ODGJ dan Gepeng Berkeliaran di Jalan Utama Kota Lahat

Senin, 8-Februari-2021, 18:38


LAHAT ONLINE, LAHAT – Keberadaan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) Gelandangan dan Pengemis (Gepeng) di Kota Lahat dapat merusak pemandangan dan keindahan, pasalnya mereka terlihat nagkring di jalan protokol, Minggu (07/02). 

Menurut Endang Rismawati Pelaksana Tugas Kepala Dinas Sosial Kabupaten Lahat, pihaknya telah mengetahui adanya ODGJ san Gepeng di beberapa tempat keramaian, seperti di Lampu Merah Pasar Lematang dan pertigaan jalan di Talang Jawa. 

“Iya, kami kesulitan untuk mengevakuasi mereka, kalau ODGJ mau dikirim ke rumah sakit jiwa di Palembang, mereka mau terima kalau ada keluarga yang bertanggung jawab,” kata dia. 

Lebih lanjut Endang menerangkan, Gepeng yang berkeliaran nampaknya sudah menjadi profesi dan memang dibiarkan keluarga. 

“Mereka itu orang lokal setempat, pernah ditertibkan mereka dikembalikan kepada keluarga, namun tidak lama kemudian kembali lagi, nampaknya memang sudah menjadi profesi,” ujarnya. 

Diketahui ODGJ sering terlihat di pertigaan Talang Jawa seperti mengatur jalan, namun sesekali dia membawa palu dan terlihat mengatur jalan. 

“Takut lihatnya, karena dia bawa palu, untuk apa coba dia bawa palu. Takutnya ketika kita lewat, kita dipukul,” ungkap Jerry pengendara. 

Gepeng juga menghiasi Lampu Merah Pasar Lematang, terlihat Gepeng wanita paru baya dengan kursi roda berhenti dan terkadang menyodorkan wadah, ada juga pengendara yang memberi uang. (nb).

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

GUMAY TALANG - Kamis, 09-Mei-2024 - 09:50

PT BAS SITE GUMAY KEMBALI BEROPERASI

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater