EKSKUL SAGARTA SMA NEGERI 1 KIKIM TIMUR GIATKAN LITERASI

Senin, 6-Agustus-2018, 09:06


MUARA DANAU- Sastra kerap dianggap asing oleh para remaja. Kalah pamor dibanding musik, dance, dan seni rupa. Budaya literasi di kalangan remaja pun masih kurang mendapat perhatian. Bahkan berdasarkan survei , minat baca masyarakat Indonesia baru 0,001 persen. Artinya, dalam seribu masyarakat hanya ada satu masyarakat yang memiliki minat baca. Tapi, kabar baiknya, sekarang-sekarang ini sedikit-sedikit mulai kelihatan kebangkitan minat remaja SMA terhadap sastra. Salah satunya dibuktikan oleh SMAN 1 Kikim Timur, di sana ada ekskul yang mempelajari sastra, namanya SAGARTA SMA Negeri 1 Kikim Timur.

Pembina Ekskul sastra Aprizal SPd mengatakan Ekskul ini lahir di tengah semangat budaya literasi yang mulai bangkit. Konsep ekskul ini diubah menjadi sanggar sastra sebagai wadah bagi siswa dalam mengembangkan kecintaannya pada sastra, apalagi seperti yang diketahui minat baca dan tulis di kalangan remaja masih terbilang sedikit. Harapannya semoga ekskul ini juga bisa menjadi salah satu pelopor bangkitnya minat baca dan tulis di SMAN 1 Kikim timur.

“Awalnya sekolah butuh orang yang memang punya bakat dan minat dalam sastra. Mereka yang secara utuh dan murni ingin mempelajari sastra,Anggota ekskul ini juga memang tidak terlalu banyak untuk angkatan 2016-2017 ada sekitar 16 orang dengan mayoritas cewek. Tapi meski begitu, pada tahun ini hampir mencapai empat orang perserta dan tiap tahunnya meningkat dan setiap kali kumpul rutin seluruh anggota selalu hadir.”tuturnya,Senin(6/8)

Tambahnya Kegiatan rutin ekskul ini setiap Sabtu tentunya belajar mengenai sastra. Mulai dari cerpen, puisi sampai monolog. Belajar mengenai macam-macam puisi, teknik penulisan cepren, teknik pembacaan puisi dan sebagainya. Sementara itu Ketua Rapido Ahmad mengatakan walau ekskul ini masih tergolong baru jika dihitung semenjak diubah konsep menjadi Sanggar Sastra, berapa kegiatan sudah pernah di ikuti ditingakat kabupaten.

“Menurut saya, sanggar sastra merupakan tempat pendewasaan seorang penulis atau seseorang yang ingin jadi penulis. Di sanggar sastra kami mendapat banyak ilmu dan pengalaman, teman-teman sehobi, dan tempat sharing karya-karya. Hal yang paling berkesan dari bergabung di ekskul ini adalah ketika kami berjuang di suatu perlombaan. Mulai dari FLS2N, dan lain lain” pangkasnya(Ical LO)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

KIKIM TIMUR - Senin, 22-Juli-2024 - 21:50

DESA CEMPAKA SAKTI DIBANGUN JALAN COR BETON

selengkapnya..

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater