SMP NEGERI 1 TANJUNG TEBAT GELAR UPACARA PERINGATAN HARI KESAKTIAN  PANCASILA

Sabtu, 1-Oktober-2022, 17:36


MUARA DANAU – Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tanjung Tebat menggelar upacara peringatan hari kesaktian Pancasila. Upacara berlangsung dihalaman sekolah yang diikuti oleh dewan guru, pegawai Tata Usaha sekolah dan seluruh siswa/siswi smp negeri 1 Tanjung Tebat, Sabtu (01/10/2022).

Dalam kaitan penghayatan generasi muda akan Pancasila sebagai “the way of life” bangsa kita maka menurut Hafiza Nafi’ah S.Pd Kepala Sekolah smp negeri 1 Tanjung Tebat mengatakan,”Yang membedakan upacara Hari Kesaktian Pancasila ini dengan upacara lainnya adalah penambahan pembacaan Ikrar Bangsa Indonesia yang isinya memuat soal G 30 S/PKI yang isinya bahwa kita tidak boleh lengah, negara kesatuan republik indonesia harus tetap dipertahankan, kiita harus terlepas dari segala bentuk rongrongan terhadap persatuan dan kesatuan bangsa,” jelasnya.

Kaitannya dengan penanaman nilai-nilai luhur Pancasila yang sudah membudaya karenanya Pancasila harus ditempatkan di atas segala-galanya dari bangsa kita ini. Terlepas dari pro kontra tentang Pancasila, hingga saat ini kita tetap bersatu karena Pancasila sebagai dasar negara kita. Dalam Sila pertama Ketuhanan Yang Maha Esa dimana bangsa kita tidak bisa lepas dari agama yang menjadikan kita lebih menerima satu sama lain walaupun berbeda ras, golongan dan agama.

Terhadap isu kebangkitan PKI dikatakannya, “isu itu bisa dibedakan apa itu benar apa tidak, atau sengaja dihembuskan oleh pihak-pihak tertentu sebagai bentuk perongrongan juga ya kembali ke kita apakah kita mudah dipengaruhi atau tidak,”ungkapnya.

Ditambahkan,”jika benar komunis bangkit kembali maka kita tidak boleh lengah. Untuk menangkal itu ya kita harus memperkokoh persatuan di antara kita(Sila Ketiga),sedangkan Sila kedua yakni Kemanusian yang adil dan beradab. Karena keberadaban kita sehingga kita mampu untuk bersikap toleran terhadap sesama,”tutup kepala sekolah.

Terpantau pelaksanaan upacara memperingati hari kesaktian pancasila smp negeri 1 Tanjung Tebat berjalan sukses dan khidmat.

Caplin

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

GUMAY TALANG - Kamis, 09-Mei-2024 - 09:50

PT BAS SITE GUMAY KEMBALI BEROPERASI

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater