Bupati dan Wakil Bupati Lahat hadir pada Acara Festival Pangan bergizi, Seimbang dan Aman

Selasa, 16-Juli-2019, 21:03


Lahat – Bupati Lahat Cik Ujang.SH bersama Wakil Bupati Lahat H. Haryanto.SE MM MBA menghadiri Acara Festival Pangan Bergizi, Seimbang dan Aman ( B2SA ) Tingkat Kabupaten Lahat Tahun 2019, yang di gelar di halaman Parkir Hotel Bukit Serelo Lahat, Selasa 16/7.

Kegiatan tersebut juga di hadiri oleh Peserta Pengurus TP PKK Kecamatan dalam Wilayah Kabupaten Lahat, Pada acara Festival Pangan juga hadir Ketua TP PKK Kabupaten Lahat Lidyawati Cik Ujang, Ketua Dharma Wanita Persatuan beserta Anggota, Camat se- Kabupaten Lahat, Jajaran OPD dan Panitia Pelaksana Kegiatan Dinas Ketahannan Pangan Pemerintah Kabupaten Lahat bekerjasama dengan Hotel Bukit Serelo Lahat.

Sambuatan dari Ketua TP PKK Kab.Lahat Lidyawati Cik Ujang menyampaikan, Kabupaten Lahat adalah salah satu daerah yang kaya akan sumber alam termasuk sumber pangan yang tersebar di seluruh Kecamatan berbagai jenis sumber pangan yang ada antara lain padi-padian, umbi-umbian atau disebut sumber karbohidrat pangan lokal juga ada sumber protein baik hewani maupun nabati dan vitamin dan mineral seperti :

Sayuran dan buah pemanfaatan ini sangat penting untuk pemenuhan kebutuhan pangan sebagai komponen dasar untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas dengan mengkonsumsi makanan sehari-hari yang beraneka ragam lengkapi oleh zat gizi jenis makanan yang lainnya sehingga diperoleh masukan zat gizi yang seimbang untuk keluarga.

Pangan merupakan perilaku paling penting yang dapat mempengaruhi keadaan gizi seseorang pernyataan sampai saat ini pola konsumsi pangan masyarakat masih belum memenuhi kaidah gizi seimbang konsumsi sayur dan buah masih rendah begitu pula kualitas konsumsi protein karena sebagian besar berasal dari protein nabati serta masih tingginya konsumsi makanan dan minuman berkadar gula tinggi. tuturnya

Bupati Lahat Cik Ujang.SH dalam arahannya menyapaikan, ditentukan oleh ketersediaan sumber daya manusia yang berkualitas yaitu memiliki fisik yang tangguh mental yang kuat kesehatan yang Prima serta cerdas bukti empiris kesehatan yang Prima serta cerdas, bahwa kualitas sumber daya manusia sangat ditentukan oleh gizi yang baik.

Yang secara langsung ditentukan oleh faktor produksi pangan dan daya tahan tubuh terhadap penyakit pemerintah saat ini baik pusat maupun daerah sedang serius menangani pembangunan ketahanan pangan sesuai dengan yang diatur dalam undang-undang Nomor 18 tahun 2012 tentang pangan yang ditindaklanjuti peraturan pemerintah nomor 68 tahun 2002 tentang ketahanan pangan dan Peraturan Presiden nomor 83 tahun 2006 ketahanan pangan dan peraturan presiden Indonesia Nomor 22 Tahun 2009 tentang kebijakan kecepatan keanekaragaman pangan yang berbasis sumberdaya lokal untuk menunjang program tersebut.

Dinas ketahanan pangan kabupaten Lahat mengadakan kegiatan festival pangan lokal beragam bergizi seimbang dan aman b2sa berbasis sumber daya lokal guna meningkatkan meningkatkan pengetahuan masyarakat untuk mempercepat and ragaman konsumsi pangan berbasis sumber daya lokal.

Khususnya melalui tiga aspek antara lain aspek ketersediaan, aspek distribusi dan konsumsi dengan melaksanakan beberapa kegiatan dalam menunjang bahan pangan antara lain peningkatan produksi tanaman pangan antara lain, peningkatan produksi tanaman pangan peternakan perikanan pembangunan infrastruktur jalan serta sarana dan prasarana lainnya. Ungkapnya.

Kemudian juga dilanjutkan Pengumuman para Pemenang Lomba Festival Pangan Lokal ( B2SA ) yang secara langsung di umumkan oleh Dewan Juri dan sekaligus pemberian hadiah kepada peserta festival pangan, bergizi, seimbang dan aman.

Fhoto/Rilis Andi Kominfo

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT

LAHAT - Senin, 20-Maret-2023 - 13:08

4 SEKLOAH BERLINANGAN AIR MATA 

selengkapnya..

MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater