Akademisi UNSRI Putra Putri Lahat Balek Duson 

Kamis, 6-Oktober-2022, 16:54


Lahat —- Destinasi wisata Agrowisata Tanjung Sakti yang berada di Desa Sindang Panjang Kecamatan Tanjung Sakti Pumi menjadi tujuan akhir dalam kunjungannya para dekan dan dosen Universitas Sriwijaya (Unsri) yang berasal dari Kabupaten Lahat dalam kunjungannya ke Kabupaten Lahat. Kamis (06/10/2022)

Sebelum ke Agrowisata Tanjung Sakti tim Unsri telah mengunjungi beberapa desa di Kecamatan Tanjung Sakti Pumi dan Jarai.
Kunjungan pertama ke Desa Gunung Megang Kecamatan Jarai, di desa ini tim mengunjungi Kelompok Perikanan Ayek Suling yang telah melakukan budidaya kolam ikan nila lalu ke Desa Kecamatan Sukamerindu dilanjutkan dengan kunjungan ketiga di Desa Pelajaran Kecamatan Jarai. Desa yang berada di kaki Pegunungan Gumay ini sangat indah dengan panorama alam pegunungan dengan perkebunan kopi, air terjun, tebat dan hamparan sawah.
Lokasi pertemuan juga berada jauh dari perkampungan warga dan tepat berada ditengah hamparan sawah. Lokasi pertemuan merupakan sekretariat Kelompok Tani Tebat Mundu.

Kegiatan kunjungan akademi Unsri putra-putri Kabupaten ke Desa Pelajaran ini dihadiri Prof.Dr.Ir.H.Ahmad Muslim, M.Agr (Dekan Fakultas Pertanian) berserta tim, TBUPP Kabupaten Lahat, Kepala Balitbang,Kadis Koperasi, Sekretaris Dinas Perkebunan, Sekretaris Dinas Perikanan, Sekretaris Dinas Pariwisata,Kabid Dinas Pertanian, Sekretaris Kecamatan Jarai, para kepala desa di Kecamatan Jarai, Sukamerindu, Pajar Bulan dan Muara Payang juga para penyuluh pertanian dan petani.

Kegiatan diisi dengan berbagi informasi baik dari pihak Unsri dan Pemkab Lahat maupun dari pihak petani dan penyuluh.
Dalam kunjungan hari ke-3 ke Kabupaten Lahat para dekan dan dosen Unsri yang berasal dari Kabupaten juga mengunjungi Tanjung Sakti dengan lokasi kunjungan ke Desa Tanjung Bulan, Penandingan, Pagar Jati dan Sindang Panjang.

Di Desa Tanjung Bulan tim Unsri dan Pemkab Lahat mengunjungi pelaku usaha kerajinan tangan serat ghesam yang dijadikan gelang tangan, pembuatan piring dari lidi, kinjar dari rotan, kuliner tradisional bipang dan bubuk kopi, lalu ke Desa Penandingan untuk pengembangan sumber air panas menjadi destinasi wisata kemudian ke Desa Pagar Jati mengunjungi petani ikan dengan rencana pengembangan pembesaran ikan pelus atai sidat yang selama ini diolah menjadi pindang ikan pelus makanan khas daerah Tanjung Sakti.

Kunjungan berakhir di Desa Sindag Panjang dengan titik kunjungan di destinasi wisata Agrowisata Tanjung Sakti. Sebagaimana diketahui destinasi wisata ini telah merubah banyak wajah desa Sindang Panjang yang selama ini tak ada kunjungan wisatawan ke desa ini tetapi sekarang setiap akhir pekan didatangi wisatawan dari berbagai kota di Sumatera Selatan, Bengkulu dan Jambi.

Hal ini telah menggerakkan perekonomian masyarakat desa seperti berdirinya rumah makan, homestay dan meningkatnya penjualan makanan bipang, khas Tanjung Sakti.

Pada hari ke-2 di Kabupaten Lahat, tim Unsri telah melakukan FGD (Focus Grup Disussion) Pemerintah Kabupaten Lahat Bersama Akademisi Universitas Sriwijaya Putra-Putri Kabupaten Lahat bertempat di Gedung Pertemuan Pemkab Lahat. Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Lahat, Cik Ujang, SH, Wakil Bupati Lahat H.Haryanto,SE,MM,MBA, Sekretaris Daerah Lahat Chandra, SH,MM, TBUPP (Tim Bupati Untuk Percepatan Pembangunan, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD dan tim Unsri putra-putri Kabupaten Lahat yang dipimpin oleh Prof.Dr.Ir.H. Ahmad Muslim,M.Agr. (Agronomi) dan didampingi oleh Herpandi,S.Pi.,M.Si.,Ph.D. (Perikanan), Dr.Rodiana Nopianti,S.Pi.,M.Sc.(Perikanan), Dr.Ir.M.Yamin Hasan,M.P. (Agribisnis), Dedeng,S.H.,M.H.(Hukum Tata Negara), Dr.M.Hendri,S.T.,M.Si.(Ilmu Kelautan), Drs.Sugandi Yahdin,M.M.(Matematika), Dr.Hartoni,S.Si.,M.Si.(Ilmu Kelautan), Dr.-Ing.Listen Prima, S.T.,M.Planning.(Teknik Arsitektur), Dr.Ir.Bhakti Yudho Suprapto,S.T.,M.T.,IPM (Teknik Elektro), Dr.David Bahrin,S.T.,M.T.(Teknik Kimia), Dr.Syarifuddin,S.Pd.,M.Pd. (Pendidikan Sejarah/ Teknologi Pendidikan), Hesti Wahyuni Anggraini,S.Pd.,M.Pd. (Pendidikan Bahasa Inggris), Dr.Alrefi, S.Pd.,M.Pd.(Bimbingan Konseling), Akbari,S.Pd.,M.Pd.(PAUD) dan Hafe Zein S.Gumay,S.Kom.(Sistem Informasi).

Setelah melakukan FGD tim Unsri yang didampingi TBUPP dan OPD terkait mengunjungi Gedung AKN (Akademi Komunitas Negeri). Tujuan ini sebagai upaya rencana Pemkab Lahat untuk mengembalikan Kota Lahat sebagai Kota Pelajar yang sempat tenar di bawah tahun 1990an dilanjutkan dengan mengunjungi pelaku usaha pengasapan ikan di Kelurahan Bandar Jaya yang merupakan binaan Dinas Perikanan kemudian rombongan ke kawasan Lapangan eks MTQ dengan rencana pengembangan kawasan ini menjadi Sport & Recreation Center yang menjadi area publik untuk masyarakat Lahat dan dapat juga menjadi destinasi wisata.

Lalu kunjungan ke Kelurahan Pagar Agung tepatnya di Kampung Bengkurat yang memiliki sentral pembibitan berbagai tanaman buah dan bunga, kebun dan pengolahan talang beneng menjadi bahan baku rokok, kebun kates California, Taman Toga dan produsi jamur merang.

Kunjungan tim Universitas Sriwijaya putra-putri Kabupaten Lahat ke Kabupaten Lahat tentu akan berdampak positif bagi kedua belah pihak dan sudah sepatutnya dapat direalisasikan dalam bentuk beberapa program. (EY)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

KIKIM TIMUR - Rabu, 30-November-2022 - 21:24

POLSEK KIKIM TIMUR SOSIALISASI SABER PUNGLI

selengkapnya..

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT - Rabu, 30-November-2022 - 18:30

selengkapnya..

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

MULAK ULU - Rabu, 30-November-2022 - 11:29

CAMAT ELSYE TERIMA TIM DISPERIKAN LAHAT

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater