Kades Negeri Kaya Ajak Warga Hidupkan Budaya Gotong Royong

Warisan budaya nenek moyang yang harus diwariskan lagi kepada generasi muda berikutnya

Sabtu, 5-Desember-2020, 19:01


LAHAT ONLINE, NEGERI KAYA – Menghidupkan budaya gotong royong yang sudah berangsur ditinggalkan, Kades Negeri Kaya Kecamatan Tanjung Sakti Pumi Budi Hermanto mengajak warganya bergotong royong untuk membersihkan bendungan.

Menurut Budi, gotong royong merupakan budaya warisan nenek moyang jaman dahulu, tujuannya adalah untuk meringankan setiap pekerjaan yang meliputi pekerjaan demi kepentingan bersama. 

“Saat ini, budaya gotong royong sudah mulai ditinggalkan, hal itulah yang membuat kami berinisiatif agar setiap keperluan bersma di desa, mengerjakannya dengan cara bergotong royong,” kata dia, Sabtu (05/12).

Dikatakan Budi, gotong royong ditengah masyarakat, akan memberikan dampak yang positif dan sangat menguntungkan, selain meringankan pekerjaan yang susah sekalipun, ada nilai sosial saat berinteraksi bersama warga lainnya.

“Jalinan silaturahim saat mengerjakan pekerjaan bersama sama, merupakan  nilai sosial yang sangat berguna, demi mendekatkan masyarakat satu sama lain. Saat mengerjakan pekerjaan yang sama, seolah tidak ada perbedaan status, semua sama sama bahu membahu demi mencapai tujuan, yakni menyelesaikan pekerjaan, itulah nilai sosialnya,” ujar dia.

Budi berharap, budaya gotong royong terus ada untuk diwariskan kepada generasi muda  berikutnya. 

“Kami ingin, generasi muda di masa depan akan tahu, bahwa ada budaya yang sangat bagus dari nenek moyang kita terdahulu,” ungkapnya. (nb). 

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

GUMAY TALANG - Minggu, 05-Mei-2024 - 15:05

DESA SUKARAMI BANGUN MCK & JALAN SETAPAK. 

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater