Yakin Tingkatkan GSMP, HD dan CU Resmikan Rehabilitasi Irigasi Tanjung Baru

Minggu, 10-September-2023, 21:53


TANJUNG BARU – Bertempat didesa Tanjung Baru kecamatan Tanjung Tebat, Kabupaten Lahat, Gubernur Sumsel H. Herman Deru (HD), dan Bupati Lahat H. Cik Ujang (CU), meresmikan rehabilitasi Irigasi.

Peresmian irigasi didesa Tanjung Baru kecamatan Tanjung Tebat ini, diyakini akan mampu meningkatkan hasil pertanian Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) harus mengubah pola pikir masyarakat semula konsumtif kini menjadi produktif dengan infrastruktur yang memadai, pada Minggu (10/9/2023).

Gubernur Sumsel H. Herman Deru menyampaikan, Rehabilitasi saluran Irigasi yang dilakukan ini merupakan program Pemerintah Provinsi (Pemprov Sumsel) untuk membantu mengaliri area persawahan masyarakat. Sehingga, dapat menjaga ketersediaan Lahan dan Benih Unggul.

“Yang jelas, apabila Irigasi nya tidak jalan maka bagaimana hasil pertanian membaik. Tidak melalui bercocok tanam dikawasan persawahan melainkan banyak komoditi yang membutuhkan air,” ungkap Gubernur Sumsel.

Melalui program Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP), dikatakan H. Herman Deru, yang selama ini di Sosialisasikan kiranya warga dapat menerapkan dengan memanfaatkan perkarangan rumah yang kecil. Sehingga, ketersediaan pangan di Kabupaten Lahat, mampu mendukung kelangkaan seandainya terjadi.

“Nah, di topang dengan hamparan ribuan hektar sawah, disinilah kejelian mesti dilakukan dengan cara pemantauan. Tujuannya, agar kebutuhan akan bibit, pupuk dapat menyokong Pilar Utama Perekonomian Rakyat,” tambahnya.

Lebih jauh, dijelaskan Gubernur Sumsel, Kabupaten Lahat terkenal dengan Lumbung Pangan yang tinggi, tinggal, bagaimana peran aktif Stakeholder untuk menciptakannya.

“Terus terang, beras lokal asal Lahat ini memang tidak kalah dengan daerah lain. Hanya saja, menjaga sekaligus merawat Infrastruktur pendukungnya, agar tidak mudah lekas rusak,” pesan H. Herman Deru.

Sementara, Bupati Lahat H. Cik Ujang SH sangat mengapresiasi atas perhatian yang diberikan Gubernur Sumsel demi untuk kemajuan daerah. Dengan adanya bantuan pembangunan Infrastruktur Irigasi akan menjadi modal penting dalam mengairi Lahan Pertanian yang ada.

“Saat ini, Pemkab Lahat telah menggelontorkan bantuan bibit Unggulan, Pupuk, dan Alsintan, sehingga, mendukung penduduk dalam melakukan aktifitas Pertanian,” ulas Bupati Lahat. (Din)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

GUMAY TALANG - Kamis, 09-Mei-2024 - 09:50

PT BAS SITE GUMAY KEMBALI BEROPERASI

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater