PERSATUAN BURUH SERBU PEMKAB LAHAT

Selasa, 1-Mei-2018, 16:08


LAHAT – Bertempat di halaman Kantor Pemkab Lahat, Kab. Lahat, Prov. Sumsel, Kab. Lahat telah berlangsung peringatan Mayday yang dilakukan sekitar 500 massa gabungan dari Serikat Buruh Seluruh Indonesia (SBSI), Serikat Pekerja Pertanian dan Perkebunan (SPPP), Gabungan Serikat Buruh Indonesia (GSBI) dan Serikat Pekerja Merapi Bersatu (SPMB) yang tergabung dalam Aliansi Serikat Buruh Kabupaten Lahat

Pergerakan Aksi damai ini dalam rangka memperingati hari Buruh seindonesia yang dipimpin oleh Erwinsyah (Kordinator Aksi) dan Sarifudin, Fauzi Aswar, Indra Gunawan, Latif serta Sapta (Kordinator Lapangan).

Dalam aksinya, massa membawa Spanduk/Poster bertuliskan
1) Dengan memperingati hari buruh internasional tingkatkan kesejahteraan pekerja/buruh kabupaten Lahat.
2) Selamat hari buruh internasional bersatu buruh kabupaten Lahat menuju kesejahteraan.

Adapun tuntutan aksi dalam agenda Mayday 2018
1) Cabut PP No. 78 thn 2015 ttg pengupahan.
2) Cabut Perpres No. 20 thn 2018 ttg penggunaan tenaga kerja asing.
3) Cabut UU No. 13 thn 2003 ttg ketenaga kerjaan.
4) Menolak PHK sepihak oleh perusahaan.
5) Tetapkan upah layak sesuai dengan kebutuhan hidup layak.
6) Segera permanenkan status karyawan kontrak di perusahaan-perusahaan di wilayah kab. Lahat.
7) Menuntut pemerintah utk segera menyelesaikan konflik ketenaga kerjaan yg terjadi di kab. Lahat.
8) Menuntut pemerintah utk memberikan tindakan tegas terhadap perusahaan yg masih melanggar peraturan ketenaga kerjaan.
9) Menuntut pemerintah untuk membentuk Dewan Pengupahan di Kab. Lahat yg diperkuat melalui Perda.
10) Menuntut pemerintah utk membentuk lembaga kerja sama tripartit di Kab. Lahat.
11) Mengadakan kembali upah minimum sektor perkebunan di Kab. Lahat.

Hadir dalan aksi demo buruh dalam rangka memperingati hari buruh internasional, Marwan Mansyur (Plt. Bupati Lahat), AKBP Roby Karya Adi (Kapolres Lahat), Ismail Hanafi (Kepala Disnaker Lahat), H. Surya Desman (Kaban Kesbangpol Lahat), H. Iskandar (Asisten III Pemkab Lahat), Kapt. Oktavian (Pasi Intel Kodim 0405/Lahat), Heri Al Kahfi (Kasat Pol PP Pemkab Lahat), Deswan Irsad (Kepala Dinas Perhubungan Lahat).

Erwinsyah mengatakan a.l.:
1) Mayday ini bukan panggung hiburan dan bukan acara dangdutan, Mayday merupakan aksi turun ke jalan untuk memperjuangkan aspirasi dari seluruh buruh/pekerja yang upah nya tidak sesuai dengan jam kerja yang dilaksanakan.

Kami meminta bahwa upah buruh/pekerja di Kabupaten lahat jgn mengikuti peraturan dari pemerintah pusat akan tetapi harus sesuai mengikuti peraturan pemerintah daerah.

Perlunya dibentuk badan pengawasan karena kami melihat adanya indikasi bahwa aliansi serikat buruh ingin dihilangkan maka dari itu kami hadir disini ingin membuktikan bahwa buruh/pekerja bisa bersatu turun kejalan untuk memperjuangkan hak hak dari para buruh/pekerja.

Sementara itu AKBP Roby Karyadi mengatakan, “Saya atas nama pribadi dan atas nama Polres Lahat mengucapkan selamat hari Buruh Internasional (Mayday). Saya berterima kasih kepada seluruh massa dari aliansi serikat buruh kabupaten lahat dalam melaksanakan aksinya tetap kondusif dan tertib dan Saya juga mengingatkan kepada seluruh massa aksi agar dalam kembali melaksanakan aksi agar mengikuti aturan lalu lintas demi keamanan kita bersama.

Adapun sambutan yang di sampaikan oleh PLT Bupati lahat Marwan Mansyur SH. MM mengatakan, “Saya terima kasih terhadap semua massa aksi telah melakukan aksi secara tertib sehingga semua berjalan dengan aman.

Pada kesempatan ini saya ucapkan selamat hari buruh internasional (Mayday) dan selamat hari buruh/pekerja kepada seluruh buruh/pekerja Kabupaten Lahat”. Ungkapnya.

Sambunhnya, “Saya akan mendatangi semua tuntutan dari massa buruh selagi semua itu sesuai dengan koridor/ketentuan yang berlaku dan tidak ditunggangi oleh kepentingan yg lain dan murni utk meningkatkan kesejahteraan buruh/pekerja seluruh kabupaten lahat”. Ucapnya.

Seusai sambutan, Acara diakhiri dengan Penandatangan nota kesepahaman antara Pemerintah Kabupaten Lahat yang ditanda tangani oleh Plt. Bupati Lahat (Marwan Mansyur) dengan Aliansi Serikat Buruh Kabupaten Lahat dengan isi Nota kesepakatan sebagai berikut :
1) Pembentukan dan memberikan biaya operasional Dewan Pengupahan Kab. Lahat sebagai upaya perbaikan upah buruh di Kab. Lahat.
2) Agar Pemerintah Kab. Lahat segera membentuk Lembaga Kerja Sama Tri Patra dan Operasionalnya di Kab. Lahat.
3) Agar pemerintah Kab. Lahat segera bentuk tim Deteksi Dini Ketenagakerjaan di Kab.Lahat yang berfungsi untuk mendeteksi permasalahan buruh secara dini sebelum permasalahan.

Aksi Demo dilanjutkan dengan acara hiburan orgen tunggal bersama di halaman Kantor Pemerintah Kabupaten Lahat dalam rangka Memperingati Hari Buruh Internasional.

Kegiatan aksi demo damai tersebut yang dilakukan oleh aliansi serikat buruh di kabupaten Lahat bertujuan sama sama memperjuangkan nasib buruh dalam rangka memperingati Hari Buruh lnternasional Tingkatkan Kesejahteraan Buruh Kab Lahat. (HFS/ALI).

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

GUMAY TALANG - Kamis, 09-Mei-2024 - 09:50

PT BAS SITE GUMAY KEMBALI BEROPERASI

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater