTI PUMI - Rabu, 21-Oktober-2020 - 16:26

ARIEF DAN EDI, WARGA MASAM BULAI KREATIF BONSAI KELAPA

selengkapnya..

MERAPI BARAT - Selasa, 20-Oktober-2020 - 23:55

LUKMAN HADI PEMIMPIN MUDA YANG SELALU DIRINDUKAN

selengkapnya..

Investigasi

Berita Sebelumnya

PanCe

Siape & Tuape

Jajak Pendapat

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater