Kerahasiaan Identitas Pasien, Ini Penjelasan Jubir C-19 Kabupaten Lahat

Kamis, 1-Oktober-2020, 18:15


LahatOnline.Com, LAHAT – Selama ini gugus tugas Kabupaten Lahat tidak mengekspos secara umum identitas lengkap pasien Covid-19.

Bahkan juru bicara virus corona (Covid-19) Taufik M Putra menjelaskan alasan pemerintah tidak mengekspos secara Umum kemedia data pasien Covid – 19 karena pada dasarnya setiap pasien mempunyai hak mendapatkan pripasi dan kerahasiaan penyakit yang diderita termasuk data – data medisnya.

Namun belakangan ini santer terdengar kabar bahwa masyarakat Kabupaten Lahat khususnya banyak yang ingin tahu data lengkap pasien Covid-19.

Sehingga disini Taufik M Putra Menjelaskan mengapa tidak di eksposnya secara umum data para pasien karena sesuai dengan peraturan perundang – undangan. Dan ada beberapa hal yang memang di butuhkan masyarakat kami berikan informasi tersebut dalam rangka untuk mengendalikan Vandemi Covid – 19 seperti data updet C – 19 setiap hari.

Tak lain tujuannya ialah agar warga lebih tenang dan tidak gampang panik dengan kabar ada pasien positif di lingkungannya.

“Tujuannya tentu untuk bersama-sama melindungi warga yang positif itu, dan kita tidak boleh mengucilkan serta mengstigmasi secara negarif kepada pasien dan keluarganya” Terang Taufik pada Kamis ( 01/10/20 ).

Kemudian, Ujar Taufik, Hal ini juga sesuai Undang – undang Nomor 44 tahun 2009 Pasal 32 Hurup i, yang mana isinya setiap pasien mempunyai hak mendapatkan pripasi dan kerahasiaan penyakit yang diderita termasuk data – data medisnya.

Hak serupa diatur juga dalam pasal 57 undang – undang nomor 36 tahun 2009 ( UU Kesehatan ) dan pasal 17 Hurup H angka 2 Undang – undang Nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan infomasi Publik.

Sebagai Juru Bicara Gugus Tugas penanganan Covid – 19 Kabupaten Lahat ,Taufik M Putra memghimbau kepada Masyarakat ” Kunci Keberhasilan kita agar dapat memutus rantai penularan Covid – 19 ini adalah dengan kedisiplinan, kebersamaan, gotong royong, sinergitas semua element baik pemerintah maupun yang ada di masyarakat untuk menjalankan protokol kesehatan secara ketat seperti wajib memakai masker, menjaga jarak, rajin mencuci tangan pakai sabun, hindari kerumunan serta menjaga kesehatan dan patuhilah himbauan pemerintah tentang Covid – 19. Dan terus ikuti perkembangan tentang Covid – 19 ini disumber – sumber resmi seperti website covid – 19 pemerintah, media online, Televisi, surat kabar dan sumber – sumber lain yang bisa di pertanggung jawabkan kebenarannya, Salam Lahat Sehat, Lahat Tangguh, dan bercahaya ” Tutupnya.

Dias

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater