Ikuti Lomba Petani Muda Indonesia, Ini Harapan Arief Pemuda Tanjung Sakti

Rabu, 25-November-2020, 17:05


LAHAT ONLINE, MASAM BULAU – Ikut dalam lomba petani muda Indonesia, M Arief Nugraha petani muda asal Desa Masam Bulau Kecamatan Tanjung Sakti Pumi ingin mengajak kalangan muda untuk mau bertani.


Arief mengatakan, bertani bukan hanya urusan pekerjaan yang mesti dilakukan orang yang sudah tua saja. Justru bertani di usia muda, dapat memberikan pengalaman dalam mengolah lahan pertanian.


“Justru bertani saat usia muda, dapat menjadikan kita memiliki ruang dan waktu lebih banyak, memiliki energi berlimpah untuk bergerak dan mengolah lahan. Kalau sudah tahu teori dan prakteknya, kita akan bisa memajukan dunia pertanian,” kata dia saat diwawancara eksklusif oleh Lahat Online, Rabu (25/11).


Motivasinya mengikuti lomba petani muda tersebut, yakni untuk menunjukkan sekaligus memotivasi para generasi muda, bahwa bertani dan berani kotor dengan tanah di lahan pertanian bukanlah hal buruk. 


“Saya lihat, baik di desa saya maupun di daerah lain, pemuda enggan bertani. Hanya sebagian kecil mereka yang masih muda, terus mau bertani. Pemuda masih mempunyai ide cemerlang, dan tenaga yang kuat, hal itulah dapat dimanfaatkan untuk mengolah lahan, tentu saja, tidak melulu soal menggarap lahan luas seorang diri, bertani di usia muda, dapat diartikan sebagai bertani secara modern, dengan bantuan alat pertanian,” ujar pemilik akun Instagram @ariiefnugraha. 


Dia mengaku, mengikuti lomba tersebut melalui Instagram. Dia akan senantiasa berusaha, agar pertanian dapat semakin maju oleh tangan tangan para pemuda. 


“Jumlah pemuda terus bertambah, mereka tentunya ingin memilih jalan usaha dan pekerjaan masing masing. Namun dmperlu diketahui, banyak bidang usaha yang berkaitan dengan pertanian, tentunya bisnis tersebut menjanjikan. Bisa menjadi seller, atau justru terjun ke ladang. Bertani cerdas merupakan pilihan, anak muda bisa meberapkannya. Ayo bertani,” tutur dia.


Arief turut mengajak untuk mendukungnya pada perlombaan tersebut, dengan like dan komen akun Instagram @ariiefnugraha miliknya. Dia mengusung tema Pengalaman Bertani Mabdiri, yang diambil dari pengalaman pribadinya mengolah lahan pertanian di Desa Masam Bulau. (nb). 

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

GUMAY TALANG - Minggu, 05-Mei-2024 - 15:05

DESA SUKARAMI BANGUN MCK & JALAN SETAPAK. 

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater