Disdikbud Sosialisasi Penerapan Kurikulum Merdeka Jenjang Sekolah Dasar Negeri dan Swasta 

Selasa, 28-Mei-2024, 13:32


Lahatonline.com, Lahat – Guna mewujudkan pembelajaran siswa yang holistik dan konekstual, sehingga pembelajaran semakin bermanfaat dan bermakna bagi siswa dan bukan hanya sekedar hapal materi saja, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lahat Bidang sekolah Dasar melakukan sosialisasi penerapan kurikulum merdeka jenjang sekolah dasar Negeri dan Swasta, peserta sosialsiasi tersebut berasal dari perwakilan guru-guru di sekolah dasar dalam Kabupaten Lahat.

Pantauan media ini, sosiasliasi yang dibuka oleh Kadisdikbud yang diwakilkan oleh Sekretrasi, berlangsung di ruang rapat Hotel Calista Bandar Jaya Kecamatan Lahat, Selasa, (28/05/24).

Dalam laporannya, Kabid Pembinaan SD Jaszuli, S.Pd.MM., mengatakan, dari 302 SD di Kabupaten Lahat masih ada 6 SD yang belum mendaftar di Kurikulum Merdeka, sehingga pentingnya sosiasliasi penerapan kurikulum merdeka ini, agar dapat memberikan pembelajaran yang semakin bermanfaat bagi siswa sekolah dasar.

Dikatakan Jaszuli, Tujuannya ialah untuk meningkatkan relevansi kurikulum dengan kebutuhan peserta didik maayarakat lokal kurikulum yang dikembangkan oleh sekolah dengan pendekatan, dan diharapkan lebih sesuai dengan memberikan kebebasan kepada sekolah untuk merancang kurikulum.

“Mereka juga diharapkan dapat mendorong inovasi dalam pendidikan sekolah,” terang Jaszuli.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lahat melalui Sekretaris, Dr. Hasperi Susanto, S.Pd.MM mengatakan, hubungan dengan kegiatan ini harus kita aplikasikan mencakup 3 tipe pebelajaran inkra kulikuler, ko kulikuler, dan ektrakilikuler.

“Supaya benar-benar siswa ada perubahan yang berhubungan langsung dengan karakter siswa yaitu moral dan kinerja, diharapkan supaya anak anak benar benar berubah dan pola pembelajarannya, dan nantinya akan ada penerapan P5 bagi siswa sekolah dasar untuk mengembangkan inovasi-inovasi di luar ruangan,”katanya.

Dengan kurikulum merdeka belajar ini hendaknya banyak berubah disekolah-sekolah,terutama bergubungan dengan karakter, moral dan kinerja, moral ini tentang sifat tingkah laku kalau bis mencerminkan profil pancasila. Kalau itu sudah terlaksana apa yang di cita citakan yaitu meningkatkan SDM unggul akan tercapai.

“Karakter kinerja tidak mau orang tua anaknya menjadi culas, yaitu iklas dan jujur, orang tua itu ingin anaknya bisa berbakti kepada orang tuanya,” katanya lagi.

Tadi juga kami minta, agar oara peserta dapat menyimak apa yang disampikan oleh narasumber, sehingga kurikulum merdeka ini dapat diterima dan diterapkan oleh sekolah masing-masing, tandasnya.

Dias

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater