Mempermudah Data Statistik Perkebunan di Kabupaten Lahat Disbun Luncurkan Aplikasi ” Sadabun”

Kamis, 20-Juni-2024, 14:09


Lahat — Disbun Kabupaten Lahat meluncurkan Inovasi untuk meningkatkan kinerja serta mendapatkan data yang akurat dalam peningkatan produksi data statistik yang berbasis elektronik serta  pengambilan keputusan kepada kelompok tani yang ada di Kabupaten Lahat. Maka diluncurkan aplikasi”  Sadabun, ” satu data perkebunan di Kabupaten Lahat Sumsel.

Hal ini dikatakan Oktavianus Dinjaya S,PT, MM Kabid Produksi Dinas Perkebunan Kabupaten Lahat mewakili Kadis Perkebunan Vivi Angreni S,S,TP, MSi diruang kerjanya pada Awak Media pada Kamis 20 Juni 2024.

Menurut Kabid bahwa Aplikasi ini  diterapkan  pada Awal  Juni 2024, baru kita terapkan di 3 Kecamatan yaitu: Gumay ulu Kecamatan Pagar gunung dan  Kecamatan Kikim Barat Baru gunakan aplikasi sadabun mengambil jangka pendek dulu kalau jangka menengah,  18 Kecamatan.

Aplikasi ini memantau/ mengawasi luas lahan produksi,  komoditi jenis komoditi terus dan lahan potensial dan potensial itu lahan yang ibaratnya tanaman di lahan kebun yang belum diolah menjadi potensi untuk komoditi perkebunan.

Sektor perkebunan merupakan salah satu sektor vital yang memegang peranan penting dalam pembangunan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Lahat. Sebagai salah satu.Kabupaten yang kaya akan sumber daya alam, potensi perkebunan di Lahat menjadi landasan yang kuat bagi pertumbuhan ekonomi lokal dan nasional.

Namun, dalam menghadapi dinamika global dan lokal yang terus berubah, Dinas Perkebunan Kabupaten Lahat perlu menjalani transformasi yang mendalam untuk membangun kinerja unggul melalui inovasi. Dalam melaksanakan tugas pokok, fungsi dan tanggung jawab yang diberikan untuk meningkatkan investasi di Kabupaten Lahat, “Mewujudkan Masyarakat Kabupaten Lahat yang berakhlak, mandiri, makmur dan sejahtera. Berfaedah dan bermanfaat” tandas Oktavianus Dinjaya

Laporan Novita

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater