Mulai Tahun Ini, Berobat Gratis Warga Lahat Beralih ke KK KTP

Jumat, 3-Januari-2020, 20:25


LAHAT ONLINE, LAHAT – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat mulai di awal tahun 2020 ini tak lagi menggunakan BPJS Kesehatan untuk melayani berobat warganya, karena Pemkab Lahat beralih menggunakan KK dan KTP untuk program berobat gratis, Jumat (3/1).

Dengan demikian, warga cukup menggunakan KTP dan Kartu Keluarga (KK) untuk mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis. Peralihan ini dikarenakan, naiknya iuran dari BPJS Kesehatan per tahun 2020 ini.

Bupati Lahat, Cik Ujang melalui Wakil Bupati, Haryanto membenarkan hal tersebut. Menurutnya, masyarakat Lahat yang ingin berobat, saat ini cukup menggunakan KTP dan KK, bahkan meskipun tidak menggunakan BPJS Kesehatan.

“Tak hanya itu, meskipun tidak menggunakan BPJS Kesehatan, bagi masyarakat yang terpaksa rawat jalan ke RSMH Palembang juga tetap bisa menggunakan KTP dan KK,” ujarnya.

Kebijakan ini dilakukan karena dari data Dinas Kesehatan Lahat, setidaknya tahun 2018 ada 168.385 jiwa terdaftar dalam BPJS Kesehatan dan di tahun 2019 jumlah tersebut meningkat hingga 200 ribu jiwa. Dengan biaya yang harus dikeluarkan sebesar Rp 46 miliar dan angka tersebut dipastikan membengkak jika program berobat gratis menggunakan BPJS Kesehatan diteruskan.

“Kalau menggunakan KTP dan KK, cukup bagi yang sakit saja yang kita bayar. Kalau selama ini kan, warga yang sakit atau tidak, kita harus bayar iuran. Lebih baik uang tersebut kita gunakan untuk keperluan lain masyarakat,” tandasnya. (Ir22)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater