Bimtek Kades Ke Batam Berlanjut Plesiran Ke Negeri Singa Di Soal Kejaksaan Negeri Lahat 

Minggu, 26-Mei-2024, 14:12


Lahatonline.com, Lahat – Bimtek (Bimbingan teknis) Kepala desa di Kabupaten Lahat yang hampir dilakukan setiap tahunnya, disinyalir hanya sekedar kegiatan yang mubazir dijadikan ajang jalan-jalan alias Plesiran. Beberapa kegiatan Bimtek yang telah terlaksana, hampir keseluruhannya dari kegiatan tersebut tak berdampak hasil yang dibawa untuk Bumi Seganti Setungguan Lahat.

Adapun Bimtek yang notabenenya diharapkan bisa meningkatkan kualitas serta kapasitas seorang kepala desa agar mempunyai kemampuan yang handal dan profesional dalam memimpin desa, nampaknya hal tersebut belum sepenuhnya tercapai. Di Kabupaten Lahat sendiri masih banyaknya Oknum Kades yang tersandung kasus korupsi dana desa bahkan sudah ada beberapa Kepala desa telah ditetapkan sebagai DPO alias buronan Aparat penegak hukum.

Beberapa waktu lalu tepatnya di Minggu Kedua Bulan Mei 2024, lebih kurang seratus oknum Kepala desa di Lahat mengikuti kegiatan Bimtek di Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) dengan penyelenggara Event Organizer Rizki Sejahtera. Bimtek tersebut menjadi buah bibir dan gunjingan di warga masyarakat Kabupaten Lahat, kegiatan Bimtek disinyalir dijadikan ajang liburan dan plesiran oknum Kades bersama penyelenggara ke Negara Singapura, sebagian ada yang menyebut kegiatan tersebut adalah ajang menghambur-hamburkan uang yang bersumber dari dana desa.

Informasi terangkum, oknum Kades yang ikut pada kegiatan dimaksud, berasal dari beberapa Kades di Kecamatan Pulau Pinang, Kecamatan Merapi area, Kecamatan Mulak Ulu, Kecamatan Kikim area, Kecamatan Pagar gunung, Kecamatan Tanjung Tebat dan Kecamatan Kota Agung. Sementara untuk pemateri, info menyebut berasal dari Kementerian dalam negeri (Kemendagri) Republik Indonesia.

Salah satu peserta yang tak mau namanya disebutkan, menyampaikan adapun materi yang diterima berupa materi Kebijakan, Pembuatan BUMDES secara garis besarnya supaya tidak terjadinya penyalahgunaan dana desa. “Narasumber dari Kemendagri, peserta Bimtek beberapa Kades dari beberapa Kecamatan di Kabupaten Lahat. Kalau dak salah kami rombongan berangkat dari Sumsel menuju Batam tanggal 09 Mei 2024, kegiatan tiga hari di Batam ikuti materi,”sampainya.

Saat disinggung perihal adanya foto peserta yang berswafoto di Negara berjuluk Negeri Singa itu, ia menyebutkan, acara itu bukan masuk dalam kegiatan pokok Bimtek, namun pada saat itu ada beberapa Kades yang tak mau ikut dan tetap berada di penginapan hotel untuk beristirahat.

“Ke Singapura bukan kegiatan pokok, Ade semacam bonus dari EO, oh ya untuk kegiatan kami itu satu peserta di budget 15 juta rupiah bukan dari Dana Desa melainkan dari Anggaran Dana Desa,”jelasnya.

Bimtek seperti ini bukan pertama kali dilaksanakan, sudah beberapa kali Bimtek Kades menjadi pembicaraan di kalangan masyarakat bahkan di platform media sosial. Beberapa tahun yang lalu, melalui pihak penyelenggara, Kades Bimtek penyuluhan hukum sebagai pemateri atau penyuluhan hukum bekerja sama dengan kantor Kejari yang berada di Provinsi Lampung.

Masyarakat pun, dibikin bingung kenapa Bimtek harus menuju kota-kota yang hampir kesemua lokasi merupakan wilayah-wilayah lokasi objek wisata dan cukup terkenal dengan rutinitas hiburan dunia malam. Kota Batam sendiri merupakan Kota terbesar di Kepulauan Riau dan terkenal dengan tempat atau lokasi hiburan malamnya, tak sulit untuk menemukan dan menjangkau lokasi hiburan malam di Kota Batam.

Sementara fungsi salah satu dari lembaga kejaksaan, yakni mengawasi jalannya penyelenggaraan tugas pemerintahan dan Secara resmi digariskan bahwa Kejaksaan memiliki kekuasaan untuk Mencari (menyidik) kejahatan dan pelanggaran.

Dalam hal ini, Kajari Lahat Toto Rosdianto S.Sos S.H, dihubungi, setelah mendapat informasi perihal kegiatan Bimtek tersebut ia menyebut nanti bakal pihaknya klarifikasi ke penyelenggara. “Nanti itu yang kita klarifikasi ke penyelenggara,”ujarnya.

Sementara saat diminta pendapat, sebenarnya apa yang menjadikan alasan pihak penyelenggara Bimtek tersebut diselenggarakan di Kota Batam dan acuannya seperti apa. Toto Roedianto menyebut, hal tersebut juga yang bakal ditanyakan apa landasannya hingga Bintek bisa diadakan disana.

“Nah itu nanti yang harus kita klarifikasi ke penyelenggara , apa yang menjadi landasan dan argumentasi penyelenggara . Nanti kita dengar apa argumentasi temen Kades dan DPMD Kabupaten Lahat, kita Normatif saja,”tandasnya.

Sementara pihak management Rizki Sejahtera selaku EO Bimtek Kades di Batam, Welmi Syam saat dikonfirmasi via WhatsApp belum memberikan tanggapan.

Berikut adalah beberapa tempat wisata populer di Kota Batam:

  1. Ocarina Park

Taman rekreasi yang terkenal di Batam dengan fasilitas beragam, seperti taman air, kolam renang, wahana permainan, dan area hijau yang luas.

  1. Nagoya Hill Shopping Mall

Salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Batam yang menawarkan berbagai toko, restoran, bioskop, dan hiburan lainnya.

  1. Barelang Bridge

Jembatan indah yang menghubungkan beberapa pulau di Batam. Jembatan ini merupakan ikon kota dan menawarkan pemandangan spektakuler.

  1. Maha Vihara Duta Maitreya

Kuil Buddha terbesar di Asia Tenggara yang menjadi tempat ziarah dan meditasi bagi umat Buddha. Kuil ini memiliki arsitektur yang indah dan patung Buddha yang mengesankan.

  1. Batam Cable-Ski Park

Tempat yang sempurna bagi para pecinta olahraga air. Anda dapat mencoba wakeboarding atau ski air di sini.

  1. Pantai Nongsa

Pantai yang tenang dan indah di Batam, tempat yang bagus untuk bersantai, berenang, atau bermain di pasir putih.

  1. Melayu Village

Desa budaya yang memperkenalkan budaya Melayu kepada pengunjung. Anda dapat melihat rumah tradisional, kerajinan tangan, dan menikmati makanan khas Melayu.

  1. Taman Mini Indonesia Indah Batam

Sebuah taman miniatur yang menampilkan replika bangunan dan budaya dari berbagai daerah di Indonesia.

  1. Pulau Abang

Pulau kecil di sekitar Batam yang menawarkan keindahan alam, snorkeling, dan diving.

  1. Mega Wisata Ocarina Batam

Taman hiburan yang menawarkan berbagai atraksi seperti roller coaster, flying fox, dan permainan air.

Dias/Darmawan

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

MERAPI BARAT - Kamis, 13-Juni-2024 - 19:14

Pemdes Merapi Bagikan BLT Kepada 27 KPM 

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater